Ringkasan Buku The CEO Next Door by Elena L. Botelho, dkk

Judul buku: “The CEO Next Door: The 4 Behaviors That Transform Ordinary People into World-Class Leaders”

Penulis: Elena L. Botelho, Kim R. Powell, dan Tahl Raz

Penerbit: Currency

Tahun penerbitan: 2018

“The CEO Next Door” adalah buku yang ditulis oleh Elena L. Botelho, Kim R. Powell, dan Tahl Raz. Buku ini meneliti karakteristik dan perilaku yang dimiliki oleh CEO sukses dan memberikan wawasan tentang bagaimana menjadi pemimpin luar biasa dalam dunia bisnis.

Melalui penelitian dan wawasan yang mendalam, “The CEO Next Door” memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana menjadi pemimpin yang luar biasa. Buku ini memberikan kita dengan kerangka kerja yang praktis dan strategis untuk mengembangkan perilaku kepemimpinan yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan dalam dunia bisnis.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Key Summary

  1. Menyaring dan Membongkar: Kita harus memiliki kemampuan untuk menyaring informasi yang relevan dan mengidentifikasi isu-isu terpenting. Kita perlu mengembangkan ketajaman analitis dan keterampilan pemecahan masalah yang diperlukan untuk mengambil keputusan yang baik.
  2. Membuka Terhubung: Kita perlu menjalin hubungan yang kuat dan saling mendukung dengan orang-orang di sekitar kita. Kita harus membangun jaringan yang efektif, menjaga kemitraan yang bermanfaat, dan memanfaatkan sumber daya manusia untuk mencapai kesuksesan.
  3. Mengandalkan Serigala Pengawal: Kita harus memiliki tim yang kompeten dan memiliki kepercayaan penuh dalam tim tersebut. Kita perlu membangun tim yang kuat, mendukung, dan memberdayakan anggota tim, serta memberikan kepercayaan pada mereka untuk mengambil tanggung jawab.
  4. Menyelaraskan Eksekusi: Kita perlu menyelaraskan tujuan, strategi, dan tindakan. Kita harus mengembangkan visi yang jelas, mengkomunikasikan dengan efektif, dan memastikan bahwa semua langkah yang diambil sesuai dengan arah yang ditetapkan.
  5. Memprioritaskan Tugas: Kita harus mampu memprioritaskan tugas dan fokus pada hal-hal yang paling penting. Kita perlu mengelola waktu dengan efektif, mengidentifikasi apa yang perlu diselesaikan terlebih dahulu, dan menghindari tugas-tugas yang tidak mendukung tujuan utama.
  6. Mengambil Risiko yang Diperhitungkan: Kita harus berani mengambil risiko yang diperhitungkan. Kita perlu menganalisis potensi risiko dan manfaatnya, membuat keputusan yang berdasarkan pemikiran yang rasional, dan tidak takut untuk mencoba hal-hal baru.
  7. Mempelajari dari Kegagalan: Kita harus siap untuk belajar dari kegagalan dan mengambil pelajaran berharga dari setiap kesalahan. Kita harus memiliki sikap yang proaktif dalam menghadapi kegagalan, mengidentifikasi penyebabnya, dan mengambil langkah-langkah untuk menghindari kesalahan yang sama di masa depan.
  8. Memotivasi dan Menginspirasi: Kita perlu menjadi pemimpin yang mampu memotivasi dan menginspirasi orang lain. Kita harus mampu mengkomunikasikan visi yang kuat, membangun budaya kerja yang positif, dan memberikan dorongan kepada tim untuk mencapai kinerja yang luar biasa.
  9. Mengembangkan Kemampuan Kepemimpinan: Kita harus terus mengembangkan kemampuan kepemimpinan kita melalui pembelajaran dan pengalaman. Kita perlu mencari peluang untuk mengasah keterampilan kepemimpinan kita, baik melalui pelatihan, mentorship, atau pengalaman praktis.
  10. Beradaptasi dengan Perubahan: Kita perlu menjadi pemimpin yang mampu beradaptasi dengan perubahan. Kita harus memiliki ketangkasan dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis, teknologi, dan kebutuhan pasar. Kita perlu mengidentifikasi peluang baru, mengubah strategi yang tidak efektif, dan menginspirasi orang lain untuk beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan