5 Cara Membuat Grafik di Microsoft Word

Microsoft Word adalah salah satu program pengolah kata yang sering digunakan untuk membuat dokumen teks, tetapi tidak banyak yang tahu bahwa kita juga dapat membuat grafik yang menarik dan informatif langsung di dalamnya. Dalam artikel ini, kami akan membahas 5 cara praktis untuk membuat grafik di Microsoft Word.

1. Gunakan Fitur Grafik Bawaan:

Microsoft Word dilengkapi dengan berbagai jenis grafik bawaan, termasuk grafik batang, grafik lingkaran, grafik garis, dan banyak lagi. Untuk menggunakan fitur ini, cukup pilih tab “Sisipkan” di toolbar, klik “Grafik”, lalu pilih jenis grafik yang kita inginkan. Setelah itu, kita dapat memasukkan data kita langsung ke dalam tabel Excel yang muncul, dan grafik akan dibuat secara otomatis berdasarkan data tersebut.

2. Impor Grafik dari Excel:

Jika sudah memiliki grafik yang dibuat di Excel, kita dapat dengan mudah mengimpor grafik tersebut ke dalam dokumen Word. Buka file Excel yang berisi grafik yang ingin kita gunakan, lalu salin grafiknya. Kembali ke dokumen Word kita, tempatkan kursor di lokasi di mana kita ingin menyisipkan grafik, lalu tempelkan grafik tersebut. Grafik akan disisipkan sebagai objek gambar yang dapat kita ubah ukurannya dan letakkan sesuai kebutuhan.

3. Gunakan Grafik Online:

Microsoft Word juga memungkinkan kita menyisipkan grafik yang diambil langsung dari internet. Pilih tab “Sisipkan” di toolbar, klik “Grafik Online”, dan cari grafik yang ingin kita sisipkan menggunakan fitur pencarian yang disediakan. Setelah menemukan grafik yang sesuai, klik “Sisipkan” untuk menyisipkannya ke dalam dokumen kita.

4. Gambar dengan Bentuk dan Garis:

Selain menggunakan grafik bawaan, kita juga dapat membuat grafik sederhana menggunakan bentuk dan garis. Pilih tab “Sisipkan” di toolbar, lalu klik “Bentuk” untuk memilih bentuk atau garis yang ingin kita gunakan. Tarik dan letakkan bentuk atau garis tersebut di area kerja dokumen, lalu gunakan pegangan dan kontrol yang tersedia untuk mengubah ukuran, warna, dan gaya bentuk sesuai keinginan kita.

5. Gunakan Add-In Grafik:

Jika membutuhkan lebih banyak opsi grafik yang kompleks, kita juga dapat menggunakan add-in grafik pihak ketiga yang tersedia untuk Microsoft Word. Buka Microsoft Store dari dalam Word, cari add-in grafik yang sesuai dengan kebutuhan kita , lalu instal dan gunakan add-in tersebut sesuai petunjuk yang disediakan.

Dengan menggunakan salah satu atau lebih dari cara-cara di atas, kita dapat dengan mudah membuat grafik yang menarik dan informatif langsung di dalam dokumen Word kita . Grafik-garafik ini dapat digunakan untuk memvisualisasikan data, menyampaikan informasi dengan lebih jelas, dan meningkatkan kualitas dokumen kita secara keseluruhan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan