7 Rekomendasi Buku UX Writing untuk Menjadi UX Writer

UX Writing adalah seni menulis untuk pengalaman pengguna yang bertujuan untuk membuat interaksi antara pengguna dan produk menjadi lebih lancar, efisien, dan efektif. Bagi yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang UX Writing, berikut adalah tujuh buku yang sangat direkomendasikan untuk membantu kita menjadi seorang UX Writer yang handal.

1. Writing is Designing: Words and the User Experience oleh Michael J. Metts dan Andy Welfle

Buku ini membahas peran penting dari UX Writing dalam desain produk digital. Metts dan Welfle memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana kata-kata dapat memengaruhi pengalaman pengguna dan bagaimana UX Writers dapat bekerja sama dengan desainer untuk menciptakan pengalaman pengguna yang luar biasa.

2. Conversational Design oleh Erika Hall

Buku ini membahas tentang bagaimana desain percakapan dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam interaksi dengan produk digital. Hall menjelaskan prinsip-prinsip desain percakapan dan bagaimana UX Writers dapat menggunakan kata-kata dengan tepat untuk menciptakan dialog yang efektif.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

3. Microcopy: The Complete Guide oleh Kinneret Yifrah

Buku ini adalah panduan lengkap tentang Microcopy, yaitu kata-kata kecil yang digunakan dalam desain produk digital untuk membimbing pengguna dalam melakukan tindakan tertentu. Yifrah menjelaskan prinsip-prinsip dasar Microcopy dan memberikan contoh-contoh praktis untuk diimplementasikan.

4. Content Design oleh Sarah Richards

Buku ini membahas tentang bagaimana konten dapat dirancang untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik. Richards menjelaskan konsep-konsep dasar Content Design dan memberikan strategi untuk menciptakan konten yang lebih efektif dan relevan bagi pengguna.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

5. Designing Interface Animation oleh Val Head

Buku ini membahas tentang bagaimana animasi dapat digunakan dalam desain antarmuka untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Head menjelaskan prinsip-prinsip dasar animasi antarmuka dan memberikan panduan praktis untuk mengimplementasikannya dalam desain produk digital.

6. Don’t Make Me Think oleh Steve Krug

Buku klasik ini membahas tentang prinsip-prinsip desain web yang intuitif dan mudah dipahami oleh pengguna. Krug menjelaskan bagaimana desain yang sederhana dan jelas dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan mengurangi kebingungan.

7. Design for How People Think oleh John Whalen

Buku ini membahas tentang bagaimana desain produk digital dapat disesuaikan dengan cara berpikir manusia. Whalen menjelaskan prinsip-prinsip psikologi kognitif yang dapat membantu UX Writers memahami pola pikir pengguna dan menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

Kesimpulan

Buku-buku di atas adalah sumber daya yang sangat berharga bagi mereka yang tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang UX Writing. Dengan membaca dan memahami konsep-konsep yang terdapat dalam buku-buku tersebut, kita dapat meningkatkan keterampilan UX Writing kita dan menjadi seorang UX Writer yang sukses.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan