11 Tips Packing Mudik Praktis agar Lebih Menghemat Waktu

Mudik adalah momen yang dinanti-nantikan oleh banyak orang untuk berkumpul dengan keluarga dan merayakan hari besar bersama. Namun, persiapan untuk mudik seringkali memakan waktu dan tenaga, terutama ketika kita harus melakukan packing untuk perjalanan jarak jauh. Berikut adalah sebelas tips packing mudik praktis yang akan membantu kita menghemat waktu dan memastikan perjalanan kita berjalan lancar:

1. Buat Daftar Packing:

Sebelum mulai packing, buatlah daftar barang yang perlu kita bawa. Pisahkan barang-barang ke dalam kategori seperti pakaian, perlengkapan mandi, obat-obatan, dokumen, dan lain-lain. Hal ini akan membantu kita mengatur packing dengan lebih terstruktur dan menghindari lupa membawa barang penting.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

2. Pilih Pakaian yang Serbaguna:

Pilihlah pakaian yang serbaguna dan dapat dipadukan dengan mudah. Hindari membawa terlalu banyak pakaian yang hanya akan memenuhi ruang koper tanpa memberikan nilai tambah. Pilihlah pakaian yang ringan, mudah dilipat, dan cocok untuk berbagai acara selama mudik.

3. Gulung Pakaian:

Gulung pakaian kita daripada melipatkannya. Teknik ini akan membantu kita menghemat ruang di dalam koper dan mengurangi kerutan pada pakaian. Selain itu, gulungan pakaian juga memudahkan kita dalam mencari dan mengambil pakaian yang kita butuhkan tanpa harus mengacak-acak isi koper.

4. Gunakan Tas atau Organizer:

Gunakan tas atau organizer untuk menyimpan barang-barang kecil seperti charger, earphone, kamera, dan peralatan elektronik lainnya. Hal ini akan membantu kita menjaga agar barang-barang tersebut tetap teratur dan mudah diakses saat diperlukan.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

5. Bawa Perlengkapan Mandi dalam Ukuran Travel Size:

Untuk menghemat ruang di dalam koper, bawa perlengkapan mandi dalam ukuran travel size atau kemasan kecil. Selain itu, pastikan untuk menyimpannya dalam kantong plastik ziplock agar terhindar dari tumpahan dan kebocoran.

6. Gunakan Koper dengan Sistem Pengunci:

Pilihlah koper dengan sistem pengunci atau kunci ganda untuk mengamankan barang-barang kita selama perjalanan. Hal ini akan memberikan perlindungan tambahan dan mengurangi risiko kehilangan barang saat transit atau dalam perjalanan.

7. Bawa Tas Serbaguna:

Selain koper, bawa juga tas serbaguna atau tas jinjing yang dapat menampung barang-barang penting seperti dompet, kunci, dokumen perjalanan, dan ponsel. Tas serbaguna akan memudahkan kita dalam mengakses barang-barang penting selama perjalanan.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

8. Pakai Pakaian Tebal saat Bepergian:

Jika kita membawa pakaian tebal seperti jaket atau sweater, pakailah pakaian tersebut saat bepergian untuk menghemat ruang di dalam koper. Selain itu, hal ini juga akan membantu kita menghadapi suhu yang dingin di bandara atau stasiun.

9. Gunakan Vacuum Bag:

Jika kita membawa pakaian dalam jumlah banyak, pertimbangkan untuk menggunakan vacuum bag. Vacuum bag akan membantu kita mengompresi pakaian sehingga membebaskan ruang di dalam koper. Pastikan untuk menghindari overpacking agar koper tetap ringan dan mudah dibawa.

10. Simpan Dokumen Penting dengan Aman:

Simpan dokumen penting seperti tiket, identitas, dan dokumen perjalanan lainnya di tempat yang aman dan mudah dijangkau. Gunakan dompet atau tas kecil dengan sejumlah saku yang memadai untuk menyimpan dokumen-dokumen tersebut.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

11. Tetapkan Batas Barang yang Dibawa:

Tetapkan batas barang yang akan kita bawa selama mudik dan disiplin untuk mematuhi batas tersebut. Hindari membawa barang-barang yang tidak diperlukan atau jarang digunakan agar koper tetap ringan dan mudah diatur.

Dengan menerapkan sebelas tips packing mudik praktis di atas, kita dapat menghemat waktu dan tenaga serta memastikan perjalanan mudik kita berjalan lancar. Selamat mudik dan semoga perjalanan kita menyenangkan bersama keluarga tercinta!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan