7 Metode Cara Install WordPress untuk Pemula yang Perlu Kita Ketahui

WordPress telah menjadi platform yang sangat populer untuk membangun dan mengelola situs web, baik itu untuk blog pribadi, portofolio profesional, atau situs bisnis. Bagi para pemula yang baru memasuki dunia pengembangan web, proses instalasi WordPress mungkin terlihat menakutkan. Namun, sebenarnya ada beberapa metode yang dapat kita gunakan untuk menginstal WordPress dengan mudah. Berikut adalah 7 metode yang perlu kita ketahui:

1. Instalasi Manual melalui WordPress.org

Metode pertama adalah dengan mengunduh paket instalasi WordPress dari situs resmi WordPress.org dan melakukan instalasi secara manual melalui panel kontrol hosting kita. Ini adalah metode yang membutuhkan sedikit pengetahuan teknis, tetapi memberikan kita kendali penuh atas proses instalasi.

2. Instalasi Automatis melalui Panel Kontrol Hosting

Banyak penyedia hosting menawarkan fitur instalasi WordPress otomatis melalui panel kontrol hosting mereka. Kita hanya perlu masuk ke panel kontrol, pilih opsi instalasi WordPress, dan ikuti panduan yang diberikan. Ini adalah salah satu cara termudah untuk menginstal WordPress, terutama bagi pemula.

3. Instalasi dengan Softaculous

Softaculous adalah alat instalasi otomatis yang disediakan oleh beberapa penyedia hosting. Dengan Softaculous, kita dapat menginstal WordPress hanya dengan beberapa klik. Cukup buka Softaculous dari panel kontrol hosting, cari WordPress, lalu ikuti langkah-langkah instalasi yang disediakan.

4. Instalasi melalui Fantastico

Fantastico adalah alat instalasi serupa dengan Softaculous yang juga disediakan oleh beberapa penyedia hosting. Langkah-langkahnya mirip dengan menggunakan Softaculous, di mana kita cukup mencari WordPress dan mengikuti proses instalasi yang diberikan.

5. Instalasi dengan Script Auto Installer

Beberapa penyedia hosting menyediakan script auto installer khusus yang dapat digunakan untuk menginstal WordPress dengan cepat dan mudah. Cukup pilih opsi WordPress dari menu installer, masukkan detail yang diperlukan, dan proses instalasi akan selesai dalam hitungan detik.

6. Instalasi melalui SSH

Bagi yang lebih mahir dengan penggunaan terminal dan SSH, kita juga dapat menginstal WordPress melalui konsol SSH. Prosesnya melibatkan mengunduh paket WordPress, mengekstraknya, dan mengatur database melalui baris perintah.

7. Instalasi menggunakan Localhost

Terakhir, untuk pengembangan dan uji coba situs web secara lokal, kita dapat menginstal WordPress di komputer kita sendiri menggunakan perangkat lunak seperti XAMPP, MAMP, atau WAMP. Ini memungkinkan kita untuk belajar dan bereksperimen dengan WordPress tanpa perlu koneksi internet.

Dengan memahami berbagai metode instalasi WordPress yang tersedia, kita dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kenyamanan kita. Apapun metode yang kita pilih, langkah-langkah instalasi WordPress biasanya cukup jelas dan mudah diikuti, bahkan bagi para pemula sekalipun.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan