Apa itu Propagasi DNS dan Cara Ceknya

Propagasi DNS adalah proses penyebaran informasi tentang domain di seluruh internet. Ketika sebuah domain baru dibuat atau perubahan dilakukan pada rekaman DNS (Domain Name System), informasi tersebut perlu diupdate di server DNS di seluruh dunia agar domain dapat diakses secara konsisten oleh pengguna di berbagai lokasi. Mari kita jelaskan lebih lanjut tentang arti propagasi DNS dan bagaimana cara melakukan pengecekan propagasi DNS.

Apa itu Propagasi DNS?

Propagasi DNS adalah proses distribusi informasi DNS di seluruh internet. Ketika kita membuat atau mengubah konfigurasi DNS untuk sebuah domain, seperti menambahkan atau mengubah rekaman A, CNAME, MX, atau NS, perubahan tersebut harus disebarkan ke semua server DNS di seluruh dunia agar domain dapat diakses oleh pengguna secara konsisten.

Bagaimana Propagasi DNS Bekerja?

Ketika kita membuat atau mengubah rekaman DNS di penyedia layanan hosting atau registrar domain, informasi tersebut diteruskan ke server DNS yang bertanggung jawab untuk domain tersebut. Setiap server DNS kemudian memperbarui informasi rekaman DNS yang disimpan di dalamnya. Proses ini memakan waktu dan dapat memerlukan waktu hingga 48 jam untuk sepenuhnya disebarluaskan ke semua server DNS di seluruh dunia. Selama periode ini, pengguna mungkin akan mengalami hasil yang berbeda tergantung dari server DNS mana yang mereka akses.

Cara Cek Propagasi DNS

Ada beberapa cara untuk memeriksa propagasi DNS:

  1. Menggunakan Situs Web Propagasi DNS: Ada situs web yang menyediakan alat untuk memeriksa status propagasi DNS. Kita cukup memasukkan nama domain dan alat ini akan menampilkan informasi tentang rekaman DNS yang telah tersebar di seluruh dunia.
  2. Melalui Command Prompt (Windows) atau Terminal (Mac/Linux): Kita dapat menggunakan perintah nslookup atau dig untuk memeriksa rekaman DNS dari berbagai server DNS di seluruh dunia. Misalnya, kita dapat menjalankan perintah berikut di Command Prompt atau Terminal:
   nslookup domain.com
  1. Melalui Situs Web Proxy: Menggunakan layanan proxy web yang berlokasi di berbagai negara untuk memeriksa apakah perubahan DNS sudah terpropagasi di seluruh dunia. Ini dapat memberikan gambaran tentang bagaimana akses ke domain terjadi dari berbagai lokasi.

Kesimpulan

Propagasi DNS adalah proses penting dalam pengelolaan domain yang memungkinkan informasi DNS disebarluaskan di seluruh internet. Meskipun dapat memakan waktu hingga 48 jam untuk propagasi DNS sepenuhnya, kita dapat menggunakan alat dan teknik yang tersedia untuk memeriksa status propagasi dan memastikan domain dapat diakses secara konsisten oleh pengguna di seluruh dunia.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan