Review Buku How Finding Your Passion Changes Everything

Judul Buku: The Element: How Finding Your Passion Changes Everything

Penulis: Sir Ken Robinson with Lou Aronica

Penerbit: Penguin Books

Tahun Penerbitan: 2009

“The Element: How Finding Your Passion Changes Everything” adalah sebuah buku yang ditulis oleh Sir Ken Robinson dengan Lou Aronica dan diterbitkan oleh Penguin Books pada tahun 2009. Buku ini menggali konsep “elemen” yang mengacu pada kondisi di mana seseorang menemukan keahlian uniknya dan mengalami kepuasan penuh dan prestasi yang luar biasa dalam hidupnya.

Dalam buku ini, Sir Ken Robinson menjelaskan bahwa setiap individu memiliki potensi unik yang dapat dikembangkan dan dicapai ketika mereka menemukan elemen mereka. Elemen ini adalah tempat di mana bakat alami, minat, dan gairah pribadi bertemu, memungkinkan seseorang untuk berkinerja tinggi dan merasakan kebahagiaan yang mendalam.

Melalui berbagai contoh kasus dan penelitian, Robinson menggambarkan betapa pentingnya menemukan elemen dalam mencapai kehidupan yang bermakna dan sukses. Ia membahas tentang tantangan yang dihadapi dalam menemukan elemen, seperti tekanan sosial, ekspektasi masyarakat, dan ketidakpastian. Namun, ia juga memberikan berbagai strategi dan panduan untuk membantu pembaca menemukan elemen mereka sendiri.

Buku ini menyoroti pentingnya pendidikan yang memfasilitasi penemuan elemen dan menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan potensi individu. Robinson juga menekankan bahwa menemukan elemen bukan hanya terbatas pada kehidupan profesional, tetapi juga mencakup bidang-bidang seperti seni, olahraga, hobi, dan pelayanan masyarakat.

“The Element” memberikan wawasan dan inspirasi bagi para pembaca untuk memahami potensi pribadi mereka dan memperoleh kehidupan yang lebih berarti melalui penemuan dan pemanfaatan elemen mereka. Buku ini relevan bagi siapa pun yang ingin mengeksplorasi minat dan bakat mereka, mengatasi hambatan dalam mengejar passion, dan mencapai tingkat kepuasan dan prestasi yang lebih tinggi dalam hidup mereka.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Key Summary:

  1. Kita semua memiliki potensi unik yang dapat dikembangkan dan dicapai ketika kita menemukan elemen kita. Kita perlu mencari minat dan bakat kita yang sejalan dengan passion dan kepuasan pribadi, karena itulah yang akan memicu pertumbuhan dan prestasi yang luar biasa. Kita harus berani menjelajahi minat dan bakat kita, mengidentifikasi apa yang benar-benar membuat kita bersemangat, dan memberikan waktu dan energi yang cukup untuk mengembangkannya.
  2. Menemukan elemen bukanlah hal yang mudah, karena seringkali kita dihadapkan pada tekanan sosial dan ekspektasi masyarakat. Kita harus memiliki keberanian untuk mengeksplorasi minat kita, menghadapi ketidakpastian, dan berani melangkah keluar dari zona nyaman untuk menemukan elemen kita yang sejati. Kita harus membuka pikiran kita terhadap kemungkinan yang belum terpikirkan sebelumnya, dan membebaskan diri dari pembatasan yang mungkin kita terima dari orang lain.
  3. Elemen adalah tempat di mana bakat alami, minat, dan gairah kita bertemu, menciptakan pengalaman yang penuh kepuasan dan kebahagiaan. Kita perlu berpikir secara holistik tentang kehidupan kita dan mencari keselarasan antara pekerjaan, hobi, dan kegiatan yang memberi kita kebahagiaan dan keterlibatan yang mendalam. Kita harus mengidentifikasi kekuatan dan minat kita, dan berusaha mengintegrasikannya ke dalam berbagai aspek kehidupan kita.
  4. Lingkungan yang mendukung dan memfasilitasi penemuan elemen sangat penting. Kita harus menciptakan lingkungan yang mendorong eksplorasi minat, memberi dukungan dalam pengembangan bakat, dan menghargai keberagaman minat dan kemampuan individu. Kita dapat mencari komunitas atau kelompok yang memiliki minat serupa, dan mencari dukungan dari orang-orang yang memahami dan mendukung perjalanan kita dalam menemukan elemen.
  5. Pendidikan harus memainkan peran penting dalam membantu kita menemukan elemen. Kita harus mencari pendidikan yang melibatkan penemuan diri, eksplorasi minat, dan pengembangan keterampilan yang relevan dengan elemen kita, sehingga kita dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik. Kita dapat mengambil kursus, menghadiri lokakarya, atau mencari mentor yang dapat membantu kita mengeksplorasi dan mengembangkan elemen kita.
  6. Elemen tidak terbatas pada pekerjaan atau karier; mereka juga dapat ditemukan dalam bidang seperti seni, olahraga, hobi, dan pelayanan masyarakat. Kita harus memperluas pandangan kita tentang elemen, mengakui bahwa passion dan kepuasan dapat ditemukan di berbagai aspek kehidupan kita. Kita dapat mengidentifikasi minat dan kegiatan di luar pekerjaan yang memberi kita rasa keterlibatan yang mendalam dan kebahagiaan, dan membuat waktu untuk melibatkan diri dalam aktivitas tersebut.
  7. Elemen adalah perjalanan yang berkelanjutan, bukan tujuan akhir. Kita harus membuka pikiran kita untuk pertumbuhan dan perkembangan yang berkelanjutan, terus menggali minat dan bakat baru, serta menciptakan ruang bagi perkembangan elemen kita seiring berjalannya waktu. Kita harus mengadopsi sikap yang terbuka terhadap perubahan dan eksplorasi, dan melihat penemuan elemen sebagai perjalanan seumur hidup yang terus berubah dan berkembang.
  8. Ketika kita hidup di dalam elemen kita, kita merasakan energi, semangat, dan kepuasan yang tinggi. Kita perlu mendengarkan intuisi dan passion kita, mengidentifikasi tanda-tanda kebahagiaan dan keterlibatan yang kita rasakan ketika kita berada dalam elemen kita, dan menjadikannya panduan dalam mengambil keputusan hidup. Kita dapat memperhatikan perasaan keceriaan, kepuasan, dan rasa terpenuhi yang kita rasakan ketika kita benar-benar terlibat dalam aktivitas yang sesuai dengan elemen kita.
  9. Elemen dapat berkembang dan berubah seiring dengan perkembangan diri kita. Kita harus terbuka terhadap perubahan dan evolusi dalam elemen kita, mengambil risiko baru, dan terus menantang diri kita sendiri untuk menemukan potensi yang lebih dalam dan meningkatkan pencapaian kita. Kita dapat melakukan eksplorasi yang terus-menerus, mencoba hal-hal baru, dan tetap terhubung dengan minat dan gairah yang terus berkembang dalam hidup kita.
  10. Menemukan elemen kita dapat memberikan dampak positif pada kehidupan kita secara keseluruhan. Kita harus memperhatikan bagaimana elemen kita dapat memengaruhi aspek lain dari kehidupan kita, seperti hubungan, kesejahteraan fisik dan mental, serta rasa kepuasan dan makna yang kita rasakan sehari-hari. Kita dapat melihat bagaimana elemen kita dapat memberikan kontribusi positif dalam menciptakan kehidupan yang lebih seimbang, memperkuat hubungan kita, dan memberi kita rasa kepuasan yang lebih dalam.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan