Agenda Setting: Arti, Asumsi Dasar, Jenis, dan Faktor Penentu

Agenda setting adalah proses di mana media massa memilih topik atau isu yang akan diberitakan, sehingga membentuk persepsi publik tentang isu-isu yang penting atau layak dibicarakan. Dalam konteks ini, agenda setting menciptakan agenda publik yang mempengaruhi pemikiran dan perhatian masyarakat terhadap berbagai isu.

Arti Agenda Setting
Agenda setting merupakan proses di mana media massa, seperti televisi, surat kabar, dan media online, memilih isu-isu tertentu untuk diberitakan, sehingga mengarahkan perhatian masyarakat pada isu-isu tersebut. Dengan kata lain, agenda setting mempengaruhi apa yang dipikirkan oleh masyarakat sebagai isu-isu yang penting dan layak dibicarakan.

Asumsi Dasar Agenda Setting

  1. Media sebagai Agenda Setter: Asumsi dasar agenda setting adalah bahwa media massa memiliki kekuatan untuk menetapkan agenda publik dengan memilih isu-isu yang akan diberitakan.
  2. Pengaruh Media terhadap Persepsi Publik: Asumsi ini mengatakan bahwa agenda yang ditetapkan oleh media massa akan mempengaruhi persepsi dan prioritas masyarakat terhadap isu-isu yang dibicarakan.
  3. Kontrol Informasi: Asumsi ini menyatakan bahwa media massa memiliki kontrol atas informasi yang disampaikan kepada masyarakat, sehingga memiliki kekuatan untuk membentuk opini dan pandangan masyarakat.

Jenis-Jenis Agenda Setting

  1. Agenda Setting Primer: Jenis agenda setting ini terjadi ketika media massa memilih isu-isu yang akan diberitakan, sehingga isu-isu tersebut menjadi perhatian utama masyarakat.
  2. Agenda Setting Sekunder: Jenis agenda setting ini terjadi ketika media massa memberikan penekanan yang lebih besar pada suatu isu dibandingkan dengan isu lainnya, sehingga isu tersebut dianggap lebih penting oleh masyarakat.
  3. Agenda Setting Tersier: Jenis agenda setting ini terjadi ketika media massa memberikan interpretasi atau penjelasan tambahan terhadap isu-isu yang sedang dibicarakan, sehingga mempengaruhi cara masyarakat memahami isu tersebut.

Faktor Penentu Agenda Setting

  1. Keberagaman Media: Media massa yang beragam, seperti televisi, surat kabar, dan media online, memiliki pengaruh yang lebih besar dalam menentukan agenda publik.
  2. Agenda Politik: Faktor politik, seperti kebijakan pemerintah atau kampanye politik, dapat mempengaruhi agenda setting dengan membuat isu-isu tertentu menjadi perhatian utama.
  3. Kepentingan Bisnis: Faktor ekonomi, seperti kepentingan bisnis media massa atau sponsor, juga dapat mempengaruhi agenda setting dengan menentukan isu-isu yang akan diberitakan.
  4. Respons Masyarakat: Tanggapan dan reaksi masyarakat terhadap berita atau isu tertentu juga dapat mempengaruhi agenda setting dengan membuat media massa memberikan liputan yang lebih besar terhadap isu tersebut.

Dengan demikian, agenda setting merupakan proses penting dalam pembentukan opini dan pandangan masyarakat terhadap berbagai isu yang terjadi di sekitar mereka. Dengan memahami aspek-aspek agenda setting, kita dapat lebih kritis dalam mengonsumsi berita dan informasi yang disampaikan oleh media massa.

Mari terus belajar dan kembangkan skill di https://myskill.id/

Tinggalkan Balasan