Ringkasan Buku The 16 Undeniable Laws of Communication

Judul buku: The 16 Undeniable Laws of Communication

Penulis: John C Maxwell

Penerbit: Greenleaf Book Group

Tahun Penerbitan: 2018

“The 16 Undeniable Laws of Communication” adalah sebuah buku yang ditulis oleh John C Maxwell, seorang ahli layanan pelanggan dan pengusaha sukses. Buku ini mengungkapkan 16 hukum yang tidak dapat disangkal dalam komunikasi yang efektif, yang dapat diterapkan dalam berbagai konteks pribadi dan profesional.

Di dalam buku “The 16 Undeniable Laws of Communication”, penulis menjelaskan dan menganalisis hukum-hukum komunikasi yang menjadi dasar untuk menciptakan hubungan yang kuat, mengatasi hambatan komunikasi, dan mencapai keberhasilan dalam berbagai situasi. Penulis menggunakan contoh nyata dan cerita inspiratif untuk mengilustrasikan penerapan hukum-hukum tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu hukum komunikasi yang dijelaskan adalah Law of First Impressions (Hukum Kesan Pertama). Penulis menyoroti pentingnya menciptakan kesan pertama yang positif dalam interaksi dengan orang lain, karena kesan pertama dapat berdampak jangka panjang pada hubungan dan persepsi orang terhadap kita.

Selain itu, buku ini juga membahas hukum-hukum penting lainnya, seperti Law of Influence (Hukum Pengaruh) yang menjelaskan tentang kekuatan pengaruh dalam komunikasi, Law of Listening (Hukum Mendengarkan) yang menekankan pentingnya mendengarkan dengan empati dan perhatian, serta Law of Authenticity (Hukum Kebenaran) yang mengajarkan pentingnya berkomunikasi secara autentik dan jujur.

Buku “The 16 Undeniable Laws of Communication” juga membahas hukum-hukum komunikasi lainnya, termasuk Law of Clarity (Hukum Keterbacaan) yang menekankan pentingnya menyampaikan pesan dengan jelas dan mudah dimengerti, Law of Timing (Hukum Pemilihan Waktu) yang membahas tentang pentingnya memilih waktu yang tepat untuk berkomunikasi, dan Law of Responsiveness (Hukum Responsif) yang menyoroti pentingnya merespons dengan cepat dan proaktif terhadap komunikasi.

Melalui buku “The 16 Undeniable Laws of Communication”, kita dapat memperoleh wawasan yang dalam tentang hukum-hukum komunikasi yang mendasar dan bagaimana menerapkannya dengan efektif dalam kehidupan sehari-hari. Penulis memberikan tips praktis, strategi, dan contoh penerapan hukum-hukum tersebut untuk membantu kita menjadi komunikator yang lebih efektif, membangun hubungan yang kuat, dan mencapai kesuksesan dalam berbagai bidang kehidupan.

“The 16 Undeniable Laws of Communication” merupakan panduan yang berharga bagi siapa pun yang ingin meningkatkan keterampilan komunikasi mereka, memahami hukum-hukum dasar dalam komunikasi yang efektif, dan menciptakan hubungan yang lebih baik dengan orang lain.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Key Summary

  1. Hukum Kesan Pertama: menekankan pentingnya menciptakan kesan pertama yang positif dalam interaksi dengan orang lain. Kita perlu memperhatikan tampilan, sikap, dan komunikasi nonverbal kita agar dapat membangun kesan yang baik sejak awal.
  2. Hukum Pengaruh: mengajarkan kita bahwa pengaruh adalah faktor penting dalam komunikasi. Kita perlu belajar untuk menggunakan pengaruh dengan bijaksana, membangun kredibilitas, dan mempengaruhi orang lain dengan cara yang positif.
  3. Hukum Mendengarkan: menyoroti pentingnya mendengarkan dengan empati dan perhatian yang penuh. Kita perlu berlatih mendengarkan secara aktif, menghilangkan gangguan, dan memahami perspektif orang lain dengan baik.
  4. Hukum Kebenaran: menekankan pentingnya berkomunikasi secara autentik dan jujur. Kita perlu berbicara dengan integritas, mengungkapkan pikiran dan perasaan kita secara terbuka, dan membangun kepercayaan dengan orang lain.
  5. Hukum Keterbacaan: menyoroti pentingnya menyampaikan pesan dengan jelas dan mudah dimengerti. Kita perlu menggunakan bahasa yang sederhana, menghindari jargon yang tidak diperlukan, dan menyusun pesan kita dengan struktur yang jelas.
  6. Hukum Pemilihan Waktu: mengajarkan kita tentang pentingnya memilih waktu yang tepat untuk berkomunikasi. Kita perlu mempertimbangkan kondisi dan konteks situasi, serta memilih saat yang tepat untuk menyampaikan pesan agar dapat diterima dengan baik oleh penerima.
  7. Hukum Responsif: menyoroti pentingnya merespons dengan cepat dan proaktif terhadap komunikasi. Kita perlu menjawab pesan, pertanyaan, atau permintaan dengan segera, menunjukkan bahwa kita menghargai komunikasi tersebut, dan berkomunikasi secara responsif.
  8. Hukum Kejelasan Peran: menekankan pentingnya menjelaskan peran dengan jelas dalam komunikasi tim. Kita perlu memastikan bahwa setiap anggota tim memahami tugas dan tanggung jawabnya dengan jelas, serta saling mendukung dalam mencapai tujuan bersama.
  9. Hukum Penerimaan: mengajarkan kita untuk menerima perbedaan pendapat dan sudut pandang orang lain. Kita perlu membuka pikiran kita, mendengarkan dengan terbuka, dan menghormati perspektif yang berbeda untuk membangun hubungan yang inklusif.
  10. Hukum Ketepatan Waktu: menyoroti pentingnya menghargai waktu orang lain dan menghormati batas waktu yang telah ditetapkan. Kita perlu berkomitmen untuk menghormati janji, mengatur waktu dengan baik, dan memastikan bahwa pertemuan atau keterlibatan kita dimulai dan berakhir sesuai jadwal.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan