9 Persyaratan Lamaran Kerja yang Paling Sering Diminta

Dalam menjalani proses seleksi pekerjaan, kita perlu memastikan bahwa lamaran kerja kita mencerminkan profesionalisme dan keseriusan. Terdapat sembilan persyaratan yang sering diminta oleh perusahaan saat menerima lamaran kerja. Mari kita bahas bersama untuk memastikan kita memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan.

1. Curriculum Vitae (CV) yang Terupdate

CV adalah gambaran singkat tentang pengalaman, pendidikan, dan keterampilan kita. Pastikan CV kita terupdate dan relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Lampirkan informasi terbaru mengenai pekerjaan sebelumnya, pendidikan, dan pelatihan yang pernah diikuti.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Surat Lamaran Kerja yang Bersih dan Rapi

Surat lamaran kerja adalah alat untuk memperkenalkan diri kita kepada perusahaan. Pastikan surat lamaran kita ditulis dengan jelas, singkat, dan bebas dari kesalahan tata bahasa. Gunakan bahasa yang sopan dan profesional untuk menciptakan kesan yang baik.

3. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai

Perusahaan biasanya meminta salinan ijazah dan transkrip nilai sebagai bukti pendidikan kita. Pastikan kita melampirkan fotokopi yang jelas dan sah untuk semua tingkat pendidikan yang kita miliki.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

4. Sertifikat Pelatihan dan Kursus yang Relevan

Sertifikat pelatihan dan kursus dapat menambah nilai lamaran kita. Lampirkan sertifikat-sertifikat tersebut, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilamar. Ini akan menunjukkan keseriusan kita dalam pengembangan keterampilan.

5. Portofolio Pekerjaan (jika diperlukan)

Bagi mereka yang bekerja di bidang kreatif atau memiliki proyek-proyek yang dapat dipamerkan, menyertakan portofolio pekerjaan sangat penting. Pastikan portofolio tersebut relevan dengan posisi yang kita incar.

6. Daftar Referensi yang Valid

Perusahaan mungkin meminta daftar referensi untuk memverifikasi rekam jejak kita. Berikan daftar referensi yang valid, seperti rekan kerja atau atasan sebelumnya yang dapat memberikan testimonial positif.

Mau lancar Bahasa Inggris? Baca panduan lengkap bahasa Inggris, TOEFL, IETLS & Beasiswa ini.

7. Surat Keterangan Sehat dari Dokter

Dalam beberapa kasus, perusahaan meminta surat keterangan sehat dari dokter. Pastikan kita melakukan pemeriksaan kesehatan dan mendapatkan surat keterangan yang sesuai dengan standar yang diminta.

8. Kartu Identitas dan NPWP

Beberapa perusahaan juga meminta fotokopi kartu identitas (KTP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Pastikan kita menyertakan salinan yang jelas dan sah dari kedua dokumen ini.

9. Pas Foto Terbaru

Pas foto merupakan bagian penting dari lamaran kerja. Pilih pas foto terbaru yang bersih dan profesional. Pastikan kita tampil rapi dan memberikan kesan positif.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Dengan memastikan kita memenuhi kesembilan persyaratan ini, kita dapat meningkatkan peluang diterima di perusahaan yang kita lamar. Persiapkan setiap dokumen dengan teliti dan pastikan semuanya sesuai dengan permintaan perusahaan. Semoga dengan demikian, kita dapat berhasil meraih peluang karir yang diinginkan. Sukses selalu dalam perjalanan karir kita!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan