Rangkuman Buku The Crossroads of Should and Must

Judul Buku: The Crossroads of Should and Must

Nama Penulis: Elle Luna

Nama Penerbit: Workman Publishing

Tahun Penerbitan: 2015

Buku “The Crossroads of Should and Must” yang ditulis oleh Elle Luna adalah sebuah panduan inspiratif yang mengajak kita untuk mengeksplorasi perbedaan antara “harus” dan “haruslah” dalam hidup kita. Buku ini memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya mengikuti panggilan hati dan mengejar keberanian dalam mengejar apa yang benar-benar kita inginkan dalam hidup.

Dalam buku ini, Elle Luna membawa kita melalui perjalanan menuju pemahaman diri dan penemuan jati diri sejati. Ia memaparkan bahwa “harus” adalah suara-suara yang muncul dari luar, seperti ekspektasi masyarakat, tekanan sosial, atau kondisi yang kita anggap sebagai keharusan. Sementara itu, “haruslah” adalah panggilan batin yang kuat, intuisi kita yang mengarahkan kita pada kehidupan yang memenuhi jiwa dan passion kita.

Melalui cerita inspiratif dan latihan refleksi, buku ini membantu kita untuk mengeksplorasi “haruslah” dalam hidup kita dan menemukan keberanian untuk mengikuti jalur yang sesuai dengan diri kita. Elle Luna menyoroti pentingnya menghadapi rasa takut dan mengatasi hambatan yang menghalangi kita untuk memilih “haruslah” dalam hidup.

Buku ini juga memberikan insight tentang pentingnya menghargai proses, menemukan kegembiraan dalam pencarian diri, dan menghadapi keraguan dan kegagalan sebagai bagian dari perjalanan menuju pencapaian tujuan kita. Dalam buku ini, kita diajak untuk menjembatani kesenjangan antara apa yang kita pikir kita harus lakukan dan apa yang sebenarnya kita harus lakukan.

“The Crossroads of Should and Must” adalah buku yang memotivasi kita untuk mendengarkan panggilan hati dan mengejar kehidupan yang berarti dan memuaskan. Dengan panduan praktis dan cerita inspiratif, buku ini mengajak kita untuk menemukan jati diri sejati kita dan mengejar impian kita dengan keberanian dan ketekunan.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Key Summary:

  1. Kita sering terjebak dalam ekspektasi dan tekanan sosial yang mengatakan kita harus melakukan hal-hal tertentu dalam hidup kita. Kita perlu mempertanyakan asumsi ini dan mengidentifikasi apa yang sebenarnya kita ingin lakukan, apa yang memberi kita kegembiraan dan memberi arti bagi hidup kita.
  2. Mengikuti panggilan hati kita adalah langkah penting dalam menemukan jati diri sejati. Kita perlu meluangkan waktu untuk merenung dan mendengarkan suara dalam diri kita yang mengarahkan kita pada pilihan yang benar-benar kita inginkan.
  3. Rasa takut dan ketakutan sering kali menghalangi kita untuk mengikuti “haruslah” dalam hidup kita. Kita perlu menghadapi rasa takut dengan keberanian dan mengambil langkah-langkah kecil menuju impian kita, meskipun perlahan.
  4. Mengikuti “haruslah” dalam hidup kita bukan berarti mengabaikan tanggung jawab kita, tetapi lebih tentang menemukan keseimbangan antara keharusan dan keinginan kita. Kita perlu mengidentifikasi komitmen kita yang penting dan mengintegrasikan “haruslah” ke dalam kehidupan kita dengan bijaksana.
  5. Menemukan jalan kita sendiri, jauh dari ekspetasi orang lain, memberi kita kebebasan untuk mengekspresikan diri dan meraih kepuasan dalam hidup kita. Kita perlu mengeksplorasi minat, bakat, dan passion kita secara aktif, dan menjadikan mereka sebagai pijakan untuk membangun kehidupan yang autentik.
  6. Pemilihan “haruslah” bukanlah tugas yang mudah, tetapi perjalanan yang penuh tantangan dan penemuan diri. Kita perlu memperhatikan tanda-tanda dan petunjuk dalam hidup kita, serta memiliki kesabaran dan ketekunan dalam mengeksplorasi berbagai pilihan.
  7. Pilihan “haruslah” tidak hanya tentang kesenangan dan pencapaian pribadi, tetapi juga tentang memberikan kontribusi yang berarti kepada dunia di sekitar kita. Kita perlu mempertimbangkan cara kita dapat menggunakan keahlian, minat, dan passion kita untuk memberikan dampak positif pada orang lain dan komunitas kita.
  8. Mengikuti “haruslah” membutuhkan keberanian dan tekad untuk mengatasi rintangan dan mengambil risiko dalam hidup kita. Kita perlu membangun keberanian secara bertahap dan berkomitmen pada perjalanan kita menuju kehidupan yang memenuhi jiwa kita.
  9. Keraguan dan kegagalan adalah bagian tak terpisahkan dari perjalanan mencari “haruslah”. Kita perlu menerima keraguan dan kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar dan tumbuh, serta sebagai ujian keseriusan kita dalam mencapai impian kita.
  10. Menemukan “haruslah” adalah proses yang berkelanjutan dan dapat berubah seiring perjalanan hidup kita. Kita perlu membuka diri terhadap eksplorasi diri yang terus-menerus, terus mengajukan pertanyaan, dan berani mengubah arah ketika diperlukan, sesuai dengan perubahan dan perkembangan kita sebagai individu.
  11. Dalam mengejar “haruslah” kita mungkin menghadapi rintangan dan hambatan, tetapi mereka adalah peluang untuk menguji ketekunan dan dedikasi kita. Kita perlu melihat setiap tantangan sebagai peluang untuk tumbuh dan belajar, dan tidak menyerah dalam menghadapinya.
  12. Mengikuti “haruslah” memberikan kehidupan yang lebih bermakna dan memuaskan, karena kita hidup sesuai dengan nilai-nilai, minat, dan passion kita. Kita perlu menghargai kehidupan yang kita pilih, merayakan keberanian kita untuk mengikuti “haruslah,” dan menginspirasi orang lain untuk menemukan jalan mereka sendiri.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan