Off the Clock: Feel Less Busy While Getting More Done

Judul buku: “Off the Clock: Feel Less Busy While Getting More Done”

Nama penulis: Laura Vanderkam

Nama penerbit: Portfolio

Tahun penerbitan: 2018

Buku “Off the Clock” karya Laura Vanderkam menghadirkan pandangan baru tentang bagaimana kita dapat merasa kurang sibuk dan lebih produktif dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Vanderkam memperkenalkan konsep tentang bagaimana kita bisa merasakan waktu dengan lebih mendalam dan menghargai setiap momen yang kita miliki. Dia menantang pandangan umum bahwa kita selalu kekurangan waktu dan membuktikan bahwa waktu sebenarnya lebih fleksibel daripada yang kita kira.

Salah satu poin penting dalam buku ini adalah pentingnya merencanakan waktu dengan bijaksana. Dengan menyusun rencana yang efisien dan fokus pada hal-hal yang benar-benar penting, kita dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi rasa kewalahan yang seringkali dirasakan. Vanderkam juga mengajak kita untuk mengalami momen-momen kecil yang sering terlewatkan, seperti berbicara dengan teman di lorong kantor atau menikmati secangkir kopi dengan tenang di pagi hari.

Penulis menyoroti pentingnya mengisi waktu dengan kegiatan yang bermakna dan memberikan dampak positif pada kehidupan kita. Buku ini juga menawarkan berbagai tips praktis untuk mengelola waktu dengan lebih baik, termasuk cara mengatasi gangguan dan menetapkan prioritas. Vanderkam juga menekankan nilai sosial dan menghadirkan penelitian yang menunjukkan bagaimana memperkuat ikatan dengan orang-orang yang kita sayangi dapat memberikan kebahagiaan dan memperpanjang hidup kita.

Konsep “time confetti” yang diperkenalkan oleh Vanderkam menggambarkan fragmen waktu yang tersebar di antara berbagai aktivitas sehari-hari. Dengan memahami dan memanfaatkan “time confetti” dengan bijaksana, kita dapat menciptakan pengalaman hidup yang lebih bermakna dan berarti. Buku ini juga memberikan inspirasi tentang bagaimana menciptakan kehidupan yang kaya makna dengan mengalokasikan waktu untuk hobi, kegiatan kreatif, dan waktu bersama keluarga.

Dengan gaya penulisan yang menghibur dan penekanan pada data dan penelitian ilmiah, “Off the Clock” membawa kita untuk mengubah perspektif tentang waktu dan mengelola waktu kita dengan lebih efektif. Buku ini menyediakan panduan praktis tentang cara merasa kurang sibuk dan lebih puas dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sehingga kita dapat mencapai keseimbangan yang lebih baik antara pekerjaan, keluarga, dan waktu pribadi.

Key Summary:

  1. Pengertian “Time Confetti”: Istilah ini menggambarkan fragmen-fragmen kecil waktu yang tercecer di antara berbagai aktivitas sehari-hari. Banyak dari kita merasa waktu kita tercerai-berai dan terasa kurang produktif karena pengalaman “time confetti” ini.
  2. Menyusun Rencana Efisien: Dalam buku ini, kita diajak untuk merencanakan waktu dengan bijaksana. Dengan menyusun rencana yang efisien dan fokus pada hal-hal yang benar-benar penting, kita dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi rasa kewalahan.
  3. Memanfaatkan Waktu dengan Bijaksana: Penulis menyoroti pentingnya mengisi waktu dengan kegiatan yang bermakna dan memberikan dampak positif pada kehidupan kita. Dengan memanfaatkan waktu dengan bijaksana, kita dapat menciptakan pengalaman hidup yang lebih berarti.
  4. Menikmati Setiap Momen: Buku ini mengajak kita untuk mengalami momen-momen kecil yang sering terlewatkan, seperti berbicara dengan teman di lorong kantor atau menikmati secangkir kopi dengan tenang di pagi hari. Dengan mengalami momen-momen ini, kita dapat merasakan waktu dengan lebih mendalam.
  5. Mengelola Waktu dengan Baik: Vanderkam menawarkan berbagai tips praktis untuk mengelola waktu dengan lebih baik, termasuk cara mengatasi gangguan dan menetapkan prioritas. Dengan mengelola waktu dengan baik, kita dapat meningkatkan efisiensi dan menghindari pemborosan waktu.
  6. Menemukan Keseimbangan: Buku ini mengajak kita untuk menemukan keseimbangan antara pekerjaan, keluarga, dan waktu pribadi. Dengan menciptakan keseimbangan yang baik, kita dapat mengalami kebahagiaan dan kepuasan dalam setiap aspek kehidupan.
  7. Menyadari Nilai Sosial: Vanderkam menekankan nilai sosial dan menghadirkan penelitian yang menunjukkan bagaimana memperkuat ikatan dengan orang-orang yang kita sayangi dapat memberikan kebahagiaan dan memperpanjang hidup kita. Dengan memiliki hubungan yang baik, kita dapat merasa lebih bahagia dan terhubung dengan dunia di sekitar kita.
  8. Menciptakan Kehidupan yang Bermakna: Buku ini memberikan inspirasi tentang bagaimana menciptakan kehidupan yang kaya makna dengan mengalokasikan waktu untuk hobi, kegiatan kreatif, dan waktu bersama keluarga. Dengan menciptakan kehidupan yang bermakna, kita dapat merasa lebih puas dan bahagia.
  9. Merasa Kurang Sibuk: Vanderkam membuktikan bahwa kita sebenarnya memiliki lebih banyak waktu daripada yang kita kira. Dengan merasa kurang sibuk, kita dapat mengurangi stres dan meningkatkan kualitas hidup kita.
  10. Memanfaatkan Waktu Luang: Buku ini juga mengajak kita untuk lebih bijaksana dalam memanfaatkan waktu luang kita. Dengan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermakna dan menyenangkan, kita dapat merasa lebih terpenuhi dan bahagia.
  11. Merencanakan Waktu Santai: Vanderkam menekankan pentingnya merencanakan waktu santai. Dengan memiliki waktu santai yang cukup, kita dapat mereset pikiran dan tubuh kita, sehingga kita dapat bekerja lebih efisien dan merasa lebih segar.
  12. Mengurangi Multitasking: Buku ini menunjukkan betapa multitasking sebenarnya dapat mengurangi produktivitas kita. Dengan fokus pada satu tugas pada satu waktu, kita dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik dan lebih cepat.
  13. Menciptakan Kebiasaan Positif: Vanderkam mengajak kita untuk menciptakan kebiasaan positif yang membantu kita mengelola waktu dengan lebih baik. Dengan memiliki kebiasaan yang baik, kita dapat mencapai tujuan kita dan menjadi versi terbaik dari diri kita.
  14. Menyadari Makna Waktu: Buku ini mengajarkan kita untuk menyadari makna waktu dalam hidup kita. Dengan menghargai waktu yang kita miliki, kita dapat lebih menghargai momen-momen berharga dan mengalami kehidupan dengan lebih penuh arti.
  15. Menciptakan Waktu Khusus: Vanderkam menyarankan kita untuk menciptakan waktu khusus untuk diri sendiri. Dengan memiliki waktu khusus, kita dapat merenung, berfokus, dan mencapai pencapaian yang lebih baik.
  16. Menghadirkan Kehadiran Penuh: Buku ini mengajak kita untuk menghadirkan kehadiran penuh dalam setiap momen. Dengan menjadi lebih sadar dan terlibat dalam setiap aktivitas, kita dapat merasakan waktu dengan lebih mendalam dan merasa lebih hidup.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/