Review Buku The Little Book That Still Beats the Market

Judul Buku: “The Little Book That Still Beats the Market”

Nama Penulis: Joel GreenBlatt

Nama Penerbit: John Wiley & Sons

Tahun Penerbitan: 2010

Buku “The Little Book That Still Beats the Market” karya Joel Greenblatt membahas pendekatan investasi yang efektif dan sederhana untuk menghasilkan keuntungan di pasar saham. Greenblatt memperkenalkan konsep “Formula Magic” yang memungkinkan kita untuk mengidentifikasi saham yang berpotensi menghasilkan hasil yang lebih baik daripada pasar secara keseluruhan.

Isi buku ini menjelaskan konsep penting seperti earnings yield dan return on capital, yang digunakan untuk mengevaluasi saham secara fundamental. Greenblatt juga memperkenalkan “The Magic Formula”, metode investasi yang menggabungkan kedua konsep ini untuk memilih saham-saham yang memiliki potensi kinerja tinggi.

Melalui penjelasan yang sederhana dan praktis, Greenblatt mengajarkan kita cara menghindari jebakan emosional dalam berinvestasi dan fokus pada aspek fundamental yang mempengaruhi kinerja saham. Ia juga memberikan tips tentang cara melakukan analisis saham, membangun portofolio yang seimbang, dan mengelola risiko secara efektif.

Dalam buku ini, Greenblatt juga membagikan cerita-cerita inspiratif tentang bagaimana pendekatan investasinya telah memberikan keuntungan yang konsisten dalam jangka panjang. Ia menekankan pentingnya kesabaran, disiplin, dan pengetahuan dalam mencapai kesuksesan investasi.

“The Little Book That Still Beats the Market” memberikan wawasan berharga bagi kita yang ingin mengembangkan strategi investasi yang sederhana namun efektif. Buku ini membantu kita memahami prinsip-prinsip dasar investasi yang dapat diterapkan oleh siapa saja, baik pemula maupun investor berpengalaman, untuk mencapai hasil yang menguntungkan di pasar saham.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Key Summary:

  1. Magic Formula: Konsep “Formula Magic” yang diperkenalkan oleh Joel Greenblatt dalam buku ini adalah metode untuk memilih saham-saham dengan potensi kinerja tinggi di pasar saham. Metode ini menggabungkan dua faktor penting, yaitu earnings yield dan return on capital, untuk mengidentifikasi saham-saham yang mungkin memiliki hasil yang lebih baik daripada pasar secara keseluruhan. Dengan menerapkan Formula Magic, kita dapat memilih saham-saham yang diperdagangkan dengan harga murah namun memiliki potensi keuntungan yang tinggi.
  2. Earnings Yield: Earnings yield adalah perbandingan antara laba bersih yang dihasilkan oleh suatu saham dengan nilai pasar sahamnya. Konsep ini membantu kita mengevaluasi potensi pengembalian yang dihasilkan oleh suatu saham berdasarkan pendapatan per lembar sahamnya. Dengan melihat earnings yield, kita dapat membandingkan saham-saham dan memilih yang memiliki potensi pengembalian yang lebih tinggi.
  3. Return on Capital: Return on capital (ROC) adalah ukuran efisiensi dalam menggunakan modal yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk menghasilkan keuntungan. ROC menggambarkan seberapa baik perusahaan menghasilkan keuntungan dari modal yang diinvestasikan. Dalam buku ini, Greenblatt menekankan pentingnya memperhatikan return on capital dalam memilih saham, karena perusahaan dengan return on capital yang tinggi cenderung memiliki potensi pertumbuhan yang baik.
  4. Pendekatan Sederhana: Buku ini mengajarkan pendekatan investasi yang sederhana namun efektif. Greenblatt menghindari rumitnya analisis keuangan dan menyederhanakan strategi investasi agar bisa diikuti oleh siapa saja, bahkan yang tidak memiliki latar belakang keuangan yang kuat. Pendekatan sederhana ini mengutamakan faktor-faktor fundamental dalam memilih saham dan menekankan pentingnya disiplin dan kesabaran.
  5. Menghindari Emosi: Salah satu poin penting yang disoroti dalam buku ini adalah pentingnya menghindari pengambilan keputusan investasi yang didasarkan pada emosi. Greenblatt menjelaskan bahwa emosi seperti keserakahan dan ketakutan dapat mempengaruhi keputusan kita dan menyebabkan kerugian finansial yang tidak perlu. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk tetap tenang dan rasional dalam mengambil keputusan investasi.
  6. Analisis Fundamental: Buku ini membahas pentingnya analisis fundamental dalam memilih saham-saham yang memiliki potensi pertumbuhan. Analisis fundamental melibatkan penilaian terhadap kinerja keuangan, pertumbuhan perusahaan, prospek masa depan, dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi nilai intrinsik saham. Greenblatt memberikan panduan tentang bagaimana melakukan analisis fundamental dengan baik dan menghindari kesalahan umum yang sering terjadi.
  7. Portofolio yang Seimbang: Buku ini menekankan pentingnya membangun portofolio yang seimbang dengan saham-saham dari berbagai sektor industri. Diversifikasi portofolio membantu kita mengurangi risiko spesifik saham atau sektor tertentu dan menjaga keseimbangan portofolio secara keseluruhan. Greenblatt memberikan panduan tentang cara memilih saham-saham yang berbeda dan mengatur alokasi aset yang tepat dalam portofolio kita.
  8. Kesabaran dalam Investasi: Kesabaran merupakan kunci kesuksesan dalam investasi jangka panjang. Dalam buku ini, Greenblatt menekankan pentingnya memiliki perspektif jangka panjang dan menghindari mencari keuntungan instan. Ia mengajarkan kita untuk tetap tenang dalam menghadapi fluktuasi pasar dan memahami bahwa investasi yang sukses membutuhkan waktu.
  9. Disiplin Investasi: Disiplin dalam menjalankan strategi investasi yang telah ditetapkan sangat penting. Greenblatt menyoroti pentingnya tetap konsisten dengan rencana investasi yang telah kita buat dan menghindari tergoda oleh perubahan pasar yang sementara. Dengan memiliki disiplin investasi yang baik, kita dapat mencapai tujuan keuangan jangka panjang.
  10. Membeli dengan Harga yang Murah: Salah satu strategi utama yang diajarkan dalam buku ini adalah membeli saham dengan harga yang murah dibandingkan dengan nilai intrinsiknya. Greenblatt menekankan pentingnya memahami nilai intrinsik saham dan membeli dengan harga yang dianggap rendah. Dengan membeli dengan harga yang murah, kita memiliki potensi keuntungan yang lebih tinggi saat harga saham tersebut meningkat.
  11. Diversifikasi Portofolio: Diversifikasi portofolio adalah prinsip penting dalam investasi yang dijelaskan dalam buku ini. Diversifikasi membantu kita mengurangi risiko dengan menyebarkan investasi kita ke berbagai saham dari berbagai sektor industri. Dengan melakukan diversifikasi yang baik, kita dapat menghindari risiko konsentrasi pada satu saham atau sektor tertentu.
  12. Memahami Risiko: Buku ini memberikan penekanan pada pentingnya memahami risiko dalam berinvestasi. Greenblatt menjelaskan tentang berbagai jenis risiko yang dapat kita hadapi, seperti risiko pasar, risiko keuangan, dan risiko perusahaan. Dengan memahami risiko dengan baik, kita dapat mengambil keputusan investasi yang lebih bijaksana.
  13. Mengikuti Tren Jangka Panjang: Mengikuti tren jangka panjang adalah salah satu aspek penting dalam investasi yang diajarkan dalam buku ini. Greenblatt menjelaskan bagaimana mengidentifikasi tren jangka panjang dan menggunakan informasi ini dalam pengambilan keputusan investasi. Mengikuti tren jangka panjang memungkinkan kita mendapatkan manfaat dari pertumbuhan perusahaan dan pasar secara keseluruhan.
  14. Menghindari Perdagangan yang Terlalu Sering: Greenblatt menekankan pentingnya menghindari perdagangan yang terlalu sering. Perdagangan yang terlalu sering dapat menyebabkan biaya transaksi yang tinggi dan mengurangi keuntungan investasi kita. Ia mengajarkan kita untuk tetap tenang dan menghindari terjebak dalam siklus perdagangan yang emosional.
  15. Mengevaluasi Kinerja Portofolio: Buku ini mendorong kita untuk secara teratur mengevaluasi kinerja portofolio investasi kita. Greenblatt memberikan panduan tentang bagaimana melakukan evaluasi portofolio secara objektif dan mengidentifikasi kelemahan serta kelebihan dalam portofolio. Dengan mengevaluasi kinerja portofolio secara teratur, kita dapat membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan hasil investasi kita.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill