4 Langkah Simpel Zip File di Windows dan macOS, Cuma 2 Menit!

Mengompres atau membuat file zip dapat menjadi langkah cerdas untuk menghemat ruang penyimpanan dan memudahkan proses pengiriman file. Baik kita menggunakan Windows atau macOS, proses zip file bisa dilakukan dengan langkah-langkah sederhana. Berikut adalah panduan praktis dalam membuat file zip di kedua sistem operasi tersebut.

Cara Zip File di Windows
  1. Pilih File yang Ingin Di-Zip
  • Klik kanan pada file atau folder yang ingin kita zip. Pilih opsi “Send to” atau “Kirim ke” dari menu drop-down.

2. Pilih Compressed (Zipped) Folder

  • Dalam menu “Send to,” kita pilih opsi “Compressed (zipped) folder.” Ini akan membuat folder baru yang berisi file atau folder yang akan kita zip.

3. Ubah Nama File Zip (Opsional)

  • Kita bisa mengganti nama folder zip sesuai keinginan dengan mengklik kanan pada folder zip yang baru dibuat dan memilih opsi “Rename” atau “Ubah Nama.”

4. Selesai!

  • File atau folder kita sekarang sudah di-zip dan siap untuk dibagikan atau disimpan. Tinggal kita seret dan lepaskan file zip tersebut sesuai kebutuhan.
Cara Zip File di macOS
  1. Pilih File atau Folder
  • Pilih file atau folder yang akan kita zip. Klik kanan pada item tersebut.

2. Pilih Compress

  • Dari menu drop-down, kita pilih opsi “Compress” atau “Kompres.” Ini akan membuat file zip baru dengan nama yang sama dengan file atau folder yang dipilih.

3. Selesai!

  • Proses zip selesai dalam sekejap. File zip baru akan muncul di folder yang sama dengan file atau folder yang kita kompres.
Tools Zip File Online

Jika kita membutuhkan solusi cepat tanpa harus menggunakan aplikasi bawaan sistem operasi, ada juga beberapa tools zip file online yang dapat mempermudah proses tersebut.

  1. OnlineZipConverter
  • OnlineZipConverter memungkinkan kita untuk mengompres file secara online tanpa perlu mengunduh atau menginstal aplikasi tambahan. Cukup unggah file atau folder kita, dan situs ini akan membuat file zip dengan cepat.

2. Zip Online

  • Zip Online adalah platform lain yang menyediakan layanan serupa. Kita dapat memilih file atau folder yang ingin di-zip, dan Zip Online akan membuat file zip dengan mudah.

3. B1 Online Archiver

  • B1 Online Archiver adalah opsi lain yang dapat kita pertimbangkan. Dengan antarmuka yang sederhana, kita dapat mengompres dan mendekompres file dengan cepat.

4. Zip2Secure

  • Zip2Secure tidak hanya memungkinkan kita untuk membuat file zip, tetapi juga memberikan opsi untuk menambahkan sandi ke file zip tersebut untuk keamanan tambahan.

Kesimpulan:

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di Windows atau macOS, kita dapat dengan cepat membuat file zip untuk memudahkan proses pengiriman dan menghemat ruang penyimpanan. Jika kita membutuhkan solusi online, beberapa tools zip file dapat memberikan kemudahan tanpa harus menginstal perangkat lunak tambahan. Dengan cara ini, kita dapat mengelola file dengan lebih efisien dalam waktu kurang dari 2 menit!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan