5 Alasan Mengapa Content Marketing Penting untuk Bisnis Menurut Forbes!

2 min read

Alasan content marketing penting

Menurut Forbes, majalah bisnis asal Amerika, content marketing merupakan teknik pemasaran dengan menggunakan berbagai media yang relevan dan konsisten untuk menarik dan mendapatkan pelanggan guna mendapatkan keuntungan. Bagi seorang pengusaha, content marketing sangatlah penting untuk meningkatkan bisnis, loh! Teknik pemasaran tersebut juga membawa manfaat yang besar bagi kelangsungan bisnis kamu!

Akan tetapi, tidak semua pengusaha memahami hal tersebut. Sebagian dari mereka menganggap bahwa content marketing merupakan tindakan yang sia-sia. Mereka berpendapat bahwasanya hanya dengan memasang iklan, segala kebutuhan pemasaran sudah terselesaikan. Nah, buat kamu yang masih ragu-ragu apakah content marketing itu penting atau tidak, mending kamu baca artikel ini dengan saksama, deh!

1. Menumbuhkan Rasa Percaya dari Pelanggan

Alasan content marketing penting https://www.pexels.com/photo/928199/
Rasa percaya dari pelanggan sangat penting

Alasan pertama yang menjadikan content marketing sangat penting untuk bisnis adalah dapat menumbuhkan rasa percaya dari pelanggan. Saat kamu menyajikan konten-konten berkualitas kepada konsumen, mereka juga tidak segan-segan untuk menaruh rasa percaya kepada produkmu!

Melalu pemasaran konten, kamu juga dapat menjawab segala pertanyaan dari konsumen. Hal tersebut dapat mempererat koneksi antara kamu dan pelangganmu, loh!

2. Membuat Konsumen Tetap Setia

Alasan content marketing penting https://www.pexels.com/photo/7621140/
Kesetiaan pelanggan selalu menjadi nomor satu

Buatlah konten yang berkuallitas dan konsisten. Dengannya, reputasi produkmu secara bertahap akan terus meningkat. Hal tersebut juga dapat membuat konsumenmu semakin loyal dan setia kepadamu.

Selain itu, setiap manusia tentu saja sangat menyukai hal-hal yang estetis dan penuh dengan keindahan, kan! Nah, melalui konten berkualitas yang telah kamu buat, secara tidak langsung kamu telah memanjakan hasrat akan keindahan dari para pelanggan. Konten dan produkmu akan menjadi candu bagi konsumen. Mereka akan terus kembali kepadamu saat membutuhkan. Manteb banget gak, sih?

3. Menguasai Pasar

Menguasai pasar untuk mendapatkan keuntungan berlimpah

Dengan content marketing, kamu juga dapat menguasai pasar, loh! Hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, konten-konten yang telah kamu buat akan membuka peluang yang sangat besar untuk unjuk gigi ke khalayak ramai.

Jika artikel, infografik, video, atau apapun jenis konten yang kamu buat dapat menjawab segala permasalahan yang pelanggan alami, tentu saja kamu akan mendapatkan atensi yang besar dari para pelanggan. Kamu gak bisa menyepelekan atensi yang besar, loh! Dengannya, kamu dapat menguasai pasar dan mengarahkan tren pembelian untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Baca juga: 5 Contoh Kampanye Media Sosial yang Bisa Kamu Coba!

4. Meningkatkan Kinerja SEO

Alasan content marketing penting https://www.pexels.com/photo/7119258/
SEO menjadi salah satu jalan

Content marketing memiliki kaitan yang sangat erat dengan media digital, salah satunya yaitu artikel blog. Kalau berbicara mengenai blog, tentu saja tidak akan lepas dari yang namanya SEO (Search Engine Optimization). SEO menjadi upaya pengoptimalan agar artikel dapat muncul di urutan teratas saat seseorang memasukkan keyword ke dalam mesin pencari.

Nah, SEO memerlukan berbagai aspek yang harus kamu penuhi agar dapat bekerja secara maksimal, salah satunya adalah menampilkan gambar dan konten yang baik dan relevan dengan isi artikel. Permasalahan tersebut dapat teratasi dengan content marketing yang telah kamu lakukan sebelumnya. Maka dari itu, pemasaran konten dapat meningkatkan kinerja SEO dan menggaet lebih banyak views.

Baca juga: Ketahui 3 Konsep Content Marketing, Penting untuk Bisnis Kamu!

5. Meningkatkan Penjualan

Alasan content marketing penting https://www.pexels.com/photo/7172856/
Penjualan meroket dengan content marketing

Apapun jenisnya, setiap teknik pemasaran bertujuan untuk mendapatkan keuntungan maksimal dan meminimalkan kerugian, kan? Akan tetapi, pelanggan semakin pintar dalam memilah produk yang benar-benar mereka butuhkan. 

Hal tersebut menjadi rintangan terberat bagi kebanyakan pengusaha. Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan membangun koneksi dan menarik atensi sebesar-besarnya dari konsumen.

Nah, seperti yang telah kamu ketahui sebelumnya, content marketing menjawab semua permasalahan di atas, mulai dari membangun koneksi yang erat hingga mendapat atensi yang besar dari pelanggan. Manfaat-manfaat tersebut dapat meningkatkan angka penjualan sehingga pundi-pundi rupiah dapat mengalir dengan lancar ke rekeningmu.

Baca juga: Pebisnis Wajib Tahu 4 Contoh Strategi Content Marketing Ini!

Itu dia 5 alasan mengapa content marketing penting untuk bisnismu menurut Forbes! Perlu kamu ingat bahwa semua manfaat di atas hanya bisa kamu dapat jika melakukannya dengan maksimal! 

Buat kamu yang ingin Membuat Strategi Konten untuk Pemasaran, kamu bisa mengikuti salah satu kelas Strategi Konten dari MySkill.id! Selain itu, ada banyak kelas dan bootcamp menarik lainnya untuk meningkatkan skill-mu! Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera bergabung bersama MySkill.id!

Editor: Bynta Ayu Hanifa