5 Cara Menghilangkan Garis Merah di Microsoft Word dengan Cepat dan Mudah

Dalam penggunaan Microsoft Word, kita seringkali menemui garis merah di bawah kata-kata, menandakan kemungkinan kesalahan ejaan atau tata bahasa. Walaupun fitur ini berguna, terkadang garis merah bisa muncul pada kata-kata yang sebenarnya benar. Berikut adalah tutorial lengkap cara menghilangkan garis merah di Microsoft Word.

1. Cara Menghilangkan Garis Merah di Word untuk Mac dan Windows

  • Jika kita ingin melakukan pengecekan ejaan secara menyeluruh, kita dapat menekan tombol “F7” pada keyboard. Ini akan membuka jendela Spell Check and Grammar Check, dan kita dapat memilih untuk mengabaikan kesalahan yang ditandai.

2. Cara Menghilangkan Garis Merah di Dokumen yang Sedang Dikerjakan

  • Saat mengetik, jika garis merah muncul di bawah kata yang benar, kita dapat memilih kata tersebut, klik kanan, dan pilih opsi “Ignore Once” atau “Add to Dictionary” jika kata tersebut benar.

3. Cara Menghilangkan Garis Merah di Word lewat Menu Review

  • Buka tab “Review” di menu utama Word. Di sana, kita akan menemukan opsi “Spelling & Grammar” atau “Language” tergantung pada versi Word kita. Pilih opsi tersebut dan Word akan menyorot kata-kata dengan garis merah serta menawarkan saran perbaikan.

4. Cara Menghapus Garis Merah di Word 2010

  • Navigasikan ke tab “File” dan pilih “Options” untuk membuka jendela Options. Di sana, pilih “Proofing”, pastikan opsi “Check spelling as you type” dicentang, lalu klik “OK” untuk menyimpan perubahan.

5. Cara Menghapus Garis Merah di Word 2007

  • Di Word 2007, pergi ke tab “Review” dan klik “Set Language” di grup Proofing. Pastikan bahasa yang kita gunakan dipilih dengan benar. Jika tidak, atur ulang bahasa ke bahasa yang diinginkan.

Cara Mengubah Setting Bahasa Inggris ke Indonesia di Word

  • Untuk mengatasi konflik bahasa, kita bisa mengubah setting bahasa di Word. Pilih teks yang ingin diubah bahasanya, lalu pergi ke tab “Review”. Di grup Proofing, klik “Set Language” dan pilih bahasa yang diinginkan, misalnya, “Bahasa Indonesia”.

Terkadang, garis merah muncul karena konflik bahasa default yang tidak sesuai dengan dokumen. Pergi ke opsi bahasa dan pastikan setting bahasa dokumen sesuai dengan yang diinginkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat menghilangkan garis merah dengan mudah di Microsoft Word, memastikan tata bahasa dan ejaan yang benar. Perlu diingat bahwa Word mungkin memberi tanda pada kata-kata yang sebenarnya benar, jadi pemahaman konteks dalam penggunaannya juga penting. Seiring berjalannya waktu, Word akan menjadi teman yang handal dalam menghasilkan dokumen tanpa kesalahan tata bahasa dan ejaan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan