8 Hal yang Perlu Ditanyakan di Hari Pertama Kerja

Hari pertama kerja adalah momen yang menentukan dalam memulai perjalanan di lingkungan baru. Untuk memastikan kita mendapatkan pemahaman yang baik tentang pekerjaan dan lingkungan kerja, penting untuk aktif bertanya. Berikut adalah 8 hal yang perlu ditanyakan di hari pertama kerja untuk membantu kita mengintegrasikan diri dan memahami lebih baik lingkungan kerja baru.

1. Sejarah dan Budaya Perusahaan

Tanyakan tentang sejarah dan budaya perusahaan untuk memahami nilai-nilai inti dan tujuan organisasi. Mengetahui sejarah perusahaan membantu kita meresapi esensi dari tempat kita bekerja, sementara pemahaman budaya perusahaan membimbing kita dalam berinteraksi dengan rekan kerja.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Struktur Organisasi

Pahami struktur organisasi perusahaan, termasuk bagaimana departemen berinteraksi satu sama lain. Mengetahui siapa atasan kita dan bagaimana komunikasi dan tanggung jawab diatur akan membantu kita beradaptasi dengan lebih cepat.

3. Tanggung Jawab Pekerjaan

Pastikan kita memiliki pemahaman yang jelas tentang tanggung jawab pekerjaan kita. Tanyakan mengenai tugas dan proyek yang akan kita tangani serta harapan yang dimiliki terhadap kontribusi kita.

4. Prosedur dan Kebijakan Perusahaan

Kenali prosedur dan kebijakan perusahaan terkait absensi, cuti, dan aspek-aspek lainnya. Pemahaman ini akan membantu kita beroperasi sesuai dengan aturan perusahaan dan menghindari potensi masalah di masa depan.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

5. Harapan terhadap Kinerja

Tanyakan mengenai harapan terhadap kinerja dan evaluasi kinerja. Memiliki pemahaman yang jelas tentang kriteria keberhasilan akan membantu kita mengarahkan upaya kita menuju pencapaian tujuan perusahaan.

6. Peluang Pengembangan Karir

Bicarakan mengenai peluang pengembangan karir di perusahaan. Mengetahui bagaimana kita dapat mengembangkan keterampilan dan kemampuan kita di masa depan akan membantu merencanakan langkah-langkah untuk pertumbuhan karir.

7. Sumber Daya dan Dukungan

Tanyakan mengenai sumber daya dan dukungan yang tersedia di tempat kerja. Mengetahui di mana kita dapat mencari bantuan, baik dalam hal teknis maupun emosional, dapat membantu kita merasa lebih nyaman dan didukung di lingkungan kerja baru.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

8. Harapan Terhadap Budaya Kerja

Penting untuk mendapatkan pemahaman tentang budaya kerja di perusahaan. Tanyakan mengenai kolaborasi, komunikasi, dan nilai-nilai yang dihargai dalam tim. Ini membantu kita berintegrasi ke dalam tim dengan lebih lancar.

Kesimpulan

Di hari pertama kerja, kita memiliki kesempatan emas untuk mendapatkan pemahaman yang kuat tentang lingkungan kerja baru kita. Dengan aktif bertanya mengenai sejarah, budaya, struktur organisasi, tanggung jawab pekerjaan, prosedur perusahaan, harapan terhadap kinerja, peluang pengembangan karir, sumber daya, dan budaya kerja, kita dapat membangun dasar yang kuat untuk sukses di perusahaan baru. Memahami konteks tempat kerja baru kita membantu kita menjadi lebih efektif dan terlibat dalam lingkungan kerja, serta menciptakan peluang untuk pengembangan karir yang berkelanjutan. Dengan menanyakan pertanyaan yang tepat, kita membuka pintu untuk beradaptasi dengan lebih baik dan menjalani perjalanan kerja yang sukses di perusahaan baru kita.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan