Ringkasan Buku The Elements of Style by William Strunk Jr.

Judul Buku: The Elements of Style

Penulis: William Strunk Jr. dan E.B. White

Penerbit: Pearson Education

Tahun Penerbitan: 1959

“The Elements of Style” adalah buku yang ditulis oleh William Strunk Jr. dan direvisi oleh E.B. White. Buku ini diterbitkan oleh Pearson Education pada tahun 1959. Buku ini berfungsi sebagai panduan praktis untuk penulisan yang efektif dan gaya penulisan yang baik dalam bahasa Inggris.

Dalam buku ini, Strunk dan White menyajikan prinsip-prinsip dasar penulisan yang jelas, ringkas, dan mudah dipahami. Mereka menggarisbawahi pentingnya kejelasan, kesederhanaan, dan konsistensi dalam bahasa tulis, serta memberikan pedoman praktis tentang tata bahasa, penggunaan kata, dan konvensi penulisan.

Buku ini mengajarkan penggunaan tata bahasa yang benar, seperti penggunaan kata benda, kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan, serta penerapan aturan tata bahasa dalam kalimat dan paragraf. Strunk dan White juga memberikan tips tentang penggunaan tanda baca yang tepat, penulisan angka dan tanggal, serta kutipan dan referensi.

Selain itu, buku ini juga memberikan nasihat tentang gaya penulisan yang baik, termasuk penggunaan kalimat aktif, penghindaran kalimat yang ambigu, dan penekanan pada ekspresi yang jelas dan singkat. Strunk dan White juga membahas pentingnya revisi dan pengeditan dalam meningkatkan kualitas tulisan.

“The Elements of Style” menjadi salah satu panduan penulisan yang paling terkenal dan dihormati di dunia bahasa Inggris. Buku ini sangat berguna bagi penulis, editor, dan siapa pun yang ingin meningkatkan kemampuan penulisan mereka. Dengan menggunakan prinsip-prinsip dan pedoman dalam buku ini, kita dapat mengembangkan kemampuan dalam menulis dengan lebih efektif, jelas, dan memengaruhi kita dengan tulisan yang baik dan terorganisir dengan baik.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Key Summary:

  1. Kekuatan dalam penulisan terletak pada kejelasan dan kesederhanaan. Kita perlu menghindari penggunaan kata-kata yang rumit atau frasa yang membingungkan, dan berusaha untuk menyampaikan pesan kita dengan cara yang jelas dan mudah dipahami.
  2. Konsistensi dalam penggunaan bahasa dan tata bahasa sangat penting. Kita perlu mengikuti aturan tata bahasa yang konsisten, seperti penggunaan tenses yang tepat, subjek dan kata kerja yang sesuai, serta konvensi penulisan yang diakui secara umum.
  3. Tanda baca dapat mempengaruhi pemahaman dan intonasi tulisan. Kita perlu memahami penggunaan yang tepat dari tanda baca seperti titik, koma, tanda tanya, dan tanda seru, serta menggunakannya dengan bijak untuk memberikan arti dan penekanan yang sesuai dalam kalimat.
  4. Revisi dan pengeditan adalah bagian penting dari proses penulisan. Kita perlu meluangkan waktu untuk merevisi tulisan kita, menghapus kelebihan kata atau kalimat yang ambigu, dan memastikan bahwa tulisan kita memiliki alur yang logis dan koheren.
  5. Pemilihan kata yang tepat dapat memperkuat pesan dan memengaruhi kita . Kita perlu memilih kata dengan hati-hati, menggunakan kata-kata yang tepat dan berdaya, serta menghindari penggunaan kata yang berlebihan atau tidak tepat konteks.
  6. Kalimat aktif lebih jelas dan berdaya dibandingkan dengan kalimat pasif. Kita perlu berusaha untuk menggunakan kalimat aktif yang menjelaskan subjek melakukan tindakan, daripada kalimat pasif yang fokus pada tindakan yang dilakukan kepada subjek.
  7. Pemilihan paragraf yang baik membantu dalam organisasi dan alur tulisan. Kita perlu mengatur tulisan kita menjadi paragraf yang terorganisir dengan baik, dimulai dengan kalimat topik yang jelas dan diikuti oleh kalimat penjelas yang mendukung.
  8. Penggunaan kutipan dan referensi harus sesuai dengan aturan penulisan yang berlaku. Kita perlu mengutip dan merujuk sumber dengan tepat, mengikuti format yang ditetapkan, dan memberikan pengakuan yang pantas kepada penulis asli.
  9. Penulisan yang baik melibatkan penggunaan angka dan tanggal dengan konsistensi. Kita perlu menggunakan angka dan tanggal dengan konsisten, mengikuti format yang umum diterima, dan menghindari kebingungan atau ambiguitas dalam penulisan angka atau tanggal.
  10. Pemilihan gaya penulisan yang sesuai dapat mempengaruhi pemahaman dan kesan kita. Kita perlu mengadopsi gaya penulisan yang sesuai dengan konteks dan tujuan tulisan kita, apakah itu formal, informal, atau teknis, serta mempertimbangkan audiens yang dituju.
  11. Menulis dengan kejelasan dan ringkas adalah kunci untuk mempengaruhi kita. Kita perlu menyampaikan pesan kita dengan singkat dan langsung ke pokok inti, menghindari kelebihan kata atau pengulangan yang tidak perlu.
  12. Pemilihan kata yang tepat juga melibatkan memahami makna dan nuansa yang terkandung di dalamnya. Kita perlu memperkaya kosa kata kita, mencari sinonim atau frase yang lebih kaya makna, dan menggunakan kata-kata yang paling tepat untuk menyampaikan pesan kita dengan akurat dan efektif.
  13. Penulisan yang baik melibatkan pemahaman tentang struktur kalimat dan pengaruhnya terhadap makna. Kita perlu memperhatikan susunan kata dalam kalimat, menghindari kebingungan atau kekakuan struktural, dan mengekspresikan gagasan dengan urutan kata yang logis dan efektif.
  14. Simplicity is the ultimate sophistication. Kita perlu menjaga penulisan kita tetap sederhana dan mudah dimengerti oleh kita, tanpa mengorbankan kedalaman atau kejelasan pesan yang ingin disampaikan.
  15. Penulisan yang efektif membutuhkan penggunaan kata-kata yang tepat dalam konteks yang tepat. Kita perlu memahami konteks dan audiens kita, serta memilih kata-kata yang sesuai untuk menyampaikan makna yang tepat dan mempengaruhi kita secara efektif.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan