What’s Your Problem?

2 min read

What’s Your Problem

Judul Buku: What’s Your Problem?

Penulis: Thomas Wedell-Wedellsborg

Penerbit: Harvard Business Review Press

Tahun Penerbitan: 2020

“What’s Your Problem?” karya Thomas Wedell-Wedellsborg membahas tentang bagaimana kita dapat mengidentifikasi dan memecahkan masalah secara efektif. Penulis menyoroti pentingnya mengatasi masalah inti daripada hanya berfokus pada gejala. Dia mengajarkan kita untuk menghadapi masalah dengan pandangan yang lebih luas dan mendalam, yang memungkinkan kita menemukan solusi yang lebih inovatif dan kreatif.

Buku ini menawarkan wawasan tentang pendekatan “Framing” yang dapat membantu kita merumuskan masalah secara lebih tepat dan menyeluruh, sehingga kita dapat mengidentifikasi akar permasalahan dan menghindari terjebak pada pemahaman yang sempit. Selain itu, penulis juga mengajarkan kita tentang pentingnya mendengarkan pendapat dan perspektif orang lain, termasuk yang berbeda dari kita, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif.

Dengan contoh kasus dari berbagai organisasi dan perusahaan terkenal, buku ini memberikan contoh nyata tentang bagaimana pendekatan yang tepat dalam memecahkan masalah dapat memberikan hasil yang jauh lebih efektif. Penulis juga menekankan pentingnya kesabaran dan ketekunan dalam menghadapi masalah yang kompleks dan sulit.

Selain itu, buku ini mengajarkan kita tentang bagaimana mempertimbangkan risiko dan konsekuensi dari berbagai solusi yang mungkin, sehingga kita dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana dan berdasarkan pada pemahaman yang kuat. Dengan membaca buku ini, kita akan mendapatkan panduan praktis tentang cara mengidentifikasi, merumuskan, dan memecahkan masalah secara efektif, baik dalam kehidupan pribadi maupun di lingkungan bisnis.

Key Summary:

  1. Memahami pentingnya merumuskan masalah dengan tepat: Buku ini mengajarkan kita bahwa untuk menemukan solusi yang efektif, kita perlu mengidentifikasi masalah inti dengan baik dan menghindari terjebak pada gejala atau asumsi yang keliru.
  2. Mengembangkan pandangan yang lebih luas dalam memecahkan masalah: Penulis menekankan bahwa kita harus melihat masalah dari berbagai perspektif dan mempertimbangkan faktor-faktor yang lebih luas, sehingga dapat menemukan solusi yang lebih inovatif dan kreatif.
  3. Menggunakan pendekatan “Framing” untuk memahami masalah secara mendalam: Buku ini memperkenalkan konsep “Framing” yang membantu kita merumuskan masalah dengan lebih baik, mengidentifikasi asumsi yang mendasarinya, dan melihatnya dari sudut pandang yang berbeda.
  4. Mendengarkan pendapat dan perspektif orang lain: Kita diajarkan untuk membuka diri terhadap sudut pandang orang lain, termasuk yang berbeda dari kita, karena itu dapat memberikan wawasan yang berharga dan membantu kita melihat masalah dengan lebih komprehensif.
  5. Menggunakan contoh kasus nyata sebagai pembelajaran: Buku ini menyajikan banyak contoh kasus dari berbagai organisasi dan perusahaan, sehingga memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana pendekatan yang tepat dalam memecahkan masalah dapat memberikan hasil yang efektif.
  6. Memiliki kesabaran dan ketekunan dalam menghadapi masalah kompleks: Penulis menekankan pentingnya tetap gigih dan tidak menyerah dalam menghadapi masalah yang sulit, karena seringkali solusi yang efektif membutuhkan waktu dan usaha yang lebih banyak.
  7. Mempertimbangkan risiko dan konsekuensi dari solusi yang mungkin: Buku ini mengajarkan kita untuk tidak hanya fokus pada keuntungan potensial dari solusi, tetapi juga memperhatikan risiko dan konsekuensi yang mungkin terjadi, sehingga dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana.
  8. Menggunakan pendekatan berbasis bukti: Penulis mendorong kita untuk mengandalkan data dan fakta yang relevan dalam memecahkan masalah, daripada hanya mengandalkan intuisi atau pendapat semata.
  9. Menerapkan pendekatan berkelanjutan dalam memecahkan masalah: Buku ini menekankan pentingnya mencari solusi yang tidak hanya memberikan hasil jangka pendek, tetapi juga berkelanjutan dan mempertimbangkan dampak jangka panjang.
  10. Membangun kemampuan untuk mengidentifikasi masalah yang tersembunyi: Penulis mengajarkan kita untuk melihat di balik gejala dan mencari akar permasalahan yang mungkin tersembunyi, sehingga kita dapat menyelesaikan masalah secara menyeluruh.
  11. Menggunakan teknik pemecahan masalah yang beragam: Buku ini menghadirkan berbagai teknik dan pendekatan dalam memecahkan masalah, seperti pemetaan masalah, brainstorming, analisis SWOT, dan banyak lagi, agar kita dapat memilih yang paling sesuai dengan situasi yang dihadapi.
  12. Membuat rencana tindakan yang konkret: Buku ini mengajarkan kita untuk mengembangkan rencana tindakan yang jelas dan terstruktur untuk mengeksekusi solusi yang telah dirumuskan, sehingga dapat memastikan langkah-langkah yang diambil berjalan dengan efektif.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

The Song of Significance

MySkill
2 min read

The Creative Act

MySkill
2 min read