Ringkasna Buku Walking in This World by Julia Cameron

Judul Buku: Walking in This World

Nama Penulis: Julia Cameron

Nama Penerbit: TarcherPerigee

Tahun Penerbitan: 2002

Buku “Walking in This World” yang ditulis oleh Julia Cameron adalah panduan praktis yang dirancang untuk membantu kita menjalani kehidupan kreatif yang lebih berarti. Buku ini adalah kelanjutan dari buku terkenal Cameron sebelumnya, “The Artist’s Way”, yang mengajarkan kita cara mengatasi blok kreatif dan menemukan kembali hasrat kita untuk berkarya.

Dalam “Walking in This World”, Cameron mengeksplorasi konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang mendukung kehidupan kreatif yang berkelanjutan. Buku ini mengajak kita untuk menemukan dan menghargai kehadiran kreativitas dalam kehidupan sehari-hari, serta mengeksplorasi berbagai cara untuk mempertahankan dan mengasah kemampuan kreatif kita.

Melalui latihan-latihan refleksi, cerita inspiratif, dan teknik-teknik praktis, buku ini membantu kita dalam mengatasi rintangan dan hambatan yang seringkali menghalangi ekspresi kreatif kita. Cameron mengajarkan kita tentang pentingnya menghargai proses, menjaga keseimbangan antara memberi dan menerima, serta membangun ritual yang mendukung kehadiran kreativitas dalam hidup kita.

“Walking in This World” juga membahas tentang hubungan antara kreativitas dan spiritualitas, dan memberikan wawasan tentang cara mengintegrasikan kedua aspek ini dalam kehidupan kita sehari-hari. Buku ini memandu kita untuk menjelajahi dan membangun kehidupan yang mencerminkan nilai-nilai dan tujuan kreatif kita.

Dengan gaya penulisan yang hangat dan penuh inspirasi, Cameron memberikan insight yang kuat tentang kehidupan kreatif yang autentik dan memberikan tips dan strategi praktis untuk menjalani dan mempertahankan kehidupan yang kreatif yang berkelanjutan. “Walking in This World” adalah panduan yang kuat untuk mengembangkan kreativitas kita dan menjalani kehidupan yang lebih berarti dan memuaskan.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

Key Summary:

  1. Kreativitas ada dalam setiap aspek kehidupan kita, bukan hanya terbatas pada seni atau pekerjaan kreatif. Kita perlu melihat keindahan dan inspirasi dalam hal-hal sehari-hari, seperti alam, musik, bacaan, atau interaksi dengan orang-orang yang kita cintai.
  2. Kreativitas adalah proses yang berkelanjutan, bukan hasil akhir yang sempurna. Kita perlu merangkul proses kreatif yang berliku-liku dan berani mencoba, gagal, dan belajar dari pengalaman tersebut.
  3. Keragaman aktivitas dan keberagaman minat adalah kunci untuk mempertahankan kreativitas yang berkembang. Kita perlu menjelajahi berbagai bidang, mencoba hal-hal baru, dan tidak takut untuk keluar dari zona nyaman kita.
  4. Kesabaran dan ketekunan adalah kualitas yang penting dalam menjalani kehidupan kreatif. Kita perlu memahami bahwa kreativitas membutuhkan waktu dan komitmen jangka panjang, dan tidak menyerah ketika menghadapi hambatan atau kegagalan.
  5. Kreativitas dan spiritualitas saling terkait dan dapat saling memperkuat. Kita perlu menemukan cara untuk menghubungkan kreativitas kita dengan praktik spiritual, seperti meditasi, refleksi, atau pengabdian kepada sesuatu yang lebih besar dari diri kita.
  6. Menghargai dan memperhatikan keberadaan kita di dunia ini dapat memperkaya kreativitas kita. Kita perlu meluangkan waktu untuk berjalan-jalan, menikmati momen keheningan, mengamati alam, dan mendengarkan suara dalam diri kita yang berbicara melalui kehadiran kita di dunia ini.
  7. Kreativitas membutuhkan keseimbangan antara waktu sendiri dan interaksi sosial. Kita perlu menciptakan ruang untuk refleksi dan eksplorasi diri, tetapi juga menghubungkan dan berkolaborasi dengan orang-orang yang dapat memberi inspirasi dan dukungan.
  8. Kreativitas membutuhkan keberanian untuk mengungkapkan diri dan menghadapi ketidakpastian. Kita perlu melawan rasa takut, mempercayai insting kita, dan berani mengeksplorasi ide-ide yang belum pernah kita coba sebelumnya.
  9. Menjaga keseimbangan antara memberi dan menerima adalah penting dalam menjalani kehidupan kreatif. Kita perlu memberi dukungan dan menghargai kontribusi orang lain, sambil membuka diri untuk menerima bantuan, umpan balik, dan inspirasi dari mereka.
  10. Kreativitas adalah tentang menemukan dan menghormati kebenaran kita sendiri. Kita perlu mendengarkan suara dalam diri kita yang memberi petunjuk tentang apa yang benar-benar kita inginkan dan menghormati keinginan dan nilai-nilai kita dalam menjalani kehidupan kreatif.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill