Apa Itu Second Level Domain? [Bonus Contoh & Tips Membuat]

Apa yang Dimaksud dengan Second Level Domain?

Second Level Domain (SLD) adalah bagian dari sebuah alamat domain yang terletak di depan top-level domain (TLD). Secara umum, SLD merupakan bagian dari domain yang paling mudah diingat dan menentukan identitas unik sebuah situs web.

Mengapa Second Level Domain Penting?

  1. Membangun Kesan Pertama:
    SLD adalah elemen pertama yang dilihat oleh pengunjung saat mereka mengunjungi situs web kita. Sebuah SLD yang menarik dan mudah diingat dapat memberikan kesan yang kuat kepada pengunjung pertama kali.
  2. Meningkatkan Branding Website:
    SLD dapat digunakan untuk mencerminkan merek atau identitas bisnis kita secara keseluruhan. Dengan memilih SLD yang relevan dan mudah diingat, kita dapat meningkatkan branding dan meningkatkan kesadaran merek.
  3. Sebagai Pedoman untuk Email Bisnis:
    SLD juga digunakan dalam alamat email bisnis. Memiliki SLD yang konsisten dengan nama bisnis kita akan membuat alamat email terlihat lebih profesional dan dapat dipercaya.
  4. Mendongkrak Performa SEO:
    SLD juga berperan penting dalam optimasi mesin pencari (SEO). Dengan memilih SLD yang mengandung kata kunci yang relevan dengan bisnis atau topik situs web kita, kita dapat meningkatkan kemungkinan situs web kita muncul dalam hasil pencarian.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Contoh Second Level Domain

  1. Niagahoster.co.id
    SLD “Niagahoster” adalah nama merek dari penyedia hosting yang terkenal di Indonesia. Dengan memilih SLD yang sama dengan merek, Niagahoster dapat meningkatkan kesadaran merek mereka.
  2. Paketpernikahan.co.id
    SLD “Paketpernikahan” menunjukkan bahwa situs web ini berkaitan dengan layanan paket pernikahan. Dengan SLD yang jelas dan deskriptif, situs web ini dapat menarik calon pelanggan yang mencari layanan pernikahan.
  3. Therichjogjahotel.com
    SLD “Therichjogjahotel” adalah nama dari sebuah hotel di Yogyakarta. Dengan memasukkan nama hotel dan lokasi dalam SLD, situs web ini dapat menarik calon tamu yang mencari akomodasi di Yogyakarta.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Tips Menentukan Second Level Domain

  1. Gunakan Brand Anda atau Kata Kunci Tertentu:
    Memilih SLD yang mencerminkan merek atau kata kunci utama dari situs web kita akan membantu meningkatkan kesadaran merek dan relevansi pencarian.
  2. Hindari Menggunakan Angka, Singkatan, dan Tanda Hubung:
    SLD yang terlalu rumit atau sulit diucapkan dapat sulit diingat oleh pengunjung. Hindari penggunaan angka, singkatan yang tidak jelas, atau tanda hubung yang berlebihan.
  3. Daftarkan SLD untuk Durasi yang Panjang:
    Pastikan untuk mendaftarkan SLD kita untuk jangka waktu yang panjang agar tidak kehilangan hak kepemilikan atas nama domain tersebut.

Tertarik jadi Graphic Designer? Baca panduan lengkap Graphic Design di sini.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas dan memilih SLD yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan situs web kita, kita dapat menciptakan identitas online yang kuat dan menarik bagi pengunjung. Yuk, tentukan SLD yang tepat untuk situs web kita sekarang!

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan