Apa Sih CV Fungsional? Yuk Kenali Lebih Lanjut!

Dalam dunia profesional yang kompetitif, memiliki Curriculum Vitae (CV) yang efektif sangat penting untuk menarik perhatian perusahaan dan membedakan diri kita dari pelamar lainnya. Salah satu jenis CV yang sering digunakan adalah CV fungsional. Mari kita eksplorasi bersama apa itu CV fungsional, bagaimana cara menulisnya, dan beberapa contoh serta template yang bisa kita terapkan.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

1. Apa Itu CV Fungsional?

CV fungsional adalah jenis CV yang difokuskan pada keahlian dan pengalaman kerja kita, bukan urutan kronologisnya. Desain ini memungkinkan kita menonjolkan keterampilan dan pencapaian utama kita tanpa terpaku pada waktu atau urutan pekerjaan. CV fungsional sering digunakan oleh mereka yang ingin beralih karir atau memiliki perjalanan kerja yang tidak linear.

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

2. Cara Menulis CV Fungsional

  • Profil Singkat di Awal:
    Mulailah CV fungsional dengan profil singkat yang menyajikan gambaran umum tentang diri kita, keahlian utama, dan tujuan karir kita.
  • Keterampilan dan Keahlian Utama:
    Segera setelah profil, cantumkan bagian keterampilan dan keahlian utama kita. Pisahkan menjadi kategori seperti “Keterampilan Teknis” dan “Keterampilan Lunak” untuk memberikan kejelasan.
  • Ringkas pada Pengalaman Kerja:
    Jelaskan pengalaman kerja kita secara singkat di bawah sektion “Pengalaman Kerja.” Fokus pada hasil yang dicapai dan penerapan keterampilan yang relevan.
  • Pendidikan:
    Cantumkan bagian pendidikan setelah pengalaman kerja. Sebutkan gelar, institusi, dan tahun lulus, tetapi tidak perlu terlalu mendetail jika pengalaman kerja lebih relevan.
  • Prestasi dan Proyek:
    Sertakan bagian prestasi atau proyek khusus yang dapat menunjukkan kontribusi signifikan kita. Ini bisa mencakup pencapaian dalam proyek, penghargaan, atau kontribusi pada komunitas.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

3. Contoh dan Template CV Fungsional

Berikut contoh struktur untuk CV fungsional:

**Profil Singkat:**
Seorang profesional pemasaran dengan pengalaman lebih dari 5 tahun dalam strategi digital dan branding. Memiliki keahlian dalam kampanye online yang berhasil dan meningkatkan visibilitas merek.

**Keterampilan Utama:**
- Manajemen Kampanye Digital
- Analisis Data dan Statistik
- Strategi Pemasaran Konten

**Pengalaman Kerja:**
**Spesialis Pemasaran Digital | ABC Corp | 2018-2022**
- Mengelola kampanye iklan online yang meningkatkan konversi sebesar 30%.
- Menganalisis data pengguna untuk meningkatkan targeting iklan.

**Pendidikan:**
Gelar Sarjana Pemasaran | Universitas XYZ | 2018

**Prestasi:**
- Penghargaan Inovasi Pemasaran Terbaik 2021.
- Pendiri Kampanye Sosial #GreenEarth.

Gunakan template ini sebagai panduan dasar dan sesuaikan dengan kebutuhan dan pengalaman kita sendiri.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Dengan CV fungsional, kita dapat menonjolkan keahlian dan pencapaian utama kita secara lebih efektif. Dengan pendekatan ini, kita dapat menarik perhatian perekrut dan memberikan gambaran yang komprehensif tentang nilai yang bisa kita bawa ke perusahaan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan