7 Tips Menulis Email Permohonan Magang yang Harus Kita Perhatikan

Magang dapat menjadi pintu gerbang bagi para profesional muda untuk mendapatkan pengalaman kerja dan membangun jaringan di industri tertentu. Salah satu langkah awal yang penting adalah menulis email permohonan magang yang efektif. Berikut adalah tujuh tips penting untuk memperhatikan agar email kita mencapai tujuannya.

1. Tips Menulis Email Permohonan Magang yang Benar:

  • Jelaskan Motivasi: Mulailah email dengan menjelaskan motivasi kita untuk mengikuti magang di perusahaan tersebut. Tunjukkan pengetahuan kita tentang perusahaan dan bagaimana magang tersebut sesuai dengan tujuan karier kita.
  • Tentukan Durasi Magang: Sertakan informasi tentang durasi yang diinginkan untuk magang. Hal ini membantu perekrut dalam perencanaan dan memberikan gambaran bahwa kita telah mempertimbangkan aspek praktis.

2. Tips agar Permohonan Magang Dibaca Perekrut:

  • Judul Email yang Menarik: Gunakan judul email yang menarik dan langsung to the point. Hindari judul yang terlalu umum dan buatlah perekrut penasaran untuk membuka email kita.
  • Tata Bahasa yang Baik: Pastikan tata bahasa dan ejaan dalam email kita benar. Hindari kesalahan yang dapat mengurangi kesan profesional.

3. Cara Membuat Email Permohonan Magang:

  • Pendek dan Padat: Buat email kita singkat dan padat. Perekrut mungkin memiliki banyak email untuk dibaca, jadi menyajikan informasi dengan jelas dan tanpa membuang-buang kata-kata.
  • Sertakan Lampiran CV: Sertakan CV kita sebagai lampiran. Ini memudahkan perekrut untuk mengakses informasi lebih rinci tentang kualifikasi dan pengalaman kita.

4. Contoh Email Permohonan Magang:

Subject: Permohonan Magang di [Nama Perusahaan] – [Nama Kita]

Dear [Nama Perekrut],

Saya [Nama Kita], mahasiswa/i [Nama Program Studi] di [Nama Perguruan Tinggi]. Saya menemukan informasi mengenai program magang di [Nama Perusahaan] dan sangat tertarik untuk berkontribusi di lingkungan yang dinamis ini.

Saya memiliki minat khusus dalam [Bidang Spesifik] dan percaya bahwa pengalaman magang di perusahaan Anda akan memberikan wawasan berharga untuk pengembangan karier saya. Sebagai mahasiswa/i yang berkomitmen dan bersemangat, saya yakin dapat membawa kontribusi positif bagi tim Anda.

Saya melampirkan CV saya untuk referensi lebih lanjut. Saya sangat berharap dapat diberikan kesempatan untuk berdiskusi lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat berkontribusi di [Nama Perusahaan].

Terima kasih atas perhatian Anda, dan saya menantikan kesempatan untuk bergabung dengan tim di [Nama Perusahaan].

Hormat kami,
[Nama Kita]
[Nomor Telepon]
[Alamat Email]

Dengan mengikuti tips di atas dan menyusun email dengan cermat, kita dapat meningkatkan peluang mendapatkan magang di perusahaan yang diinginkan. Semoga email kita diterima dengan baik oleh pihak perusahaan dan membawa kita satu langkah lebih dekat menuju pengalaman magang yang berharga.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan