Bolehkah Perpanjangan Masa Percobaan Dilakukan?

Perpanjangan masa percobaan karyawan menjadi suatu pertimbangan yang penting dalam dunia perusahaan. Masa percobaan memberikan kesempatan bagi kedua belah pihak, baik perusahaan maupun karyawan, untuk mengevaluasi apakah hubungan kerja ini sesuai dengan harapan dan kebutuhan masing-masing. Namun, apakah kita boleh melakukan perpanjangan masa percobaan terhadap karyawan?

Mau jadi Digital Marketer? Baca panduan lengkap Digital Marketing berikut.

Pengertian Masa Percobaan

Sebelum membahas perpanjangan masa percobaan, penting untuk memahami apa itu masa percobaan. Masa percobaan adalah periode awal setelah seorang karyawan baru bergabung dengan perusahaan. Selama masa ini, karyawan diberikan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja, tugas-tugas pekerjaan, serta budaya perusahaan. Di sisi lain, perusahaan juga memiliki waktu untuk menilai kinerja dan kesesuaian karyawan dengan posisi yang diemban.

Kewenangan Perusahaan

Perusahaan memiliki kewenangan untuk menentukan kebijakan masa percobaan, termasuk kemungkinan perpanjangan masa percobaan. Kewenangan ini biasanya diatur dalam peraturan perusahaan dan bisa berbeda-beda antara satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Namun, perlu diperhatikan bahwa kebijakan perpanjangan masa percobaan harus selaras dengan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku di negara tersebut.

Tertarik jadi Data Analyst? Baca panduan lengkap Data Analysis ini.

Alasan Perpanjangan Masa Percobaan

Terdapat beberapa alasan yang dapat mendasari perusahaan untuk melakukan perpanjangan masa percobaan terhadap karyawan. Beberapa di antaranya melibatkan evaluasi kinerja, adaptasi terhadap perubahan tugas atau tanggung jawab, serta penilaian kesesuaian karyawan dengan budaya perusahaan. Perpanjangan masa percobaan tidak selalu terkait dengan kinerja yang kurang baik; dalam banyak kasus, ini hanyalah sebagai langkah lebih lanjut untuk memastikan kecocokan jangka panjang.

Mau jago Microsoft Excel? Simak panduan lengkap Excel di sini.

Keterbatasan dan Kewajiban

Meskipun perusahaan memiliki kewenangan untuk memutuskan perpanjangan masa percobaan, hal ini juga dibatasi oleh beberapa kewajiban. Peraturan ketenagakerjaan biasanya mengatur batas maksimal masa percobaan yang dapat diterapkan. Selain itu, perusahaan wajib memberikan pemberitahuan kepada karyawan sebelum masa percobaan berakhir, memberikan kesempatan bagi karyawan untuk menyampaikan pendapat atau pertimbangan mengenai perpanjangan tersebut.

Proses Keterlibatan Karyawan

Dalam konteks perpanjangan masa percobaan, keterlibatan karyawan dalam proses pengambilan keputusan sangat penting. Perusahaan sebaiknya membuka dialog terbuka dan jelas dengan karyawan mengenai alasan perpanjangan, harapan, dan bagaimana kedepannya. Keterlibatan karyawan dalam proses ini dapat membantu menciptakan lingkungan kerja yang transparan dan membangun kepercayaan.

Mau jadi UI-UX Designer? Cek panduan lengkap UI-UX Design berikut.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, perpanjangan masa percobaan karyawan dapat dilakukan oleh perusahaan sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan, selama hal tersebut sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku. Alasan perpanjangan masa percobaan haruslah beralasan dan harus melibatkan keterlibatan karyawan dalam proses pengambilan keputusan. Penting untuk menjaga keseimbangan antara kebutuhan perusahaan untuk mengevaluasi kinerja dan kesesuaian karyawan dengan hak-hak yang dimiliki karyawan. Dengan demikian, perpanjangan masa percobaan dapat menjadi langkah yang konstruktif dalam membangun hubungan kerja yang baik antara perusahaan dan karyawan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di MySkill