Throwing the Elephant: Zen and the Art of Managing Up

2 min read

Throwing the Elephant Zen and the Art of Managing Up

Judul Buku: Throwing the Elephant: Zen and the Art of Managing Up

Penulis: Stanley Bing

Penerbit: Harper Business

Tahun Penerbitan: 2002

Buku “Throwing the Elephant: Zen and the Art of Managing Up” yang ditulis oleh Stanley Bing dan diterbitkan oleh Harper Business pada tahun 2002 adalah sebuah panduan unik yang menggabungkan humor dan kebijaksanaan untuk membantu kita mengelola hubungan dengan atasan secara efektif. Dalam buku ini, Stanley Bing menggunakan pendekatan yang terinspirasi dari filsafat Zen untuk membahas strategi dan prinsip dalam menghadapi berbagai situasi yang kompleks dalam berinteraksi dengan atasan.

Bing mengakui bahwa menjalin hubungan yang baik dengan atasan adalah kunci keberhasilan dalam karier kita. Namun, seringkali, mengelola atasan dapat menjadi tantangan tersendiri karena perbedaan gaya kepemimpinan, ekspektasi, dan kepribadian. Dalam buku ini, Bing memberikan wawasan tentang bagaimana kita bisa mengenali karakter dan preferensi atasan kita, sehingga kita dapat berkomunikasi dengan lebih efektif dan membangun hubungan kerja yang harmonis.

Buku ini juga menyoroti pentingnya kejujuran dan transparansi dalam berhubungan dengan atasan, serta bagaimana kita bisa menyampaikan pendapat dan masukan secara taktis dan bijaksana. Bing juga mengajarkan tentang pentingnya memiliki visi dan tujuan yang jelas dalam karier kita, sehingga kita dapat lebih fokus dan termotivasi dalam bekerja.

Selain itu, Bing menyajikan cerita-cerita menarik dan pengalaman pribadi yang menggelitik dalam menghadapi berbagai tantangan dalam berkarier, sehingga membuat pembaca merasa terhubung dan terinspirasi. Buku ini juga menekankan pentingnya fleksibilitas dan adaptabilitas dalam menghadapi perubahan dan ketidakpastian dalam dunia kerja.

Dengan bahasa yang menghibur dan menggugah, “Throwing the Elephant” memberikan pandangan yang segar dan berbeda tentang bagaimana kita bisa menjadi profesional yang sukses dalam mengelola hubungan dengan atasan, memahami dinamika hierarki dalam organisasi, dan mencapai kesuksesan bersama. Buku ini cocok untuk siapa pun yang ingin meningkatkan keterampilan manajerial dan hubungan antar pribadi, serta mencapai kesuksesan dalam karier dengan cara yang lebih bijaksana dan berdampak positif.

Key Summary:

  1. Mengenali Karakter Atasan: Buku ini mengajarkan kita untuk memahami karakter dan kepribadian atasan kita dengan lebih baik. Dengan mengetahui preferensi dan gaya kepemimpinan mereka, kita dapat beradaptasi dan berkomunikasi dengan lebih efektif.
  2. Keharmonisan dalam Hubungan Kerja: Buku ini menekankan pentingnya membangun hubungan kerja yang harmonis dengan atasan. Dengan berkomunikasi secara terbuka dan jujur, kita dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih positif dan produktif.
  3. Strategi Menghadapi Tantangan: Bing memberikan strategi praktis dalam menghadapi berbagai tantangan yang mungkin timbul dalam berinteraksi dengan atasan. Dari perbedaan pendapat hingga situasi yang kompleks, buku ini memberikan wawasan yang berguna.
  4. Komunikasi yang Efektif: Buku ini mengajarkan kita cara menyampaikan pendapat dan masukan dengan cara yang taktis dan bijaksana. Komunikasi yang efektif dapat membantu kita mempengaruhi keputusan atasan dan memperkuat hubungan kerja.
  5. Visi dan Tujuan Karier: Bing menekankan pentingnya memiliki visi dan tujuan yang jelas dalam karier kita. Dengan mengetahui arah yang ingin kita capai, kita dapat lebih fokus dan termotivasi dalam bekerja.
  6. Fleksibilitas dan Adaptabilitas: Buku ini menyoroti pentingnya fleksibilitas dan adaptabilitas dalam menghadapi perubahan dan ketidakpastian dalam dunia kerja. Kemampuan untuk beradaptasi akan membantu kita menghadapi tantangan dengan lebih mudah.
  7. Kecerdasan Emosional: Bing membahas pentingnya kecerdasan emosional dalam mengelola hubungan dengan atasan. Memahami emosi diri dan atasan dapat membantu kita menavigasi situasi yang penuh emosi dengan lebih bijaksana.
  8. Membangun Kepercayaan: Buku ini menekankan pentingnya membangun kepercayaan dengan atasan. Dengan menjadi karyawan yang dapat diandalkan dan jujur, kita dapat memperkuat hubungan kerja yang positif.
  9. Mengelola Konflik: Bing memberikan tips dalam menghadapi konflik yang mungkin terjadi dengan atasan. Dengan menghadapi konflik secara konstruktif, kita dapat mencari solusi yang saling menguntungkan.
  10. Menjaga Etika Kerja: Buku ini mengingatkan kita untuk tetap menjaga etika kerja yang tinggi. Etika yang baik akan mencerminkan profesionalisme kita dan mendukung reputasi positif di mata atasan.
  11. Belajar dari Pengalaman Pribadi: Bing menyajikan cerita-cerita menarik dari pengalaman pribadinya dalam berkarier. Pengalaman ini memberikan pelajaran berharga yang dapat kita aplikasikan dalam kehidupan profesional kita sendiri.
  12. Mencapai Kesuksesan Bersama: Buku ini mengajarkan kita untuk melihat hubungan dengan atasan sebagai kolaborasi untuk mencapai kesuksesan bersama. Dengan bekerja sama secara efektif, kita dapat mencapai tujuan bersama dengan lebih baik.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

The Song of Significance

MySkill
2 min read

The Creative Act

MySkill
2 min read