6 Langkah Cuci Tangan Rekomendasi WHO, Pekerja Wajib Tahu

Cuci tangan adalah tindakan sederhana yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit, terutama di lingkungan kerja yang sering kali menjadi tempat berkumpulnya banyak orang. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan enam langkah cuci tangan yang efektif untuk membunuh kuman dan menjaga kebersihan. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

1. Basahi Tangan dengan Air Bersih: Langkah pertama dalam cuci tangan adalah membasahi tangan dengan air bersih yang mengalir. Pastikan air mengalir dari keran dalam jumlah yang cukup untuk membersihkan seluruh permukaan tangan.

2. Gunakan Sabun: Selanjutnya, gunakan sabun untuk membersihkan tangan. Pastikan kita menggunakan sabun cuci tangan yang efektif dalam mengangkat kotoran dan kuman dari kulit. Gosokkan sabun pada telapak tangan, punggung tangan, di antara jari, dan di bawah kuku.

3. Gosok Tangan Bersama-sama Selama 20 Detik: Setelah mengoleskan sabun, gosokkan tangan bersama-sama selama minimal 20 detik. Pastikan kita membersihkan setiap bagian tangan dengan baik, termasuk bagian dalam jari, sela-sela jari, dan bagian bawah kuku. Gosokkan tangan hingga sabun menghasilkan busa yang cukup.

4. Bilas dengan Air Bersih: Setelah proses pembersihan dengan sabun, bilas tangan kita dengan air bersih yang mengalir. Pastikan untuk membersihkan semua sisa sabun dari tangan kita untuk menghindari iritasi kulit.

5. Keringkan Tangan dengan Handuk Bersih atau Tisu: Keringkan tangan kita menggunakan handuk bersih yang kering atau tisu. Hindari menggunakan handuk yang sudah digunakan oleh orang lain, karena hal ini dapat menyebabkan penyebaran kuman. Pastikan tangan kita benar-benar kering, karena kelembaban dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman.

6. Gunakan Hand Sanitizer (Opsional): Jika air bersih dan sabun tidak tersedia, gunakan hand sanitizer berbasis alkohol dengan setidaknya 60% alkohol. Oleskan hand sanitizer secukupnya pada telapak tangan dan gosokkan hingga kering. Namun, penggunaan hand sanitizer tidak boleh menggantikan cuci tangan dengan air dan sabun, terutama dalam kondisi tangan yang sangat kotor.

Bahan Pembersih untuk Cuci Tangan: Bahan pembersih yang paling efektif untuk cuci tangan adalah sabun cuci tangan yang mengandung bahan antibakteri. Pastikan sabun yang digunakan mengandung bahan aktif seperti triklosan atau alkohol untuk membunuh kuman dan menjaga kebersihan. Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan air bersih yang mengalir, karena air yang tergenang atau terkontaminasi dapat menyebabkan penyebaran kuman lebih lanjut.

Pekerja di semua bidang dan sektor wajib mengetahui dan mengikuti langkah-langkah cuci tangan yang direkomendasikan oleh WHO ini. Dengan melaksanakan cuci tangan dengan benar dan teratur, pekerja dapat melindungi diri mereka sendiri dan orang lain dari penyakit menular serta menjaga kesehatan lingkungan kerja secara keseluruhan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/

Tinggalkan Balasan