Review Buku New Rules of Engagement for a Complex World

Judul buku: Team of Teams: New Rules of Engagement for a Complex World

Penulis: General Stanley McChrystal (Ret.), Tantum Collins, David Silverman, dan Chris Fussell

Penerbit: Portfolio

Tahun penerbitan: 2015

“Team of Teams: New Rules of Engagement for a Complex World” adalah buku yang ditulis oleh Jenderal Stanley McChrystal, Tantum Collins, David Silverman, dan Chris Fussell. Buku ini menceritakan tentang pengalaman Jenderal McChrystal dalam memimpin pasukan di Irak dan transformasi yang dilakukannya untuk menghadapi lingkungan yang kompleks dan cepat berubah.

Penulis menyajikan konsep “Tim dari Tim” yang menggambarkan bagaimana tim yang terorganisir secara hierarkis dan terpusat tidak lagi efektif dalam menghadapi tantangan kompleks saat ini. Mereka mengusulkan bahwa organisasi modern harus mengadopsi struktur yang lebih fleksibel dan adaptif, yang terdiri dari tim-tim kecil yang berkolaborasi secara terus-menerus dan berbagi informasi secara terbuka.

Buku “Team of Teams: New Rules of Engagement for a Complex World” menguraikan prinsip-prinsip dan metode yang dapat digunakan untuk membentuk “Tim dari Tim,” termasuk bagaimana menciptakan transparansi, mengembangkan kesadaran situasional, dan mempromosikan kolaborasi antar tim. Penulis juga menggambarkan pentingnya kepercayaan, tanggung jawab bersama, dan kepemimpinan yang didasarkan pada kepercayaan dalam menciptakan organisasi yang responsif dan inovatif.

Dengan menggunakan pengalaman dari militer dan sektor swasta, “Team of Teams” mengajak kita untuk mempertimbangkan ulang paradigma kepemimpinan tradisional dan mengadopsi pendekatan yang lebih terbuka, inklusif, dan adaptif. Buku ini memberikan wawasan tentang bagaimana mengatasi kompleksitas dan menciptakan organisasi yang dapat beradaptasi dengan cepat dalam dunia yang terus berubah.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Key Summary

  1. Memahami istilah “Tim dari Tim”: Konsep ini merujuk pada pendekatan yang fleksibel di mana tim-tim kecil berkolaborasi secara terus-menerus dan berbagi informasi secara terbuka. Hal ini membantu kita menghadapi kompleksitas dengan lebih efektif dan adaptif.
  2. Prinsip transparansi dalam komunikasi: Dengan membangun komunikasi yang terbuka dan transparan di seluruh organisasi, kita menciptakan lingkungan di mana informasi dapat mengalir secara lancar antara tim-tim, memfasilitasi kolaborasi dan koordinasi yang efektif.
  3. Kesadaran situasional sebagai kunci sukses: Memiliki kesadaran situasional yang tinggi membantu kita mengenali perubahan dan tantangan yang kompleks, sehingga kita dapat merespons dengan cepat dan tepat.
  4. Pentingnya membangun kepercayaan: Kepercayaan adalah fondasi dalam kerjasama dan kolaborasi yang kuat. Dengan membangun kepercayaan di antara anggota tim, kita menciptakan iklim di mana ide-ide dapat dibagikan secara terbuka dan kerja tim dapat berjalan dengan lancar.
  5. Kolaborasi dan koordinasi lintas tim: Di dunia yang kompleks, kolaborasi dan koordinasi yang terus-menerus antara tim-tim menjadi penting. Hal ini memungkinkan pertukaran informasi yang penting, mempromosikan pemahaman bersama, dan menghindari silo kerja yang terisolasi.
  6. Tanggung jawab bersama sebagai landasan: Dengan mengadopsi sikap tanggung jawab bersama, setiap anggota tim merasa memiliki peran penting dalam mencapai kesuksesan tim secara keseluruhan. Hal ini mendorong kolaborasi dan kepedulian terhadap hasil kerja yang sama-sama diupayakan.
  7. Manfaatkan teknologi dan sistem yang tepat: Memanfaatkan teknologi dan sistem yang memfasilitasi pertukaran informasi yang cepat dan efisien sangat penting dalam menghadapi kompleksitas. Ini membantu kita mengatasi batasan waktu dan jarak dalam berkolaborasi.
  8. Kepemimpinan yang didasarkan pada kepercayaan dan otoritas terdistribusi: Dalam konteks “Tim dari Tim”, kepemimpinan yang didasarkan pada kepercayaan dan otoritas terdistribusi memfasilitasi kolaborasi dan pengambilan keputusan yang cepat. Hal ini memungkinkan anggota tim untuk mengambil inisiatif dan memimpin sesuai dengan keahlian mereka.
  9. Keberhasilan tim dalam adaptasi dan responsif: Tim-tim yang adaptif dan responsif mampu menghadapi perubahan dan ketidakpastian dengan lebih baik daripada organisasi yang kaku. Fleksibilitas dalam merespons situasi baru menjadi kunci keberhasilan.
  10. Memprioritaskan belajar dan adaptasi kontinu: Dalam dunia yang kompleks, belajar dan adaptasi kontinu menjadi penting. Kita perlu terus memperbarui pengetahuan, menggali peluang untuk belajar, dan secara aktif mengubah pendekatan kita untuk tetap relevan dan berkembang.
  11. Jaringan dan hubungan dalam dan luar organisasi: Membentuk hubungan dan jaringan dengan tim lain di dalam dan di luar organisasi membuka peluang untuk pemikiran dan perspektif yang beragam. Kita dapat saling belajar dan mendapatkan wawasan yang berharga untuk menghadapi kompleksitas.
  12. Mengelola hambatan dalam komunikasi dan kolaborasi: Mengenali dan mengatasi hambatan dalam komunikasi dan kolaborasi antar tim membantu memastikan aliran informasi yang lancar dan koordinasi yang efektif. Dengan mengatasi hambatan ini, kita dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja tim.
  13. Mengadopsi prinsip saling ketergantungan: Dalam organisasi yang kompleks, kita perlu memahami dan merangkul prinsip saling ketergantungan. Kesuksesan tim satu sama lain saling terkait dan kita perlu bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama.
  14. Menciptakan budaya inklusif dan keragaman: Mengakui dan mempromosikan keragaman di dalam tim membuka peluang untuk pemikiran yang inovatif dan perspektif yang berbeda. Budaya yang inklusif menciptakan lingkungan di mana setiap individu merasa dihargai dan didengar.
  15. Keputusan berbasis informasi dan pemahaman bersama: Membuat keputusan berdasarkan informasi yang terkini dan pemahaman bersama membantu kita menghindari kesalahan dan ketidakefektifan dalam menghadapi kompleksitas. Dengan berpegang pada informasi yang akurat, kita dapat mengambil langkah yang tepat dan mendukung keberhasilan tim secara keseluruhan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan