7 Pertanyaan Interview Barista dan Jawaban yang Efektif

Barista merupakan profesi yang membutuhkan keterampilan khusus dalam meracik dan menyajikan minuman kopi serta interaksi yang baik dengan pelanggan. Saat menghadapi sesi wawancara untuk posisi barista, kita akan diuji untuk mengetahui kemampuan kita dalam menghadapi tantangan sehari-hari di kedai kopi. Berikut My Skill rangkum beberapa pertanyaan umum dalam wawancara barista beserta jawabannya.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. Pertanyaan: Apakah Anda memiliki pengalaman sebelumnya dalam industri kopi?
Tujuannya: Mengetahui seberapa familier kita dengan dunia per-kopian dan sejauh mana pengalaman kita dalam industri kopi.
Jawaban efektifi: “Ya, saya memiliki pengalaman kerja selama dua tahun di industri kopi. Saya telah belajar banyak tentang penyeduhan kopi, berbagai jenis biji kopi, dan cara memberikan layanan yang baik kepada pelanggan.”

2. Pertanyaan: Bagaimana cara Anda menangani pelanggan yang tidak puas dengan pesanan mereka?
Tujuannya: Melihat bagaimana kita menghadapi situasi sulit dengan pelanggan dan kemampuan kita untuk menyelesaikannya dengan baik.
Jawaban efektif: “Ketika ada pelanggan yang tidak puas dengan pesanannya, saya selalu mendengarkan keluhannya dengan baik dan berusaha menawarkan solusi yang bisa memuaskan mereka. Misalnya, dengan mengganti pesanan mereka atau memberikan diskon untuk kunjungan berikutnya.”

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

3. Pertanyaan: Bagaimana Anda mengelola waktu saat kedai sedang ramai?
Tujuannya: Melihat kemampuan kita dalam mengelola tekanan dan menyelesaikan tugas dengan efisien ketika situasi menjadi sibuk.
Jawaban efektif: “Saat situasi sedang ramai, saya akan tetap tenang dan fokus. Saya akan memprioritaskan pesanan berdasarkan waktu pemesanan dan melakukan yang terbaik untuk menyajikan minuman dengan cepat tanpa mengorbankan kualitas.”

4. Pertanyaan: Apa minuman kopi favorit Anda untuk disajikan?
Tujuannya: Melihat preferensi pribadi kita dalam meracik minuman kopi dan seberapa baik kita memahami minuman kopi.
Jawaban efektif: “Saya sangat menyukai espresso karena memberikan kesempatan untuk menunjukkan kreativitas saya dalam meracik minuman. Selain itu, saya juga menikmati menyajikan cappuccino karena proses penyeduhan dan penyajian susunya yang menarik.”

5. Pertanyaan: Bagaimana Anda bekerja sama dengan rekan kerja untuk meningkatkan pengalaman pelanggan? Tujuannya: Melihat kemampuan kita dalam bekerja sebagai tim dan berkontribusi pada atmosfer positif di kedai kopi. Jawaban yang Tidak Terlalu Santai: “Saya senang berkolaborasi dengan rekan kerja untuk memastikan setiap pelanggan mendapatkan pengalaman yang memuaskan di kedai kopi kami. Kami saling berbagi tips dan strategi untuk meningkatkan layanan dan menjaga lingkungan kerja yang menyenangkan.”

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

6. Pertanyaan: Bagaimana Anda menjaga kebersihan di tempat kerja?
Tujuannya: Mengetahui kesadaran kita akan pentingnya kebersihan dan keamanan di tempat kerja.
Jawaban efektif: “Saya selalu memperhatikan kebersihan dan keamanan di tempat kerja. Saya rutin membersihkan peralatan dan area kerja serta mematuhi protokol sanitasi yang ditetapkan untuk memastikan lingkungan kerja yang bersih dan aman bagi staf dan pelanggan.”

7. Pertanyaan: Bagaimana Anda menghadapi situasi ketika stok bahan baku kopi menipis?
Tujuannya: Melihat kemampuan kita dalam mengatasi tantangan operasional sehari-hari, seperti manajemen persediaan.
Jawaban efektif: “Saya akan segera berkomunikasi dengan manajemen atau pemasok untuk memastikan pasokan kopi yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan. Sementara menunggu, saya akan mengatur stok dengan bijaksana dan mencari solusi jangka panjang untuk mengatasi masalah ini.”

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Dengan semangat dan dedikasi, perjalanan kita sebagai seorang barista akan menjadi petualangan yang menarik dan penuh prestasi. Terimalah setiap tantangan dengan tekad dan kepercayaan diri, dan nikmatilah setiap momen di dunia kopi yang penuh dengan keajaiban dan kesempatan. Semoga sukses!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan