4 Tips Menanggapi Pertanyaan Interview Tentang Waktu Kerja dengan Bijak

Pertanyaan tentang waktu kerja adalah hal yang wajar saat interview kerja. Bagaimanapun, rekruter ingin memastikan bahwa kita siap untuk berkomitmen dan dapat sesuai dengan jadwal kerja perusahaan. Namun, menjawab pertanyaan ini dengan tepat bisa menjadi tantangan. Berikut adalah empat tips praktis untuk menanggapi pertanyaan tentang waktu kerja dengan sikap yang santun dan tidak kaku:

1. Jelaskan Ketersediaan Kita dengan Natural

Ketika ditanya tentang waktu kerja, bicaralah dengan natural dan terbuka. Sampaikan bahwa kita siap bekerja sesuai dengan jam kerja yang ditetapkan perusahaan. Misalnya, kita bisa berkata, “Saya siap bekerja sesuai dengan jam kantor yang ditetapkan dan bersedia untuk bekerja lembur jika diperlukan.”

2. Tunjukkan Fleksibilitas

Tidak ada salahnya menunjukkan bahwa kita fleksibel dalam hal waktu kerja. Kita bisa mengatakan bahwa kita siap untuk menyesuaikan diri dengan jadwal yang berubah-ubah atau kebutuhan perusahaan. Contohnya, “Saya memiliki fleksibilitas dalam menjadwalkan kegiatan di luar jam kerja, jika diperlukan untuk menyelesaikan tugas yang mendesak.”

3. Ceritakan Pengalaman yang Relevan

Kita dapat memperkuat jawaban dengan merujuk pada pengalaman kerja sebelumnya. Ceritakan bagaimana kita telah berhasil mengelola waktu kerja dengan baik di tempat kerja sebelumnya. Misalnya, “Di tempat kerja sebelumnya, saya selalu dapat menyelesaikan tugas tepat waktu dan memberikan hasil yang memuaskan.”

4. Tekankan Komitmen terhadap Pekerjaan

Pastikan untuk menekankan komitmen kita terhadap pekerjaan dan perusahaan. Ini akan memberikan keyakinan kepada pewawancara bahwa kita siap untuk berkomitmen sepenuhnya. Contohnya, “Saya sangat berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang saya lakukan, dan siap untuk berkontribusi secara maksimal sesuai dengan waktu kerja yang telah ditetapkan.”

Contoh Jawaban:

Pertanyaan: “Bagaimana ketersediaan Anda dalam hal waktu kerja?”

Jawaban: “Saya siap bekerja sesuai dengan jam kerja yang ditetapkan oleh perusahaan, dan juga fleksibel dalam menyesuaikan diri dengan jadwal yang berubah-ubah. Di tempat kerja sebelumnya, saya selalu dapat menyelesaikan tugas tepat waktu dan memberikan hasil yang memuaskan. Saya sangat berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang saya lakukan, dan siap untuk berkontribusi secara maksimal sesuai dengan waktu kerja yang telah ditetapkan.”

Dengan menggunakan bahasa seperti diatas, kita dapat menanggapi pertanyaan tentang waktu kerja dengan baik dalam wawancara. Ingatlah untuk menunjukkan ketersediaan, fleksibilitas, pengalaman yang relevan, dan komitmen kita terhadap pekerjaan yang kita nantinya. Semoga berhasil!.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan