Ringkasan Buku On Writing Well by William Zinsser

Judul Buku: On Writing Well

Penulis: William Zinsser 

Penerbit: Harper Perennial 

Tahun Penerbitan: 1976

“On Writing Well” karya William Zinsser adalah sebuah panduan praktis yang mendalam tentang bagaimana menulis dengan baik dan efektif. Buku ini menawarkan nasihat berharga kepada penulis amatir maupun berpengalaman dalam berbagai bidang, mulai dari jurnalis, penulis nonfiksi, hingga penulis akademik.

Zinsser secara sistematis menjelaskan beragam aspek penting dalam menulis dengan jelas, padat, dan menarik. Dia menyoroti pentingnya memahami audiens, menghindari kelebihan kata-kata dan kalimat yang rumit, serta menjelaskan dengan baik bagaimana membuat struktur yang koheren dan alur yang baik dalam tulisan.

Selain itu, buku ini juga membahas pentingnya gaya penulisan yang berfokus pada kesederhanaan dan kejelasan. Zinsser membagikan tips dan teknik yang praktis untuk menghilangkan kekakuan dan kecanggungan dalam penulisan, serta mengajarkan cara menemukan suara penulis yang autentik.

Dalam “On Writing Well”, Zinsser juga mengulas berbagai jenis penulisan, seperti profil, memoar, artikel, dan banyak lagi, serta memberikan contoh-contoh konkret untuk membantu pembaca memahami konsep yang diajarkan. Buku ini juga menekankan pentingnya revisi dan penyuntingan sebagai bagian tak terpisahkan dari proses penulisan yang baik.

Secara keseluruhan, “On Writing Well” merupakan panduan yang berharga bagi siapa pun yang ingin meningkatkan keterampilan menulis mereka. Buku ini memberikan wawasan yang kaya dan bermanfaat, serta menjadi referensi yang luar biasa bagi mereka yang berharap dapat menulis dengan gaya yang jelas, menarik, dan menggugah.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Key Summary:

  1. Menulis dengan kejelasan adalah kunci untuk membuat tulisan kita efektif dan mudah dipahami oleh pembaca. Hindari penggunaan jargon dan istilah teknis yang tidak dikenal pembaca agar pesan kita tersampaikan dengan jelas dan dapat diikuti dengan baik.
  2. Kesederhanaan adalah prinsip penting dalam menulis nonfiksi. Kita harus berusaha menyampaikan ide-ide kompleks dengan gaya yang sederhana dan mudah dipahami agar tulisan kita dapat dijangkau oleh beragam audiens.
  3. Ketelitian merupakan prinsip utama dalam menulis nonfiksi yang kredibel. Kita harus melakukan penelitian yang teliti, memeriksa fakta dengan cermat, dan mengutip sumber dengan akurat untuk membangun kepercayaan pembaca terhadap tulisan kita.
  4. Temukan suara penulisan yang autentik yang mencerminkan kepribadian kita. Kita perlu menggali gaya penulisan yang unik dan personal untuk menambahkan keaslian pada tulisan kita dan membuatnya lebih meyakinkan.
  5. Gunakan kalimat pendek dan langsung untuk meningkatkan kejelasan tulisan kita. Hindari penggunaan kalimat yang rumit dan berbelit-belit yang dapat membingungkan pembaca dan merusak aliran tulisan kita.
  6. Memahami audiens kita dengan baik adalah kunci dalam menulis nonfiksi yang efektif. Kita harus mengidentifikasi kebutuhan, pengetahuan, dan kepentingan pembaca kita agar tulisan kita dapat menyentuh mereka dengan cara yang relevan dan bermanfaat.
  7. Membangun struktur yang kuat dalam tulisan kita membantu pembaca mengikuti alur dan pemikiran kita dengan lebih baik. Kita harus memikirkan tata letak, sub-bab, dan pengaturan gagasan yang logis agar tulisan kita mudah diikuti dan memberikan kesan yang teratur.
  8. Revisi dan penyuntingan merupakan tahapan krusial dalam menulis nonfiksi yang baik. Kita harus meluangkan waktu untuk memeriksa, memperbaiki, dan menghapus bagian yang tidak perlu agar tulisan kita semakin padat, fokus, dan berkualitas.
  9. Gunakan contoh dan ilustrasi yang relevan untuk mendukung dan menerangkan gagasan kita. Ini akan membantu pembaca memahami konsep yang kompleks dengan lebih baik dan memberikan dukungan visual pada tulisan kita.
  10. Narasi dan anekdot dapat membuat tulisan nonfiksi lebih menarik dan memikat perhatian pembaca. Kita dapat menggabungkan fakta dan informasi dengan cerita yang relevan untuk menjadikan tulisan kita lebih hidup, menarik, dan menggugah emosi pembaca.
  11. Menulis nonfiksi memerlukan keterampilan menceritakan cerita yang baik. Kita dapat menggabungkan fakta dan informasi dengan elemen naratif yang menarik untuk menjadikan tulisan kita lebih menarik, memikat, dan meyakinkan.
  12. Ungkapkan ketertarikan pribadi kita terhadap topik yang kita tulis agar menarik perhatian pembaca. Kita harus menunjukkan rasa antusiasme dan dedikasi terhadap materi yang kita bahas agar tulisan kita lebih meyakinkan dan membangun koneksi emosional dengan pembaca.
  13. Hindari penggunaan klise dan frasa yang terlalu umum dalam tulisan kita. Kita harus berusaha menciptakan kata-kata dan frasa yang orisinal, segar, dan mencerminkan pemikiran kita sendiri untuk membuat tulisan kita lebih unik dan menonjol.
  14. Mengutip kutipan yang relevan dari tokoh terkenal atau sumber yang kredibel dapat memberikan otoritas dan dukungan tambahan pada argumen kita. Kita harus mengutip dengan benar, memilih kutipan yang relevan, dan menjelaskannya secara singkat agar tulisan kita terkesan lebih meyakinkan dan terpercaya.
  15. Pilihlah kata-kata dengan bijak dan hindari pengulangan yang tidak perlu. Kita harus berusaha menyampaikan pesan kita dengan kalimat yang ringkas, padat, dan tajam agar tulisan kita lebih kuat, efektif, dan mudah diingat oleh pembaca.
  16. Menulis adalah proses yang terus berkembang dan membutuhkan latihan yang konsisten. Kita harus terus berusaha untuk meningkatkan keterampilan menulis kita dengan membaca dan belajar dari tulisan-tulisan orang lain, serta melibatkan diri dalam praktek menulis secara teratur.
  17. Kita perlu memiliki kesabaran dan ketekunan dalam menulis. Proses menulis seringkali membutuhkan waktu dan dedikasi yang tinggi. Kita harus sabar dalam melalui proses tersebut, menerima kritik, dan terus belajar untuk mencapai hasil yang lebih baik.
  18. Kreativitas adalah elemen penting dalam menulis nonfiksi yang menarik. Kita harus berusaha untuk berpikir out of the box, menghadirkan ide-ide baru, dan mencari cara unik untuk mengungkapkan pemikiran kita agar tulisan kita lebih segar, menarik, dan membedakan diri dari tulisan lainnya.
  19. Berusaha menciptakan pemikiran yang orisinal dan inovatif dalam tulisan kita adalah hal yang penting. Kita harus mencoba melihat topik atau sudut pandang yang belum banyak dieksplorasi, menghadirkan ide-ide baru, dan berani berpikir di luar batasan agar tulisan kita terasa segar, menarik, dan mencuri perhatian pembaca.
  20. Mengedit dan menghapus bagian tulisan yang kurang berhasil adalah langkah penting dalam meningkatkan kualitas tulisan kita secara keseluruhan. Kita harus berani melakukan pemotongan dan perubahan untuk menyempurnakan tulisan kita, memastikan setiap kata dan kalimat yang ada di sana memberikan nilai tambah pada tulisan kita dan memperkuat pesan yang ingin disampaikan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill