Ringkasan Buku What They Didn’t Teach You in School

Judul Buku: Thriving At Work: What They Didn’t Teach You in School

Penulis: Michael Dam

Penerbit: Elevate

Tahun Penerbitan: 2015

Deskripsi: Dalam buku “Thriving At Work,” penulis Michael Dam menyajikan panduan yang praktis dan mendalam tentang cara menghadapi tantangan di tempat kerja dan mencapai kesuksesan yang berarti secara pribadi dan profesional. Buku ini mencakup beragam isu yang seringkali tidak diajarkan di sekolah, namun penting untuk kesuksesan karier. Salah satu fokus utama buku ini adalah bagaimana kita dapat berkembang dan “berbunga” di tempat kerja yang kompetitif dan dinamis.

Dam menyoroti pentingnya memiliki sikap mental yang positif dan mengatasi rasa takut, kekhawatiran, dan ketidakpastian yang mungkin menghambat kemajuan kita. Ia juga memberikan wawasan tentang bagaimana kita dapat membangun jaringan sosial dan memanfaatkan hubungan dengan rekan kerja untuk mencapai tujuan bersama.

Buku ini juga membahas tentang pentingnya mengelola waktu dan stres dengan bijaksana untuk mencapai produktivitas yang optimal. Eblin memberikan strategi praktis untuk meningkatkan efisiensi dan menghadapi tekanan dengan lebih baik.

Selain itu, buku ini menyoroti pentingnya memiliki visi dan tujuan yang jelas dalam karier kita. Dam mengajak kita untuk merenungkan visi karier jangka panjang dan mengambil langkah-langkah konkret untuk mencapainya.

Di dalam “Thriving At Work,” kita juga diajak untuk mengembangkan keterampilan komunikasi yang efektif, termasuk mendengarkan aktif dan menyampaikan pesan dengan jelas dan persuasif. Keterampilan komunikasi yang kuat sangat penting untuk berkolaborasi dengan rekan kerja dan membentuk hubungan yang baik di tempat kerja.

Buku ini juga menawarkan wawasan tentang bagaimana kita dapat menjadi pemimpin yang efektif di tempat kerja, baik sebagai pemimpin formal atau sebagai pemimpin informal. Eblin menekankan pentingnya memahami dan memanfaatkan kekuatan pribadi dan membantu orang lain mencapai potensi mereka.

Melalui “Thriving At Work,” Scott Eblin memberikan panduan yang komprehensif tentang bagaimana kita dapat tumbuh dan berkembang di tempat kerja, mencapai kesuksesan yang berarti, dan menghadapi tantangan dengan keyakinan dan keterampilan yang kuat. Buku ini sangat relevan bagi siapa pun yang ingin meraih keberhasilan dan kepuasan pribadi dalam karier mereka.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Key Summary:

  1. Menggali Potensi Diri: Buku ini mendorong kita untuk menggali potensi diri kita yang belum tergali dengan baik. Dengan mengenali dan memahami potensi ini, kita dapat mengarahkan karier kita ke arah yang lebih sesuai dengan minat dan bakat kita.
  2. Menghadapi Perubahan dengan Fleksibilitas: Kita akan belajar untuk menghadapi perubahan di tempat kerja dengan sikap yang fleksibel dan terbuka terhadap perubahan. Hal ini akan membantu kita tetap relevan dan berkembang dalam lingkungan kerja yang selalu berubah.
  3. Membangun Keterampilan Soft Skills: Buku ini menekankan pentingnya keterampilan soft skills, seperti kemampuan berkomunikasi, berkolaborasi, dan mengelola konflik. Keterampilan ini merupakan aset berharga dalam mencapai kesuksesan di tempat kerja.
  4. Menghadapi Tekanan dan Stres: Kita akan belajar strategi untuk menghadapi tekanan dan stres di tempat kerja dengan cara yang sehat dan efektif. Mengelola stres dengan baik akan membantu kita tetap produktif dan sehat secara fisik maupun mental.
  5. Membangun Hubungan Kerja yang Baik: Buku ini mengajarkan tentang pentingnya membangun hubungan kerja yang baik dengan rekan kerja dan atasan. Hubungan yang baik akan menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan mendukung.
  6. Mencapai Keseimbangan Kerja dan Kehidupan: Kita akan diajak untuk mencari keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Dengan mencapai keseimbangan ini, kita dapat mencapai kepuasan dan kebahagiaan dalam kehidupan secara menyeluruh.
  7. Mengelola Waktu dengan Efisien: Buku ini memberikan tips tentang bagaimana mengelola waktu dengan efisien agar kita dapat lebih produktif dan efektif dalam pekerjaan kita.
  8. Mengembangkan Jiwa Kepemimpinan: Kita akan belajar tentang pentingnya mengembangkan jiwa kepemimpinan, baik dalam posisi kepemimpinan formal maupun informal. Jiwa kepemimpinan akan membantu kita menginspirasi dan memimpin orang lain menuju kesuksesan.
  9. Menciptakan Lingkungan Kerja yang Inklusif: Buku ini menekankan pentingnya menciptakan lingkungan kerja yang inklusif, di mana setiap individu merasa dihargai dan diberdayakan.
  10. Mengenali dan Mengatasi Batasan Diri: Kita akan diajak untuk mengenali batasan diri kita dan mencari cara untuk mengatasi batasan tersebut. Dengan memahami dan mengatasi batasan diri, kita dapat mencapai potensi terbaik dalam karier kita.
  11. Meningkatkan Resiliensi: Buku ini mengajarkan tentang pentingnya memiliki resiliensi dalam menghadapi tantangan dan kegagalan di tempat kerja. Resiliensi akan membantu kita bangkit dan tetap kuat dalam menghadapi setiap rintangan.
  12. Mencari Kepuasan Dalam Pekerjaan: Buku ini mendorong kita untuk mencari kepuasan dalam pekerjaan kita. Dengan mengejar karier yang sesuai dengan nilai dan minat kita, kita dapat merasa puas dan bahagia dalam bekerja.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill