8 Gejala Demam Berdarah yang Perlu Kamu Ketahui

1. Apa Itu Demam Berdarah?

Demam berdarah, juga dikenal sebagai demam dengue, adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Penyakit ini dapat memengaruhi siapa pun, tetapi lebih umum terjadi di daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia. Demam berdarah dapat berkembang menjadi kondisi yang serius, terutama jika tidak ditangani dengan cepat.

2. Gejala Demam Berdarah

Berikut adalah delapan gejala demam berdarah yang perlu kamu ketahui:

– Demam Tinggi: Demam yang tiba-tiba dan tinggi merupakan salah satu gejala utama demam berdarah. Suhu tubuh yang tinggi dapat mencapai 40 derajat Celsius atau lebih.

– Nyeri Sendi dan Otot: Penderita demam berdarah sering mengalami nyeri sendi dan otot yang parah, yang dapat membuat gerakan menjadi sulit dan menyakitkan.

– Ruam Kulit: Beberapa orang dengan demam berdarah mengalami ruam kulit yang disebut ruam petechiae, yang terdiri dari bercak kecil merah atau ungu di kulit.

– Nyeri Perut: Nyeri perut yang parah dapat terjadi, seringkali disertai dengan mual dan muntah.

– Sakit Kepala Berat: Sakit kepala berat dan terus-menerus juga merupakan gejala umum demam berdarah.

– Perdarahan: Perdarahan ringan, seperti mimisan, gusi berdarah, atau bintik-bintik merah di kulit, dapat terjadi pada beberapa kasus demam berdarah.

– Kelelahan yang Ekstrem: Penderita demam berdarah sering merasa sangat lelah dan lemah, bahkan setelah istirahat yang cukup.

– Gangguan pada Organ: Demam berdarah dapat menyebabkan gangguan pada organ-organ tubuh, seperti hati, ginjal, atau sistem pernapasan.

3. Kapan Harus ke Dokter?

Jika kamu atau seseorang yang kamu kenal mengalami gejala demam berdarah, sangat penting untuk segera mencari bantuan medis. Ada beberapa tanda bahaya yang perlu diperhatikan dan merupakan alasan untuk segera pergi ke dokter, antara lain:

  • Munculnya tanda-tanda dehidrasi, seperti mulut kering, haus yang berlebihan, atau urin yang sangat sedikit.
  • Perdarahan yang tidak berhenti, seperti mimisan yang parah, gusi berdarah yang tidak henti, atau perdarahan di dalam tubuh.
  • Nyeri perut yang sangat parah atau muntah yang tidak henti.
  • Kesulitan bernapas atau rasa sesak yang parah.
  • Kesulitan untuk bangun atau tetap sadar.
  • Kulit yang dingin dan lembab, tanda syok.

Penting untuk diingat bahwa demam berdarah dapat berkembang menjadi kondisi yang serius dan bahkan mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat. Jika kamu mencurigai adanya gejala demam berdarah pada diri sendiri atau orang lain, segera cari bantuan medis untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/

Tinggalkan Balasan