Ini Dia 5 Cara Praktis Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Dalam era kemajuan teknologi saat ini, memantau saldo BPJS Ketenagakerjaan menjadi lebih mudah dan praktis. Sebagai peserta program ini, kita memiliki berbagai opsi untuk melakukan pengecekan saldo dengan cepat dan efisien. Berikut adalah lima cara praktis untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan tahun 2022:

1. Melalui Aplikasi Mobile BPJSTK

Salah satu cara paling praktis untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah melalui aplikasi mobile resmi BPJSTK. Kita dapat mengunduh aplikasi ini dari platform aplikasi ponsel pintar kita. Setelah terinstall, kita hanya perlu login menggunakan data peserta, dan saldo kita akan terlihat dengan jelas. Aplikasi ini tidak hanya memberikan informasi saldo, tetapi juga berbagai data lain terkait kepesertaan kita.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

2. Pengecekan Melalui Website Resmi

Alternatif lainnya adalah dengan mengunjungi website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Di sini, kita dapat menggunakan layanan online untuk mengecek saldo dengan memasukkan nomor kepesertaan dan data lain yang diperlukan. Website ini dirancang untuk memudahkan kita dalam mendapatkan informasi terkait saldo dan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

3. SMS Gateway

Cara lain yang cukup praktis adalah dengan menggunakan layanan SMS. Kita dapat mengirimkan pesan singkat dengan format tertentu ke nomor yang telah disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Dalam beberapa saat, kita akan menerima balasan yang berisi informasi saldo terbaru. Pastikan kita memahami format yang benar agar proses ini berjalan lancar.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

4. ATM Bersama

Kita juga dapat menggunakan mesin ATM Bersama untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Caranya cukup mudah, masukkan kartu ATM dan PIN seperti biasa, lalu pilih menu cek saldo. Setelah itu, kita akan diminta memasukkan nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Saldo kita akan muncul di layar ATM dengan cepat.

5. Hubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan

Jika kita menghadapi kendala dalam menggunakan opsi online, kita bisa menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan. Tim layanan pelanggan akan dengan senang hati membantu kita untuk mengecek saldo dan memberikan informasi terkait. Pastikan kita memiliki data kepesertaan yang lengkap dan benar saat menghubungi Call Center.

Mau jadi Sales atau Business Development? Baca panduan lengkap Sales & Business Development berikut

Dengan lima cara praktis untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan ini, kita dapat dengan mudah memantau perkembangan kepesertaan dan memastikan bahwa kita tetap terlindungi oleh program ini. Penggunaan teknologi dan layanan daring tidak hanya memberikan kemudahan tetapi juga mendukung transparansi informasi terkait keamanan finansial kita di masa depan. Sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, memahami dan memanfaatkan berbagai cara cek saldo ini menjadi langkah proaktif dalam mengelola kepesertaan kita dengan baik.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill