4 Poin yang Tidak Perlu Ditanyakan Saat Interview

Dalam proses wawancara kerja, ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari untuk dikatakan agar kesan yang kita tinggalkan tetap positif. Berikut ini My skill rangkumkan empat hal utama yang sebaiknya tidak dikatakan selama wawancara. Mari kita simak!

1. Jangan Mengeluh tentang Pekerjaan atau Atasan Sebelumnya

Selama wawancara, hindarilah untuk mengeluh tentang pengalaman kerja atau bos kita sebelumnya. Meskipun kita mungkin memiliki pengalaman yang tidak menyenangkan di tempat kerja sebelumnya, menyampaikan keluhan tersebut dapat memberikan kesan negatif kepada calon pemberi kerja. Sebaliknya, fokuslah pada hal-hal positif yang kita pelajari dari pengalaman tersebut dan bagaimana kita akan mengaplikasikannya di tempat kerja baru.

2. Jangan Menyatakan Ketidakpastian atau Keraguan yang Berlebihan

Wawancara adalah saat yang tepat untuk menunjukkan kepercayaan diri kita dalam kemampuan dan kualifikasi yang kita miliki. Hindarilah menyampaikan ketidakpastian atau keraguan yang berlebihan tentang diri atau kemampuan kita. Jika terlalu banyak menyampaikan ketidakpastian, hal itu dapat membuat calon pemberi kerja ragu-ragu tentang kemampuan dan motivasi kita untuk bekerja.

3. Jangan Memberikan Informasi yang Tidak Benar

Menyampaikan informasi yang tidak akurat atau tidak benar tentang diri kita atau pengalaman kerja dapat merugikan kita di kemudian hari. Jujurlah selama wawancara dan hindari untuk membuat klaim yang tidak dapat kita buktikan. Kejujuran merupakan nilai yang sangat dihargai dalam proses wawancara.

4. Jangan Menyatakan Ketidaksiapan untuk Belajar atau Berkembang

Pemberi kerja mencari karyawan yang memiliki semangat untuk belajar dan berkembang. Jika kita menyatakan ketidaksiapan untuk belajar, hal itu dapat membuat calon pemberi kerja meragukan motivasi dan komitmen kita terhadap pekerjaan. Sebaliknya, tunjukkan bahwa kita termotivasi untuk terus belajar dan berkembang di tempat kerja baru.

Dalam wawancara kerja, penting untuk tetap santun dan sopan, namun kita juga bisa tetap menggunakan bahasa yang alami dan tidak terlalu kaku. Dengan menghindari empat hal di atas, kita dapat meningkatkan kesempatan untuk memberikan kesan yang positif kepada calon pemberi kerja dan memperoleh pekerjaan yang kita inginkan. Ingatlah bahwa wawancara kerja adalah kesempatan bagi kita untuk memperkenalkan diri dengan baik dan menunjukkan bahwa kita adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut. Semoga berhasil

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan