5 Rekomendasi TED Talks tentang Pemberdayaan Perempuan

Pemberdayaan perempuan menjadi salah satu isu krusial dalam upaya mencapai kesetaraan gender dan memajukan masyarakat secara keseluruhan. Melalui platform TED Talks, kita dapat mengeksplorasi pandangan dan pengalaman inspiratif para pemikir global yang telah memberikan kontribusi signifikan dalam mendorong pemberdayaan perempuan. Berikut adalah 5 rekomendasi TED Talks yang dapat memberikan wawasan mendalam tentang tema ini.

1. Chimamanda Ngozi Adichie – We Should All Be Feminists

Dalam TED Talk ini, Chimamanda Ngozi Adichie, seorang penulis Nigeria yang dikenal karena karyanya yang mendalam tentang identitas perempuan, membahas urgensi untuk menerima dan mendukung konsep feminisme. Ia menjelaskan bahwa pemahaman yang lebih baik tentang feminisme akan membuka pintu bagi perubahan positif dalam cara kita memandang dan mendukung pemberdayaan perempuan. Adichie membagikan pengalaman pribadinya sebagai perempuan Afrika dan mengajak kita untuk bersama-sama memperjuangkan hak dan kesetaraan.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Sheryl Sandberg – Why We Have Too Few Women Leaders

Sheryl Sandberg, seorang eksekutif bisnis dan penulis, membahas kurangnya perempuan dalam posisi kepemimpinan dalam dunia bisnis dan organisasi. Dalam presentasinya, ia mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat kemajuan perempuan menuju posisi kepemimpinan dan memberikan saran praktis tentang bagaimana kita dapat bersama-sama mengatasi ketidaksetaraan tersebut. Sandberg mengajak kita untuk merangkul ambisi perempuan dan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan karier mereka.

3. Ziauddin Yousafzai – My Daughter, Malala

Ziauddin Yousafzai, ayah dari Malala Yousafzai, penerima Nobel Perdamaian termuda yang perjuangannya untuk pendidikan perempuan di Pakistan mendunia, memberikan pandangan ayah tentang pentingnya mendukung impian anak perempuan. Dalam TED Talk-nya, Yousafzai menceritakan perjalanan hidup Malala dan memberikan inspirasi tentang bagaimana kita dapat membantu membangun masa depan yang lebih baik untuk semua anak perempuan.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

4. Dame Stephanie Shirley – Why Do Ambitious Women Have Flat Heads?

Dame Stephanie Shirley, seorang pengusaha sukses dan filantropis, berbagi pengalamannya sebagai perempuan dalam dunia bisnis yang didominasi oleh laki-laki. Melalui TED Talk ini, Shirley memberikan wawasan tentang bagaimana kita dapat menghadapi stereotip gender dan mendukung perempuan yang memiliki ambisi besar. Ia mendorong kita untuk merayakan ambisi dan potensi setiap perempuan, tanpa terhalang oleh ekspektasi atau norma sosial yang kuno.

5. Meera Vijayann – Find Your Voice Against Gender Violence

Meera Vijayann, seorang jurnalis dan aktivis hak asasi manusia, berbicara tentang kekerasan gender dan pentingnya membantu korban untuk menemukan suara mereka. Dalam TED Talk ini, Vijayann membagikan kisah-kisah pribadi dan mengajak kita untuk membentuk masyarakat di mana kita mendengarkan dan mendukung perempuan yang menjadi korban kekerasan. Ia menyoroti urgensi untuk memberdayakan perempuan untuk berbicara dan bertindak melawan kekerasan gender.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

Melalui rekomendasi TED Talks ini, kita dapat merenungkan dan mendapatkan inspirasi untuk berpartisipasi aktif dalam mendorong pemberdayaan perempuan di segala aspek kehidupan. Pemikiran dan pengalaman yang dibagikan oleh para pembicara ini dapat menjadi panduan yang berharga dalam upaya kita untuk menciptakan dunia yang lebih adil dan setara untuk semua.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill