Ingin Mengembangkan Bisnis Kamu? Terapkan 8 Trik Facebook Marketing Ini!

Memulai bisnis baru dan membangunnya dari nol merupakan sebuah tantangan besar bagi para pebisnis pemula. Banyak sekali aspek yang perlu kamu siapkan dengan matang. Menggunakan teknik digital marketing bisa menjadi solusi. Bagi yang belum tahu tentang digital marketing, istilah ini adalah suatu usaha untuk mempromosikan suatu produk menggunakan teknologi digital dan internet. Salah satu bentuk digital marketing ini adalah Facebook marketing.

Dewasa ini, teknologi digital seperti media sosial menjadi sangat populer. Daftar media sosial yang paling terkenal diantaranya adalah Youtube, Whatsapp, Instagram, Facebook, dan Twitter. Kelimanya masuk ke dalam daftar teratas. Apabila kita bisa memaknai hal itu sebagai sebuah peluang, tentu akan sangat menguntungkan.

Semua upaya pemasaran yang dilakukan melalui Facebook untuk tujuan promosi brand tertentu atau istilahnya ialah Facebook marketing, memerlukan strategi tertentu. Tidak bisa begitu saja kamu lakukan tanpa adanya perencanaan. Oleh karena itu, kami akan merangkum beberapa trik Facebook marketing yang bisa kamu lakukan guna mengembangkan bisnismu. Yuk, kita simak bersama-sama!

1. Lakukan Trik Facebook Marketing dengan Maksimalkan Profil Facebook 

Memaksimalkan profil Facebook merupakan tips Facebook marketing yang paling mendasar
Tidak kami sarankan untuk menjelaskan terlalu banyak

Lengkapi bagian-bagian penting yang terletak pada halaman profil bisnis kamu. Dengan begitu, orang akan semakin yakin mengenai bisnismu dan eksistensinya akan bertumbuh. Lalu, apa saja sihyang perlu kamu maksimalkan? Pertama, atur foto profilmu menggunakan logo resmi perusahaan atau bisa juga memasang foto produk. Jangan lupa ya, sahabat MySkill, perhatikan pula apa yang kamu pasang sebagai foto cover.

Selain itu, jelaskan secara singkat dan padat tentang produk dari perusahaan kamu, seperti fakta-fakta menarik tentang produk kamu, kelebihannya, dan apa yang membedakannya dengan produk pesaing.

2. Produksi Konten yang Memiliki Daya Tarik Besar

Atur kontenmu agar topiknya fresh dan menarik
Cobalah berbagai jenis konten baru

Membuat konten yang menarik rasa-rasanya sudah menjadi sebuah kewajiban. Kenapa seperti itu? Alasannya adalah konten sendiri berfungsi sebagai penghubung antara pemilik usaha dan juga audiens. Oleh karena itu, kamu perlu memutar otak untuk menentukan konten seperti apa yang akan kamu tampilkan pada halaman Facebook.

Usahakan tidak hanya menggunakan teks semata, namun juga menambahkan foto atau video. Asumsinya, audiens akan mengalami penyegaran yang bersifat visual. Tambahan pula, kamu bisa menghadirkan inovasi seperti membuat konten tutorial memakai produkmu, misalkan saja produknya berupa cairan pembersih noda baju, kamu bisa mencontohkan bagaimana prosesnya dan memperlihatkan hasilnya. 

3. Sebarluaskan Informasi yang Bermanfaat pada Timeline

Tips Facebook marketing ini sangat penting agar audiensmu mendapat konten yang bermanfaat untuk mereka
Seimbang dalam membagikan konten

Kelola apa yang akan kamu bagikan, sudah barang tentu kamu mesti menyebarkan informasi terkait produk jualanmu, akan tetapi lebih baik lagi apabila diselingi dengan postingan bermanfaat lain, seperti mengarahkan audiens untuk mengunjungi situs web tertentu, selagi itu tidak terlalu sering kamu lakukan dan memang benar-benar menarik, sah-sah saja bila kamu mengunggahnya.

4. Perhatikan Waktu Posting Konten

Waktu yang tepat juga sangat penting agar kontenmu mendapat lebih banyak like dan share
Jangan upload saat weekend!

Baca juga: Digital Marketing Specialist, Profesi Serba Bisa yang Banyak Dicari Perusahaan!

Ternyata ada waktu-waktu tertentu yang tepat untuk mengunggah konten agar mendatangkan banyak likes dan comments. Sebenarnya sudah banyak riset yang para pelaku bisnis lakukan guna mengetahui kapan, sih, waktu yang tepat untuk update postingan mengenai bisnis mereka karena ini masuk ke dalam salah satu trik Facebook marketing.

Waktu ideal bagi masing-masing bisnis itu berbeda-beda. Semuanya tergantung dari target audiens dan bagaimana kamu mengamatinya. Secara keseluruhan akan bagus mengupload setiap hari kerja pada rentang waktu 10.00 sampai 15.00. Jadi, hindari posting pada pagi hari dan malam hari.

5. Harus Membangun Komunikasi dengan Audiens

Menjad ramah dan bersahabat dengan audiens juga salah satu tips Facebook marketing yang penting
Pastikan berkomunikasi dengan baik

Komunikasi dua arah sangat penting kamu lakukan karena tujuan utama menggunakan media sosial dalam berbisnis adalah menjalin komunikasi dengan target pasar. Contohnya sesederhana membalas komentar mereka yang mungkin penasaran dengan produk kamu. Jika kamu melakukan itu secara rutin, bisa meningkatkan Facebook engagement

6. Tentukan dan Pahami Target Pasar Kamu dalam Trik Facebook Marketing

Pahami dengan baik followers kamu agar kamu tahu pasti apa konten yang mereka suka
Ketepatan dalam menentukan target pasar akan berpengaruh pada bisnis

Bahkan sebelum menetapkan strategi pemasaran digital yang cocok, kamu mesti menentukan target pasarmu dan kemudian perlahan mulai memahaminya. Misalnya ketika kamu menyasar calon pembeli dari kalangan anak muda karena kamu menilainya cocok dengan produk perusahaan, maka bisa menggunakan bahasa yang lebih santai dan memasang harga yang terjangkau. Hal tersebut juga memiliki pengaruh besar akan produksi konten.

7. Membuat Facebook Ads

Membuat Facebook ads juga menjadi andalan promosi perusahaan-perusahaan
Yuk, manfaatkan fitur ini!

Fitur Facebook ada bermacam-macam, salah satu yang paling terkenal adalah Facebook ads. Fitur andalan Facebook ini ialah layanan iklan berbayar yang biasa pelaku usaha atau pihak-pihak lain gunakan untuk tujuan mempromosikan sesuatu lewat Facebook. Kemudian, ada fitur Facebook Adverts Manager berupa halaman yang isinya gerakan iklan Facebook ads. Karena itu, kamu bisa melihat dan memantau terkait kinerja iklan tersebut. 

8. Pantau Performance Facebook Page pada Trik Facebook Marketing

Facebook analytics dapat membantumu memonitor dan memberi saran tentang konten yang disukai followersmu
Pantau terus konten yang kamu buat

Facebook Analytics merupakan tool yang bisa memberimu informasi mengenai konten seperti apa yang menjadi kesukaan konsumen dan apa yang mereka inginkan kedepannya. Semua itu dapat kamu pantau pada dashboard. Oleh karenanya, kamu bisa menjalankan strategi pemasaran digital dengan lancar. 

Nah, sahabat MySkill, itu tadi adalah beberapa trik Facebook marketing yang bisa kamu terapkan dalam bisnismu. Apabila kamu masih belum terlalu paham, kamu bisa mengikuti salah satu kelas di MySkill.id, nih. 

Pada website Myskill, terdapat kelas yang membahas perihal Facebook ads. Layanan ini sudah kami jelaskan sebelumnya memiliki dampak yang besar untuk facebook marketing. Dalam modul yang akan kamu dapatkan nanti, kamu akan belajar mengenai konsep dasar Facebook ads, ragam tujuan kampanye, dan yang tidak kalah penting adalah cara menggunakan Facebook ads untuk pemula. Jadi, buruan ikutan, yuk! Banyak banget, nih, manfaatnya.

Buat kamu yang ingin meningkatkan kualitas skill dan CV untuk menunjang karir, yuk join Myskill.id! Di sini, kami menyediakan berbagai pelatihan upskilling via e-learning dan bootcamp yang bisa kamu ikuti dengan berbagai praktisi dan cara yang menyenangkan.

Editor: Theodora Beatrice Suryateja