15 Pertanyaan yang Wajib Ditanyakan Saat Interview

Interview kerja bukan hanya tentang memberikan jawaban yang tepat, tetapi juga tentang mengajukan pertanyaan yang cerdas kepada pewawancara. Ini adalah kesempatan bagi kita untuk mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan, posisi yang ditawarkan, dan apakah itu lingkungan kerja yang sesuai untuk kita. Berikut adalah 15 pertanyaan yang sebaiknya kita pertimbangkan untuk diajukan saat wawancara kerja:

1. “Apakah Ada Tantangan Khusus yang Harus Saya Tangani dalam Posisi Ini?”

Pertanyaan ini membantu kita memahami apa yang diharapkan dari posisi tersebut dan apakah kita memiliki keterampilan yang sesuai untuk mengatasi tantangan tersebut.

2. “Bagaimana Sukses Didefinisikan dalam Peran Ini?”

Mengetahui bagaimana kesuksesan diukur dalam peran yang kita lamar akan membantu memahami harapan dan tujuan perusahaan.

3. “Bagaimana Budaya Perusahaan Ini?”

Pertanyaan ini membantu kita memahami nilai-nilai dan budaya perusahaan yang akan memengaruhi pengalaman kerja.

4. “Bagaimana Tim Kerja Terstruktur dan Berinteraksi?”

Mengetahui struktur tim dan dinamika kerja akan membantu kita memahami bagaimana kita akan berkolaborasi dengan rekan kerja.

5. “Apa Proses Onboarding untuk Posisi Ini?”

Pertanyaan ini membantu kita memahami bagaimana kita akan diperkenalkan dan disiapkan untuk posisi baru.

6. “Apa Proyek Prioritas yang Akan Saya Tangani Pertama Kali?”

Mengetahui proyek-proyek prioritas akan membantu kita memahami tanggung jawab awal dan memberikan gambaran tentang apa yang diharapkan dari kita.

7. “Bagaimana Performa Kerja Akan Dievaluasi dan Diukur?”

Mengetahui bagaimana performa kerja kita akan dievaluasi akan membantu kita menetapkan harapan dan tujuan pribadi.

8. “Apakah Ada Peluang Pengembangan Karier?”

Pertanyaan ini membantu kita memahami apakah ada kesempatan untuk pertumbuhan dan kemajuan karier dalam perusahaan.

9. “Bagaimana Keseimbangan Kerja-Hidup?”

Mengetahui kebijakan dan budaya perusahaan terkait keseimbangan kerja-hidup akan membantu kita menilai apakah perusahaan ini sesuai dengan gaya hidup kita.

10. “Apa Tantangan yang Dihadapi Tim atau Departemen Saat Ini?”

Pertanyaan ini membantu kita memahami konteks dan tantangan yang dihadapi oleh tim atau departemen yang kita akan bergabung.

11. “Bagaimana Proses Komunikasi di Antara Tim atau Departemen?”

Mengetahui bagaimana komunikasi dilakukan di antara tim atau departemen akan membantu kita mempersiapkan diri untuk bekerja dalam lingkungan yang kooperatif dan terbuka.

12. “Apakah Ada Peluang untuk Berkontribusi pada Proyek-Proyek Lintas Tim atau Departemen?”

Pertanyaan ini membantu kita memahami apakah ada peluang untuk berkolaborasi dan berkontribusi di luar ruang lingkup pekerjaan secara yang langsung.

13. “Bagaimana Rekan Kerja Mendeskripsikan Kepemimpinan dan Manajemen di Perusahaan Ini?”

Mengetahui bagaimana rekan kerja kita mendeskripsikan kepemimpinan dan manajemen akan memberikan wawasan tambahan tentang budaya perusahaan.

14. “Apakah Ada Peluang untuk Pelatihan atau Pengembangan Keterampilan?”

Pertanyaan ini membantu kita memahami apakah perusahaan memiliki komitmen untuk mendukung pengembangan profesional karyawannya.

15. “Apakah Ada Pertanyaan atau Kekhawatiran yang Saya Bisa Bantu Jawab?”

Mengajukan pertanyaan ini menunjukkan bahwa kita tertarik dan siap untuk berkontribusi, serta memberikan kesempatan bagi pewawancara untuk membagikan informasi tambahan atau menjawab kekhawatiran.

Dengan mempersiapkan pertanyaan-pertanyaan ini sebelum wawancara, kita akan dapat menunjukkan minat yang kuat dalam posisi tersebut dan memastikan bahwa itu adalah lingkungan kerja yang sesuai dengan kita. Jangan ragu untuk bertanya dan mendapatkan jawaban yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang tepat tentang karier kita kedepan. Semoga berhasil!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan