Apakah Karyawan Probation Mendapatkan BPJS? Ketahui di Sini!

Ketika kita berada dalam masa percobaan di suatu perusahaan, pertanyaan mengenai hak-hak karyawan, termasuk BPJS, mungkin muncul. BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan adalah program asuransi sosial yang dirancang untuk melindungi kesejahteraan karyawan. Namun, apakah karyawan probation memenuhi syarat untuk mendapatkan manfaat dari BPJS?

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

1. BPJS Kesehatan

a. Masa Percobaan dan Kelayakan

Dalam konteks BPJS Kesehatan, karyawan probation sebenarnya juga memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan kesehatan. Meskipun masih dalam masa percobaan, kita tetap memiliki hak untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Hal ini sesuai dengan undang-undang yang mengakui hak setiap pekerja untuk memiliki akses penuh terhadap layanan kesehatan.

b. Kewajiban Pendaftaran

Pada dasarnya, kita diwajibkan untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan selama bekerja di suatu perusahaan, termasuk masa probation. Kewajiban ini mencakup perlindungan terhadap risiko kesehatan dan penyakit, yang dapat membantu kita mendapatkan akses perawatan medis yang diperlukan.

Mau jadi HRD? Simak panduan lengkap Human Resource Development di sini.

c. Kontribusi dari Gaji

Kita juga perlu membayar iuran BPJS Kesehatan, yang biasanya merupakan persentase tertentu dari gaji. Kontribusi ini merupakan bagian dari tanggung jawab kita sebagai peserta untuk memastikan kelangsungan program ini.

2. BPJS Ketenagakerjaan

a. Hak dan Kewajiban

Selama masa probation, kita juga memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan. Program ini mencakup jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, dan jaminan pensiun. Hak ini mencerminkan komitmen pemerintah untuk melindungi hak-hak karyawan dalam konteks ketenagakerjaan.

b. Kewajiban Pendaftaran

Sebagaimana BPJS Kesehatan, kita diwajibkan untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan selama bekerja di suatu perusahaan, termasuk masa probation. Kewajiban ini adalah bagian dari perlindungan sosial yang diberikan kepada setiap pekerja di Indonesia.

Tertarik Jadi Software engineering? Baca panduan lengkap Software Engineering di sini.

c. Manfaat Jangka Panjang

Meskipun mungkin terjadi pemutusan hubungan kerja selama masa probation, karyawan tetap dapat memanfaatkan BPJS Ketenagakerjaan untuk jaminan hari tua dan pensiun di masa mendatang. Oleh karena itu, partisipasi dalam program ini dapat dianggap sebagai investasi jangka panjang untuk keamanan finansial kita.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, karyawan probation memang berhak mendapatkan manfaat dari BPJS, baik BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan. Hak ini mencakup perlindungan kesehatan dan ketenagakerjaan, serta memberikan kepastian dalam situasi yang mungkin terjadi selama masa kerja. Meskipun dalam periode percobaan, kita tetap diakui sebagai bagian dari anggota pekerja yang berhak mendapatkan manfaat dari program-program BPJS yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Mau jadi Product Manager? Baca panduan lengkap Product Manager berikut.

Dengan memahami hak-hak ini, kita dapat lebih yakin dan terlindungi selama masa kerja, terlepas dari status karyawan probation atau karyawan tetap. Ini merupakan langkah positif dalam memastikan kesejahteraan dan keamanan bagi kita sebagai bagian dari tenaga kerja di Indonesia.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill

Tinggalkan Balasan