10 Cara Membalas Email Panggilan Interview & Contohnya

Mendapatkan panggilan interview adalah langkah penting dalam mencari pekerjaan. Namun, menanggapi email panggilan interview dengan baik juga memiliki peran yang sama pentingnya. Menanggapi email panggilan interview menunjukkan bahwa kita sangat antusias dalam proses interview dan akan memberikan kesan kepada rekruter bahwa kita sangat mendambakan kesempatan ini.
Berikut My SKill rangkumkan 10 cara untuk membantu kita merespons dengan tepat, serta beberapa contoh balasan yang dapat kita gunakan sebagai referensi daam membalas email panggilan interview selanjutnya. Yuk simak!.

Hal yang Perlu Diperhatikan

1. Baca Email dengan Seksama

Sebelum merespons, pastikan kita untuk membaca email panggilan interview dengan seksama. Perhatikan tanggal, waktu, dan tempat wawancara, serta informasi penting lainnya yang disampaikan.

2. Menyusun Balasan yang Jelas dan Sopan

Pastikan balasan kita terstruktur dengan baik dan menggunakan bahasa yang sopan dan profesional. Sampaikan apresiasi kita atas kesempatan wawancara yang diberikan.

3. Konfirmasi Kehadiran

Jelaskan dengan jelas bahwa kita akan hadir dalam wawancara tersebut sesuai dengan waktu dan tempat yang telah ditentukan.

4. Pertegas Ketersediaan Kita

Pastikan untuk menegaskan ketersediaan kita untuk wawancara dan menyatakan bahwa kita siap untuk memberikan yang terbaik.

5. Gunakan Bahasa yang Ramah

Gunakan bahasa yang ramah dan positif dalam balasan kita . Ini akan menciptakan kesan yang baik kepada pihak yang mengirimkan panggilan interview.

6. Sampaikan Kesiapan Kita

Tunjukkan bahwa kita telah menyiapkan diri dengan baik untuk wawancara tersebut, baik dari segi pengetahuan tentang perusahaan maupun keterampilan yang relevan.

7. Ajukan Pertanyaan Tambahan Jika Perlu:

Jika ada informasi tambahan yang kita butuhkan, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lebih lanjut, seperti mengenai proses wawancara atau tugas yang akan diberikan.

8. Periksa Kembali Tautan atau Lampiran:

Pastikan untuk memeriksa tautan atau lampiran yang mungkin disertakan dalam email panggilan interview, seperti peta lokasi atau informasi tambahan tentang perusahaan.

9. Gunakan Salam yang Tepat:

Selesaikan email kita dengan salam yang sesuai, seperti “Salam Hormat” atau “Terima Kasih”. Ini menunjukkan sopan santun kita.

10. Periksa Kembali Kesalahan:

Sebelum mengirimkan balasan Akitanda, pastikan untuk memeriksa kembali kesalahan tata bahasa atau ketidaksesuaian informasi yang mungkin ada dalam email kita.

Contoh Balasan:

Subject: Konfirmasi Kehadiran untuk Wawancara 

Dear [Nama Penerima], Terima kasih atas email panggilan interview yang Anda kirimkan kepada saya.
Saya sangat menghargainya dan senang mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan Anda dan tim HR perusahaan. Saya ingin mengkonfirmasi bahwa saya akan hadir dalam wawancara tersebut pada:
Tanggal: [Tanggal Wawancara] 
Waktu: [Waktu Wawancara] 
Tempat: [Lokasi Wawancara] 
Saya telah menyiapkan diri saya sebaik mungkin untuk wawancara ini dan siap untuk berdiskusi lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan Anda. Jika ada informasi tambahan yang perlu saya ketahui sebelum wawancara, silakan beritahu saya. 
Saya sangat bersemangat untuk bertemu dengan Anda dan berharap dapat berkontribusi positif bagi perusahaan Anda.
Sekali lagi, terima kasih atas kesempatan ini. Saya berharap dapat bertemu dengan Anda dalam waktu dekat.

Hormat saya, [Nama Lengkap]

Tips Memesannya:

  • Pastikan untuk merespons email panggilan interview dalam waktu yang cepat, biasanya dalam waktu 24-48 jam setelah menerima panggilan.
  • Gunakan bahasa yang sesuai dengan perusahaan dan posisi yang kita lamar.
  • Jangan lupa untuk menautkan informasi kontak kita di bagian tanda tangan, seperti nomor telepon dan alamat email.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dan menggunakan contoh balasan sebagai panduan, kita dapat merespons email panggilan interview dengan percaya diri dan profesional. Ini adalah langkah pertama yang penting dalam proses mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan. Ingatlah agar selalu jujur menjawab pertanyaan agar jawaban kita dapat meyakinkan rekruter. Semoga beruntung!.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan