Review Buku The Eight Essential People Skills

Judul buku: “The Eight Essential People Skills for Project Management: Solving the Most Common People Problems for Team Leaders”

Penulis: Zachary Wong

Penerbit: Career Press

Tahun penerbitan: 2013

“The Eight Essential People Skills for Project Management” adalah buku yang ditulis oleh Zachary Wong, seorang ahli manajemen proyek. Buku ini membahas delapan keterampilan penting dalam mengelola orang-orang dalam proyek, serta solusi untuk mengatasi masalah umum yang muncul dalam kepemimpinan tim.

Wong menguraikan delapan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh manajer proyek untuk memastikan kesuksesan proyek dan hubungan yang baik dengan tim. Buku ini memberikan wawasan dan strategi praktis untuk mengatasi tantangan manusia yang sering muncul dalam pengelolaan proyek.

Dalam “The Eight Essential People Skills for Project Management,” Zachary Wong memberikan panduan praktis untuk mengelola orang-orang dalam proyek. Buku ini membantu kita memahami dan mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan interpersonal yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan proyek. Dengan memperkuat keterampilan dalam delapan area penting ini, manajer proyek dapat menghadapi tantangan manusia dengan lebih percaya diri dan mencapai hasil yang sukses.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Key Summary

  1. Komunikasi Efektif: Buku ini menyoroti pentingnya komunikasi yang efektif dalam pengelolaan proyek. Wong memberikan wawasan tentang bagaimana menyampaikan pesan dengan jelas, mendengarkan secara aktif, dan menghindari kesalahpahaman.
  2. Memotivasi dan Menginspirasi Tim: Membahas strategi untuk memotivasi dan menginspirasi tim dalam mencapai tujuan proyek. Wong memberikan wawasan tentang bagaimana mengembangkan ikatan emosional dengan anggota tim, memberikan pengakuan, dan mendorong partisipasi aktif.
  3. Manajemen Konflik: Menjelaskan pentingnya manajemen konflik dalam proyek. Wong memberikan strategi untuk mengidentifikasi dan mengatasi konflik, memfasilitasi negosiasi, dan mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.
  4. Delegasi yang Efektif: Mengajarkan kita tentang pentingnya delegasi yang efektif dalam pengelolaan proyek. Wong memberikan wawasan tentang bagaimana menentukan tugas yang dapat didelegasikan, memberikan arahan yang jelas, dan membangun kepercayaan dalam tim.
  5. Keterampilan Tim-building: Membahas strategi untuk membangun tim yang kuat dan efektif. Wong memberikan wawasan tentang bagaimana merencanakan dan mengelola tim dengan baik, membangun hubungan kerja yang positif, dan mengoptimalkan kolaborasi dalam tim.
  6. Keterampilan Presentasi: Menjelaskan pentingnya keterampilan presentasi dalam pengelolaan proyek. Wong memberikan wawasan tentang bagaimana menyusun dan menyampaikan presentasi yang efektif untuk mengkomunikasikan ide dan kemajuan proyek kepada pemangku kepentingan.
  7. Negosiasi dan Pengaruh: Membahas pentingnya kemampuan negosiasi dan pengaruh dalam manajemen proyek. Wong memberikan wawasan tentang bagaimana mengembangkan keterampilan negosiasi yang efektif, mempengaruhi orang lain secara positif, dan mencapai kesepakatan yang menguntungkan bagi semua pihak.
  8. Mengelola Perubahan: Menggambarkan pentingnya mengelola perubahan dalam proyek. Wong memberikan strategi untuk menghadapi perubahan, mengelola resistensi, dan membangun kepercayaan dalam tim dalam menghadapi tantangan perubahan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan