7C dalam Komunikasi: Arti dan Penerapannya

Komunikasi yang efektif adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik, baik itu dalam konteks profesional maupun pribadi. Salah satu konsep yang membantu memastikan komunikasi yang efektif adalah konsep 7C, yang mencakup clarity (kejelasan), conciseness (kesingkatan), concreteness (kejelasan), correctness (kebenaran), coherence (kohesi), completeness (kelengkapan), dan courtesy (kesopanan). Dalam artikel ini, kita akan membahas arti dari masing-masing C dalam komunikasi dan bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Clarity (Kejelasan): Kejelasan adalah kemampuan untuk menyampaikan pesan secara jelas dan mudah dipahami oleh penerima. Untuk mencapai kejelasan, hindari penggunaan bahasa yang ambigu atau rumit, dan pastikan informasi yang disampaikan tidak membingungkan.
  2. Conciseness (Kesingkatan): Kesingkatan mengacu pada kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan efisien dan tanpa menggambarkan informasi yang tidak perlu. Hindari pengulangan informasi dan pilih kata-kata yang tepat untuk menyampaikan pesan secara singkat dan jelas.
  3. Concreteness (Kejelasan): Kejelasan adalah kemampuan untuk menyampaikan pesan secara spesifik dan berdasarkan fakta yang konkret. Gunakan contoh dan bukti yang jelas untuk mendukung argumen kita, dan hindari penggunaan generalisasi yang tidak jelas.
  4. Correctness (Kebenaran): Kebenaran adalah kemampuan untuk menyampaikan pesan tanpa kesalahan atau informasi yang keliru. Pastikan informasi yang kita sampaikan akurat dan dapat dipercaya, dan hindari menyebarkan informasi yang tidak terbukti.
  5. Coherence (Kohesi): Kohesi adalah kemampuan untuk menyampaikan pesan secara teratur dan logis, sehingga mudah dipahami oleh penerima. Gunakan struktur yang jelas dalam menyusun pesan kita, dan pastikan informasi disusun dengan urutan yang masuk akal.
  6. Completeness (Kelengkapan): Kelengkapan adalah kemampuan untuk menyampaikan semua informasi yang diperlukan dalam pesan. Pastikan tidak ada informasi penting yang terlewat, dan sertakan semua detail yang diperlukan untuk memastikan pemahaman yang lengkap.
  7. Courtesy (Kesopanan): Kesopanan adalah kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan hormat dan sopan kepada penerima. Gunakan kata-kata yang sopan dan menghargai, dan hindari penggunaan bahasa yang kasar atau merendahkan.

Penerapan konsep 7C dalam komunikasi dapat membantu memastikan pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh penerima. Dengan memperhatikan kejelasan, kesingkatan, kejelasan, kebenaran, kohesi, kelengkapan, dan kesopanan dalam komunikasi kita dapat meningkatkan efektivitas komunikasi kita dan membangun hubungan yang lebih baik dengan orang lain.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/

Tinggalkan Balasan