5 Tren Desain Grafis, Buat Desain Naik Level!

Desain grafis terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan tuntutan pasar. Pemahaman terhadap tren desain grafis yang sedang berlangsung sangat penting untuk tetap relevan dan memberikan desain yang menarik dan modern. Di tahun 2024, kita dapat melihat beberapa tren desain grafis yang muncul dan memiliki potensi untuk mengubah cara kita melihat dan menciptakan karya desain. Berikut adalah 5 tren desain grafis yang dapat membawa desain kita ke tingkat yang lebih tinggi.

1. Estetika Neomorphism

Estetika neomorphism adalah tren desain grafis yang menekankan pada tampilan yang realistis dan bertekstur. Dengan desain yang menghadirkan elemen-elemen tiga dimensi, seperti emboss, drop shadow, dan iluminasi, kita dapat menciptakan desain yang lebih hidup dan mendalam. Estetika neomorphism memberikan kesan modern dan futuristik, memungkinkan kita untuk menggabungkan antara desain minimalis dan realisme.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Gradients 3.0

Gradients atau gradien tidak lagi hanya tentang perubahan warna secara halus dari satu ke yang lain. Tren terbaru, Gradients 3.0, melibatkan penggunaan warna yang lebih kompleks dan berani. Dengan menyatukan warna-warna kontras secara cerdik, kita dapat menciptakan desain yang penuh energi dan menarik perhatian. Gradients 3.0 memberikan dimensi baru pada desain, memunculkan kesan kreatif dan modern.

3. Tipografi Berani

Tipografi tidak hanya berfungsi sebagai sarana komunikasi, tetapi juga menjadi elemen desain yang kuat. Tren tipografi berani menghadirkan font dengan karakter unik, ukuran besar, dan efek visual yang mencolok. Dengan memilih tipografi yang tepat, kita dapat meningkatkan pesan visual dalam desain, menciptakan kesan yang lebih kuat dan menarik.

4. Ilustrasi 3D

Ilustrasi 3D menjadi tren desain grafis yang semakin populer karena kemampuannya untuk memberikan dimensi ekstra pada karya desain. Dengan menggunakan ilustrasi 3D, kita dapat menciptakan gambar yang lebih realistis dan menghidupkan ide-ide kreatif. Ini memberikan kemungkinan eksplorasi yang lebih besar dalam mengomunikasikan konsep atau cerita melalui desain grafis.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

5. Interaksi Desain

Dalam era digital, interaksi desain menjadi semakin penting. Tren ini menggabungkan desain grafis dengan elemen interaktif yang meningkatkan pengalaman pengguna. Dengan mengintegrasikan animasi, hover effects, dan elemen-elemen interaktif lainnya, kita dapat menciptakan desain yang tidak hanya estetis tetapi juga berkomunikasi secara dinamis dengan audiens.

Kesimpulan

Melihat tren desain grafis 2024, kita dapat melihat evolusi konstan dalam cara kita mendekati desain. Dengan memahami dan mengadopsi tren-tren ini, kita dapat menciptakan desain yang tidak hanya memenuhi tuntutan pasar saat ini tetapi juga memberikan pandangan yang fresh dan inovatif. Estetika neomorphism, Gradients 3.0, tipografi berani, ilustrasi 3D, dan interaksi desain merupakan langkah-langkah menuju desain grafis yang lebih dinamis dan relevan di masa depan. Dengan bersinergi dengan tren ini, kita dapat mengangkat kualitas desain kita ke tingkat yang lebih tinggi, menghasilkan karya-karya yang tidak hanya menarik mata tetapi juga membangun pengalaman yang berkesan bagi pengguna.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill