5 Topik Pembicaraan Saat Bukber, Tak Melulu Soal Pekerjaan

Buka bersama atau bukber merupakan momen yang dinanti-nanti ketika bulan Ramadan tiba. Selain menikmati hidangan lezat, bukber juga merupakan waktu yang tepat untuk bersilaturahmi dan membangun kebersamaan. Agar suasana bukber tetap menyenangkan dan tak melulu berpusat pada pembicaraan pekerjaan, berikut adalah 5 topik pembicaraan yang dapat kita angkat:

1. Pengalaman Beribadah di Bulan Ramadan

Salah satu topik yang selalu menarik untuk dibicarakan adalah pengalaman beribadah di bulan Ramadan. Kita bisa berbagi kisah tentang bagaimana kita menjalani puasa, melaksanakan shalat tarawih, atau pengalaman berbagai kegiatan keagamaan lainnya. Hal ini tidak hanya akan memberikan inspirasi, tetapi juga mempererat ikatan keagamaan di antara kita.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Kegiatan Sosial dan Kemanusiaan

Bicarakan tentang kegiatan sosial dan kemanusiaan yang telah atau sedang kita lakukan selama bulan Ramadan. Mungkin kita bisa berbagi pengalaman terlibat dalam kegiatan amal, bakti sosial, atau dukungan terhadap masyarakat kurang mampu. Ini menjadi peluang untuk saling memberi inspirasi dan mendorong kepedulian sosial di tengah-tengah kita.

3. Kuliner dan Resep Ramadan

Jangan lewatkan untuk membicarakan kuliner dan resep khas Ramadan yang pernah kita coba atau yang ingin kita coba. Kita dapat saling bertukar informasi tentang makanan favorit selama bulan puasa atau berbagi resep tradisional yang dapat dicoba bersama keluarga. Pembicaraan seputar kuliner dapat menciptakan atmosfer yang lebih santai dan menyenangkan.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

4. Hobi dan Kesenangan

Bukber juga bisa menjadi kesempatan untuk saling mengenal lebih dalam tentang hobi dan kesenangan masing-masing. Apakah kita memiliki hobi membaca, menulis, berkebun, atau seni dan kreativitas lainnya? Berbagi tentang hobi kita dapat memunculkan topik pembicaraan yang menyenangkan dan membantu kita memahami lebih banyak tentang satu sama lain.

5. Perencanaan Liburan atau Libur Lebaran

Selain membahas aktivitas di bulan Ramadan, kita juga bisa berbicara tentang rencana liburan atau libur Lebaran. Apakah kita berencana untuk pulang kampung, mengadakan perjalanan bersama keluarga, ataukah memiliki rencana liburan menarik lainnya? Ini dapat menjadi pembicaraan yang menyenangkan dan penuh anticipasi, menjauhkan kita dari topik pekerjaan yang mungkin sering mendominasi pembicaraan sehari-hari.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

Dengan mengangkat topik-topik tersebut, kita dapat menciptakan suasana bukber yang lebih bervariasi dan menarik. Hal ini tidak hanya membuat momen bukber lebih berkesan, tetapi juga memperkuat hubungan sosial dan kekeluargaan di antara kita. Bukber bukan hanya tentang makanan, tetapi juga tentang saling berbagi cerita dan menjalin ikatan yang lebih erat sebagai komunitas yang satu.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill