Ringkasan Buku 100+ Viral Outlines to Build Your Brand

Judul buku: The Copywriters Bible: 100+ Viral Outlines to Build Your Brand

Penulis: Josh Fechter

Penerbit: Peach Elephant Press

Tahun penerbitan: 2018

“The Copywriting Bible: 100+ Viral Outlines to Build Your Brand” adalah panduan komprehensif yang menyajikan lebih dari 100 kerangka teks yang dapat menciptakan dampak besar dalam membangun merek Anda. Buku ini merupakan sumber daya berharga bagi penulis, pemasar, dan pemilik bisnis yang ingin meningkatkan keterampilan copywriting mereka dan memperkuat kehadiran merek mereka secara online.

Dalam buku ini, kita akan menemukan beragam contoh dan model teks yang telah terbukti menjadi viral dan efektif dalam memikat audiens. Setiap kerangka teks disusun dengan hati-hati dan didekati dari berbagai aspek, seperti judul yang menarik, pengantar yang menggugah minat, penggunaan bahasa persuasif, dan panggilan tindakan yang kuat. Pembaca akan diajak untuk memahami strategi di balik setiap contoh dan bagaimana mereka dapat disesuaikan dengan konten mereka sendiri, sehingga menciptakan pesan yang lebih terkoneksi dan lebih berdaya saing.

Buku ini juga menawarkan wawasan tentang psikologi manusia dan bagaimana memanfaatkannya dalam copywriting untuk mempengaruhi emosi dan tingkat keterlibatan kita. Selain itu, penulis memberikan tips tentang bagaimana menghadapi tantangan khusus dalam dunia copywriting modern, termasuk bagaimana beradaptasi dengan perubahan algoritma media sosial, tren pemasaran terbaru, dan cara memanfaatkan data analitik untuk meningkatkan performa konten.

Tidak hanya membahas teknik penulisan yang efektif, tetapi buku ini juga mengajak kita untuk merenungkan esensi merek mereka sendiri dan bagaimana mengartikulasikan pesan mereka dengan cara yang autentik dan menarik. Dengan pendekatan yang holistik, “The Copywriting Bible” menjadi panduan lengkap untuk menguasai seni copywriting modern, memperkuat citra merek, dan menghasilkan konten yang dapat meningkatkan visibilitas serta keterlibatan secara signifikan.

Tak hanya cocok bagi para profesional, buku ini juga merupakan bacaan yang berharga bagi siapa saja yang ingin memahami kekuatan kata-kata dalam era digital yang kompetitif ini. Dengan bimbingan dan inspirasi dari buku ini, kita akan dapat menciptakan pesan-pesan copywriting yang menginspirasi, mendalam, dan mampu menghubungkan merek mereka dengan audiens yang lebih luas lagi.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Key Summary:

  1. Amati dan analisis contoh kerangka teks yang telah viral untuk memahami elemen kunci yang membuatnya sukses: Dengan mempelajari contoh-contoh nyata ini, kita dapat menemukan pola umum dalam penggunaan bahasa persuasif, gaya penulisan yang menarik, dan panggilan tindakan yang kuat yang membantu konten menjadi viral dan berdampak.
  2. Selalu berfokus pada pembaca dan identifikasi kebutuhan dan keinginan mereka: Ketika menyusun copywriting, pertimbangkan bagaimana pesan kita dapat memberikan nilai tambah bagi pembaca dan memecahkan masalah mereka, sehingga mereka merasa terhubung dan diingat oleh merek kita.
  3. Gunakan bahasa yang emosional dan menyentuh perasaan pembaca: Dengan menggabungkan psikologi manusia dalam copywriting, kita dapat menarik perhatian dan membangun hubungan yang lebih mendalam dengan audiens kita melalui kata-kata yang menggugah emosi dan memicu respons positif.
  4. Tetap up-to-date dengan tren dan perubahan dalam pemasaran digital: Ikuti perkembangan platform media sosial, algoritma pencarian, dan tren konsumen terbaru, dan sesuaikan strategi copywriting kita agar tetap relevan dan efektif dalam mencapai audiens yang lebih luas.
  5. Gunakan data analitik sebagai panduan untuk meningkatkan performa konten kita: Melalui data dan metrik, kita dapat melihat bagaimana audiens bereaksi terhadap konten kita dan mengidentifikasi peluang untuk perbaikan, sehingga kita dapat terus meningkatkan dan mengoptimalkan pesan copywriting kita.
  6. Jaga konsistensi merek dalam setiap pesan yang disampaikan: Pastikan copywriting kita selaras dengan nilai inti merek kita, sehingga audiens merasa terhubung dengan identitas dan visi merek kita secara konsisten.
  7. Kuasai seni storytelling dalam copywriting: Gunakan alur cerita yang menarik untuk menyampaikan pesan merek kita, sehingga konten menjadi lebih menggugah perasaan, melekat dalam ingatan pembaca, dan lebih mudah diingat.
  8. Jadwalkan pemasaran konten secara teratur dan konsisten. Dengan menjaga konsistensi dalam menyajikan konten berkualitas, kita bisa membangun ekspektasi dan kehadiran merek kita di benak audiens secara berkelanjutan.
  9. Manfaatkan SEO dalam copywriting untuk meningkatkan visibilitas konten kita: Pilih kata kunci yang relevan dan sesuaikan struktur konten kita agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan target audiens.
  10. Eksperimen dengan variasi judul dan pilih yang paling menarik perhatian: Dalam dunia yang penuh dengan informasi, judul menjadi kunci untuk memikat pembaca. Uji beberapa judul berbeda dan pilih yang paling menarik dan relevan dengan isi konten kita.
  11. Pilih warna dan tata letak teks yang sesuai dengan identitas merek kita: Warna dan tata letak yang tepat dapat menciptakan suasana yang sesuai dengan merek kita dan meningkatkan daya tarik visual konten copywriting kita.
  12. Gabungkan storytelling dengan data dan fakta untuk menciptakan konten yang lebih informatif dan menarik: Dengan menyajikan data secara menarik dan mudah dipahami, pembaca akan lebih tertarik dan cenderung mengingat pesan yang disampaikan.
  13. Lakukan A/B testing: Untuk menguji efektivitas berbagai elemen dalam copywriting kita. Dengan menguji variasi konten, seperti judul, panggilan tindakan, dan struktur kalimat, kita dapat mengidentifikasi apa yang paling efektif dalam mencapai tujuan pemasaran kita.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan