4 Langkah Mudah Mengoptimalkan Google Ads, Kamu Wajib Tahu!

Google Ads adalah salah satu cara untuk memasarkan produk dengan beriklan secara online di Google. Dengan Google Ads, situs produk yang kamu tawarkan akan mencapai traffic yang lebih tinggi. Hal ini bermanfaat untuk menjangkau pelanggan potensial dengan lebih mudah.

Selanjutnya, apakah mengoptimalkan Google Ads itu penting? Tentu jawabannya ya. Karena dengan optimalisasi Google Ads,  kamu akan mendapatkan beragam keuntungan dan kemungkinan akan terhindar dari budgeting marketing yang tinggi.

Lantas, bagaimana cara mengoptimalkan Google Ads? Mari lihat langkah-langkahnya berikut ini!

1. Menghemat Uang dan Waktu dengan Bidding Otomatis

Bidding otomatis akan membantumu menghemat lebih banyak biaya.
https://www.pexels.com/photo/close-up-of-a-wall-clock-5185178/
Bidding otomatis akan membantumu menghemat lebih banyak biaya.

Google Bidding merupakan sejumlah uang yang perlu kamu keluarkan dalam satu kali klik untuk keyword di Google Ads. Hal ini akan mengatur kapan dan di mana iklanmu akan muncul di laman hasil pencarian.

Salah satu strategi yang dapat kamu gunakan adalah dengan melakukan maximize click untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke site. Strategi ini akan secara otomatis menaruh bid yang sesuai dengan budget untuk mendapatkan click paling banyak. Ini merupakan tahapan yang paling dasar dan mudah dalam hal mengoptimalkan Google Ads.

2. Perhatikan dan Manfaatkan Lokasi dalam Google Analytics

Manfaatkan data lokasi dalam Google Analytics.
https://www.pexels.com/photo/close-up-photo-of-assorted-color-of-push-pins-on-map-1078850/
Manfaatkan data lokasi dalam Google Analytics.

Dengan memanfaatkan Google Analytics, kamu dapat melihat bahwa tidak semua lokasi memiliki nilai yang sama dalam konversi performa produk. Dengan ini, kamu dapat menentukan target lokasi mana saja yang tepat untuk beriklan.

Sebagai contoh tentang perusahaan olahraga yang menjual peralatan renang. Tentu traffic penjualannya akan lebih tinggi di daerah sekitaran pantai daripada daerah pegunungan begitupun sebaliknya.

Baca juga: Mengenal Google Ads, Mari Ketahui Jenis-jenisnya!

3. Gunakan Tingkat Keyword yang Lebih Tinggi

Manfaatkan keyword yang lebih kompleks.
https://www.pexels.com/photo/web-text-1591060/
Manfaatkanlah keyword yang lebih kompleks.

Kamu perlu terus memerhatikan campaign metrics untuk melihat kemungkinan keyword apa yang tepat dengan produkmu. Dalam hal ini, kamu dapat  memanfaatkan kombinasi antara short dan long-tail keyword untuk target kampanye.

Selanjutnya, agar Google Ads yang kamu gunakan bekerja optimal, kamu perlu mengganti dan menambah keyword baru secara berkala, ya!

Baca juga: Mau Ngiklan Tapi Males Ribet? Simak 6 Langkah Mudah Membuat Google Ads!

4. Sesuaikan Bahasa Iklan dengan Language Setting

Manfaatkan berbagai bahasa untuk menjangkau pengguna lebih banyak.
https://www.pexels.com/photo/german-text-on-pieces-of-paper-6045366/
Manfaatkan berbagai bahasa untuk menjangkau pengguna lebih banyak.

Hal yang terakhir, manfaatkanlah language setting untuk menjangkau pengguna dengan berbagai bahasa. Kamu dapat menargetkan satu atau lebih bahasa yang ada dalam riwayat pencarian pengguna.

Contohnya, Alfredo memahami bahasa Indonesia dan Inggris. Ia kerap menggunakan bahasa Indonesia dalam mesin pencariannya, tetapi terkadang sesekali juga menggunakan bahasa Inggris. Dalam hal ini, Alfredo akan melihat iklan dalam bahasa Inggris dan/atau Indonesia ketika keyword­-nya bersinggungan.

Nah, itu tadi empat cara mengoptimalkan Google Ads! Sebagai tambahan, apabila ingin belajar lebih mengenai Google Ads, kamu dapat mengikuti rangkaian kelas Google Ads di MySkill.id! Mari optimalkan target pemasaranmu melalui Google Ads bersama MySkill!

Baca Juga:Mana yang Lebih Efektif, Facebook Ads atau Google Ads? Ini 5 Perbandingannya!