2 Metode Pasang Banner di WordPress untuk Iklan

Pengantar

Dalam dunia blogging dan pemasaran digital, memasang banner iklan di website WordPress adalah salah satu cara efektif untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Banner iklan dapat ditempatkan strategis di berbagai area situs web kita dan menarik perhatian pengunjung, sehingga meningkatkan peluang untuk mendapatkan klik dan konversi. Dalam artikel ini, kita akan membahas dua metode sederhana untuk memasang banner iklan di WordPress.

Metode 1: Menggunakan Widget

Salah satu cara paling umum untuk memasang banner iklan di WordPress adalah dengan menggunakan widget. Berikut langkah-langkahnya:

1. Persiapkan Banner Iklan

Langkah pertama adalah mempersiapkan banner iklan yang akan kita pasang. Banner ini biasanya disediakan oleh pihak pengiklan atau kita dapat membuatnya sendiri menggunakan perangkat lunak desain grafis seperti Adobe Photoshop atau Canva.

2. Upload Banner

Setelah memiliki banner iklan, kita perlu mengunggahnya ke dalam media library WordPress. Pilih opsi Media > Tambah Baru di dasbor WordPress, lalu unggah banner iklan yang sudah kita siapkan.

3. Buat Widget

Selanjutnya, kita perlu membuat widget di WordPress untuk menampilkan banner iklan. Pilih opsi Penampilan > Widget di dasbor WordPress, lalu seret dan letakkan widget teks atau gambar ke area widget yang diinginkan, misalnya sidebar atau footer.

4. Tambahkan Kode HTML

Sekarang, kita tinggal menambahkan kode HTML untuk menampilkan banner iklan di dalam widget tersebut. Salin dan tempel kode HTML banner iklan yang sudah diunggah ke dalam widget teks atau gambar.

5. Simpan Perubahan

Terakhir, jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang telah kita buat. Setelah disimpan, banner iklan akan muncul di area yang kita tentukan di situs web WordPress kita.

Metode 2: Menggunakan Plugin

Selain menggunakan widget, kita juga dapat memasang banner iklan di WordPress menggunakan plugin khusus. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pilih dan Instal Plugin

Pertama-tama, kita perlu memilih dan menginstal plugin iklan yang sesuai dengan kebutuhan kita. Ada banyak plugin iklan yang tersedia di direktori plugin WordPress, seperti Ad Inserter, Advanced Ads, atau WP Quads.

2. Konfigurasi Plugin

Setelah menginstal plugin, kita perlu mengkonfigurasi pengaturan sesuai dengan preferensi kita. Biasanya, ini melibatkan menentukan di mana banner iklan akan ditampilkan, berapa sering ditampilkan, dan format iklan lainnya.

3. Unggah Banner Iklan

Setelah mengkonfigurasi plugin, kita perlu mengunggah banner iklan ke dalam media library WordPress seperti yang dijelaskan dalam metode sebelumnya.

4. Pasang Banner

Langkah terakhir adalah memilih lokasi dan mengatur tampilan banner iklan menggunakan fitur yang disediakan oleh plugin. Pilih posisi, ukuran, dan jenis banner iklan yang ingin kita pasang, lalu simpan perubahan.

Dengan mengikuti salah satu dari dua metode di atas, kita dapat dengan mudah memasang banner iklan di situs web WordPress kita dan mulai menghasilkan pendapatan tambahan dari blog kita. Ingatlah untuk memilih metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan