Apa Saja yang Diperiksa saat Medical Check Up untuk Kerja? Pelajari di Sini!

Pemeriksaan kesehatan atau medical check up menjadi salah satu tahapan penting dalam proses penerimaan kerja di banyak perusahaan. Medical check up ini bertujuan untuk memastikan bahwa kita sebagai calon karyawan memiliki kondisi kesehatan yang memadai untuk menjalankan tugas-tugas pekerjaan dengan baik. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi apa saja yang diperiksa saat menjalani medical check up untuk kerja.

1. Tujuan Medical Check Up untuk Kerja

Medical check up untuk kerja memiliki beberapa tujuan utama, di antaranya adalah:

  • Menjamin Kesehatan dan Keamanan Karyawan: Perusahaan ingin memastikan bahwa kita tidak memiliki kondisi kesehatan yang dapat membahayakan diri sendiri atau orang lain di lingkungan kerja.
  • Mencegah Penyebaran Penyakit: Melalui pemeriksaan kesehatan, perusahaan berusaha mencegah penyebaran penyakit menular di lingkungan kerja.
  • Menjamin Produktivitas Kerja: Dengan memastikan kesehatan karyawan, perusahaan dapat mengurangi risiko absensi akibat penyakit dan memastikan ketersediaan tenaga kerja yang produktif.

2. Jenis-Jenis Medical Check Up

Ada beberapa jenis pemeriksaan yang dapat dilakukan dalam medical check up untuk kerja, tergantung pada kebijakan perusahaan dan persyaratan pekerjaan. Beberapa jenis pemeriksaan yang umum dilakukan meliputi:

  • Riwayat Medis: Pemeriksa akan menanyakan riwayat kesehatan kita, termasuk riwayat penyakit, operasi, atau kondisi kesehatan lainnya yang pernah kita alami.
  • Pemeriksaan Fisik: Pemeriksaan fisik meliputi pengukuran tinggi, berat badan, tekanan darah, dan pemeriksaan umum lainnya untuk menilai kondisi kesehatan secara keseluruhan.
  • Tes Laboratorium: Tes darah dan urin biasanya dilakukan untuk memeriksa kadar gula darah, kolesterol, fungsi hati dan ginjal, serta adanya infeksi atau penyakit lainnya.
  • Tes Kesehatan Mental: Beberapa perusahaan juga melaksanakan tes kesehatan mental untuk menilai kesehatan jiwa calon karyawan.

3. Apa Saja yang Diperiksa Saat Medical Check Up?

Dalam medical check up untuk kerja, beberapa hal yang umumnya diperiksa meliputi:

  • Kesehatan Umum: Seperti tekanan darah, denyut nadi, dan berat badan.
  • Kondisi Fisik: Termasuk pengukuran tinggi, berat badan, dan pemeriksaan sistem tubuh seperti jantung, paru-paru, dan pencernaan.
  • Kesehatan Mental: Tes psikologis atau wawancara mungkin dilakukan untuk menilai kesehatan mental dan kemampuan adaptasi calon karyawan.
  • Riwayat Kesehatan: Meliputi riwayat penyakit, riwayat operasi, atau konsumsi obat-obatan tertentu.

Dengan memahami proses dan apa saja yang diperiksa saat medical check up untuk kerja, kita dapat mempersiapkan diri dengan baik dan memastikan bahwa kita dalam kondisi kesehatan yang optimal untuk memulai karier kita. Ini merupakan langkah penting untuk menjadi karyawan yang produktif dan berkontribusi secara maksimal di lingkungan kerja.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan