Bagaimana Cara Membuat Survei Melalui SurveyMonkey? Ketahui di Sini

Survei merupakan alat yang efektif untuk mengumpulkan data dan pendapat dari berbagai responden. SurveyMonkey, sebagai platform survei online terkemuka, menyediakan alat yang mudah digunakan untuk membuat survei sesuai kebutuhan. Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara membuat survei menggunakan SurveyMonkey.

1. Membuat Akun SurveyMonkey

Langkah pertama adalah membuat akun di platform SurveyMonkey. Kunjungi situs web mereka dan pilih opsi “Sign Up.” Isi informasi yang diperlukan dan buat akun dengan email dan kata sandi yang aman.

2. Pilih Jenis Survei yang Sesuai

Setelah berhasil masuk, pilih opsi “Create Survey” di dashboard. SurveyMonkey menawarkan berbagai jenis survei, termasuk survei kepuasan pelanggan, survei pasar, atau formulir pendaftaran acara. Pilih jenis survei yang sesuai dengan tujuan.

3. Desain Pertanyaan dan Jawaban

Setelah memilih jenis survei, kita akan dibawa ke halaman desain survei. Tambahkan pertanyaan sesuai kebutuhan kita. SurveyMonkey menyediakan berbagai jenis pertanyaan, termasuk pilihan ganda, isian singkat, atau skala likert. Pastikan pertanyaan dirancang dengan jelas dan mudah dipahami oleh responden.

4. Atur Tampilan Survei

Customize tampilan survei agar sesuai dengan identitas merek atau tema tertentu. SurveyMonkey memungkinkan kita mengubah warna, mengunggah logo, dan menyesuaikan elemen tata letak untuk menciptakan survei yang menarik dan profesional.

5. Tentukan Pengaturan Survei

Pilih pengaturan survei yang sesuai dengan kebutuhan. Kita dapat mengatur apakah survei bersifat anonim, mengaktifkan atau menonaktifkan navigasi balik, atau menetapkan waktu mulai dan berakhirnya survei. Pengaturan ini membantu mengontrol proses pengumpulan data sesuai dengan keinginan kita.

6. Tentukan Sasaran dan Bagikan Survei

Sebelum meluncurkan survei, tentukan sasaran responden. SurveyMonkey menyediakan opsi untuk mengirim survei melalui email, tautan yang dapat dibagikan, atau bahkan menyematkannya di situs web. Pastikan untuk menyesuaikan pengaturan privasi sesuai dengan preferensi kita.

7. Analisis Hasil Survei

Setelah survei berakhir, kita dapat langsung menganalisis hasilnya melalui dashboard SurveyMonkey. Lihat tanggapan dalam bentuk grafik dan laporan yang mudah dipahami. Analisis ini membantu kita memahami data dengan lebih baik dan mengambil keputusan berdasarkan temuan survei.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat membuat survei yang efektif dan mengumpulkan data dengan mudah melalui platform SurveyMonkey. Pastikan untuk selalu memeriksa dan mengoptimalkan survei kita agar mencapai tujuan yang diinginkan.

Mari terus belajar dan kembangkan skill diĀ https://myskill.id/.

Tinggalkan Balasan