5 Tips Persiapan Sidang Skripsi Online agar Berjalan Lancar

Sidang skripsi online menjadi pilihan bagi banyak mahasiswa di tengah pandemi Covid-19 yang mewajibkan pembatasan sosial. Untuk memastikan sidang berjalan lancar, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Berikut adalah 5 tips persiapan sidang skripsi online agar berjalan lancar:

1. Siapkan Materi

Pastikan materi presentasi skripsi kita telah disiapkan dengan baik. Buatlah slide presentasi yang jelas dan ringkas, serta sesuaikan dengan waktu yang telah ditentukan. Persiapkan juga naskah skripsi dan catatan tambahan untuk menjawab pertanyaan dari dosen penguji.

2. Gunakan Pakaian yang Ditentukan

Meskipun sidang dilakukan secara online, tetaplah mengenakan pakaian yang sesuai dengan etika berpakaian untuk sidang skripsi. Hal ini akan membantu kita merasa lebih percaya diri dan profesional selama presentasi.

3. Atur Pencahayaan

Pastikan ruangan tempat kita melakukan sidang memiliki pencahayaan yang cukup. Hindari pencahayaan yang terlalu terang atau terlalu redup, karena hal ini dapat mengganggu kualitas video kita.

4. Pastikan Jaringan Internet dan Listrik Lancar

Sebelum sidang dimulai, pastikan jaringan internet kita stabil dan tidak bermasalah. Selain itu, pastikan juga listrik dalam kondisi baik dan tidak ada gangguan yang dapat menghentikan presentasi kita.

5. Koordinasikan dengan Orang Serumah

Beritahukan kepada orang serumah kita tentang jadwal sidang skripsi kita. Pastikan mereka tidak mengganggu selama kita sedang melakukan sidang. Jika memungkinkan, mintalah bantuan dari mereka untuk membantu memastikan semua persiapan teknis berjalan lancar.

Dengan melakukan persiapan yang matang dan memperhatikan detail-detail teknis tersebut, kita dapat meningkatkan peluang kesuksesan dalam sidang skripsi online kita. Selamat mencoba!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/

Tinggalkan Balasan