13 Jenis Makanan Khas Imlek Beserta Maknanya yang Unik

Festival Imlek merupakan perayaan yang penuh warna dan tradisi bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Salah satu aspek yang paling menarik dari perayaan Imlek adalah beragam makanan khas yang dimaknai secara simbolis. Berikut adalah 13 jenis makanan khas Imlek beserta maknanya yang unik yang menjadi bagian penting dari perayaan ini:

1. Dumpling (Jiaozi):

Dumpling melambangkan kekayaan dan kemakmuran karena bentuknya menyerupai kantong uang. Makan dumpling pada malam tahun baru juga diyakini membawa keberuntungan dalam mencari rezeki di tahun yang baru.

2. Tangyuan (Bola Ketan Manis):

Tangyuan adalah bola ketan manis yang dimakan saat Festival Lantern (Yuanxiao) yang menandai akhir Festival Imlek. Makan tangyuan melambangkan kesatuan dan kebahagiaan dalam keluarga.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

3. Nian Gao (Kue Tahun Baru):

Nian Gao adalah kue beras yang lengket dan manis, melambangkan kemajuan dan pertumbuhan dalam usaha dan kehidupan.

4. Fish (Ikan):

Ikan adalah simbol kemakmuran dan keberuntungan. Kata “ikan” dalam bahasa Tionghoa (Yu) juga memiliki arti “lebih” atau “berlebihan”, sehingga makan ikan diharapkan membawa keberuntungan berlimpah.

5. Fa Cai (Sayuran Sawi):

Fa Cai dalam bahasa Tionghoa artinya “kemakmuran datang”. Sawi atau sayuran hijau melambangkan kemakmuran dan kesejahteraan.

6. Jiaozi Kulit Ketan (Tangbao):

Jiaozi kulit ketan atau tangbao merupakan varian dumpling yang terbuat dari adonan ketan, melambangkan kekayaan dan kemakmuran berlimpah.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

7. Yusheng (Salad Yu Sheng):

Yusheng adalah salad segar yang terbuat dari berbagai bahan seperti ikan salmon, sayuran, dan bahan lainnya. Ketika disantap bersama-sama, Yusheng melambangkan keberuntungan, kekayaan, dan kemakmuran yang berlimpah.

8. Longevity Noodles (Mie Panjang Umur):

Mie panjang umur melambangkan umur panjang dan kebahagiaan. Biasanya, mie ini disajikan tanpa dipotong untuk menunjukkan umur yang panjang dan tidak terputus.

9. Mandarin Oranges (Jeruk Mandarin):

Jeruk mandarin adalah simbol keberuntungan dan kesuburan. Ketika diberikan sebagai hadiah atau diletakkan di rumah, jeruk mandarin melambangkan keberuntungan yang akan terus berbuah di tahun yang baru.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

10. Sweet Rice Balls (Tangyuan):

Tangyuan adalah bola-bola ketan manis yang dimakan pada malam Festival Lantern. Selain melambangkan kesatuan dan kebahagiaan, juga melambangkan hubungan yang erat antara anggota keluarga.

11. Peng Cai (Kuah Sayuran dan Daging):

Peng Cai adalah hidangan kuah yang terdiri dari berbagai macam sayuran, jamur, dan daging. Hidangan ini melambangkan kelimpahan dan keberuntungan dalam hidup.

12. Noodles (Mie):

Mie panjang melambangkan umur panjang dan keberuntungan dalam hidup. Ketika dimakan pada perayaan Imlek, mie juga melambangkan harapan untuk mencapai tujuan dan aspirasi dalam tahun yang baru.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

13. Spring Rolls (Lumpia):

Spring rolls adalah simbol perubahan dan kebangkitan. Ketika dimakan pada perayaan Imlek, spring rolls melambangkan harapan untuk perubahan positif dan keberhasilan di tahun yang baru.

Dengan memahami makna simbolis di balik makanan khas Imlek, kita dapat menghargai lebih dalam tradisi dan budaya yang melingkupi perayaan ini. Semoga perayaan Imlek kita dipenuhi dengan keberuntungan, kemakmuran, dan kebahagiaan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan